Zat adiktif – Pengertian, jenis, dan gambarnya

Posted on

 Zat adiktif – Pengertian, jenis, dan gambarnya 

Zat adiktif – bisa disebut sebagai kategori zat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Zat adiktif merupakan zat yang berbahaya yang bisa menyebabkan kecanduan jika digunakan secara terus menerus. Memang sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan zat adiktif namum pemakaianya harus diminilisir.

Sementara untuk jenis zat adiktif yang tidak boleh dikonsumsi langsung serta berbahaya bagi tubuh tentu ini harus dilarang. Bahkan di Indonesia sendiri penggunaan zat adiktif yang digatgorikan berbahaya dilarang digunakan sembarang orang. Jika seseorang menggunakanya ini akan dikenakan sanksi yang berat.

Mendengar kata zat adiktif memang bagi sebagian orang awam masih belum memahami apa itu zat adiktif. Namun apakah anda pernah meminum kopi atau merokok. Nah kedua hal ini tentu banyak kita temui di masyarakat bahkan tidak jarang kita memliki teman yang sering merokok atau kecanduan.

Selain merokok meminum kopi juga dapat membuat kecanduan meskipun tidak separah orang yang kecanduan rokok.kedua aktifitas ini sangat banyak kita temui di manapun kita berada. Namun taukah anda bahwa kedua aktifitas ini dapat menyebabkan kecanduan karena mengandung zat adiktif. Meskipun dikategorikan aman dikonsumsi namun tetap ini akan menyebabkan kecanduan bila mengkonsumsi secara berlebihan dan tentu juga ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Ilmuwan telah membagi zat adiktif ke dalam 3 jenis yakni:

1.Zat adiktif bukan narkotika dan psikotropika

Zat adiktif yang bukan narkotika dan psikotropka merupakan zat yang mampu menghasilkan reaksi biologis pada tubuh namun tidak menghilangkan kesadaran penggunanya. Zat ini bisa ditemui dengan mudah dan dijual bebas, meski ada beberapa yang dijual dengan aturan yang cukup ketat. Zat ini biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan kewaspadaan, mempengaruhi kerja tubuh, melemaskan otot dan sebagai anti depresan yang memiliki dosis ringan.

Baca Juga :  Fungsi Lidah – Bagian Bagian Beserta Gambarnya

2.Zat Adiktif Narkotika

Zat adiktif jenis ini peredarannya sangat dilarang di seluruh dunia karena jika dikonsumsi bisa menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, selain itu zat ini juga bisa menimbulkan ketergantungan yang sangat parah. Bahan ini bisa didapatkan dalam bentuk alami dan juga dapat disintetiskan menjadi bahan yang jauh lebih kuat dan berbahaya. Sebagai salah satu contoh, zat ini terdapat pada opium, kokain dan heroin.

3.Zat Adiktif Psikotropika

Zat yang satu ini merupakan golongan zat yang sangat dilarang untuk diedarkan karena memiliki efek yang sama dengan zat adiktif narkotika. Akan tetapi pengaruh zat ini jauh lebih berbahaya karena dapat mengubah perilaku, mental dan merusak sistem syaraf penggunanya.

 

Zat adiktif sendiri memeliki beberapa jenis dan kategori, secara umum ada 4 jenis zat adiktif yang biasa beredar dan banyak kita temukan. Lalu selain contoh dari kedua zat adiktif diatas. Apa saja zat adiktif lainya yang berbahaya atau pun yang tidak berbahaya bagi tubuh. Berikut jenis-jenis zat adiktif :

  1. Inhalasin

Kategori pertama zat adiktif yang berbahaya untuk dikonsumsi adalah adalah inhalasin. Inhalasin banyak kita temui di sekitar kita, tentu zat ini tidak boleh dikonsumsi karena mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Mendengar kata inhalasin tentu asing bagi telinga kita secara garis besar zat inhalasin memliki ciri-ciri mudah menguap jika terkena udara sekitar. Penggunaan inhalasin sendiri biasa digunakan untuk spray atau semprotan yang memeliki sifat larutan mudah menguap contoh seperti cat semprot, hairspay dan parfum. Selain digunakan sebagai media penyemprotan inhalasin juga digunakan pada pembuatan lem.

  1. Nikotin

Zat adiktif yang banyak dimanfaatkan dan digunakan oleh masyarakat. Nikotin merupakan zat adiktif yang dikategori boleh dikonsumsi. Nama nikotin sendiri tidak asing bagi masyarakat tentu nama ini sangat familiar mengigat nikotin banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu penggunaan nikotin adalah rokok, tentu rokok merupakan produk yang banyak kita temui di manapun. Meskipun zat ini aman untuk dikonsumsi tetapi zat ini menyebabkan kecanduan serta efek negatif bagi tubuh jika digunakan secara berlebihan.

  1. Kafein
Baca Juga :  Penyerbukan Silang – Artinya, Ciri - Ciri dan Contohnya

Satu lagi zat adiktif yang banyak kita temukan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas adalah kafein. Kafein sendiri merupakan zat adiktif yang memliki efek tidak bisa tidur bagi yang menggunakan. Mendengar kata kafein tentu ini merupakan komposisi dari kopi. Kopi memang memiliki kelezatan dan kenikmatan sendiri tidak heran sebagian orang menikmati rasa yang satu ini. Walaupun begitu penggunaan kafein secara berlebihan pasti berdampak buruk bagi kesehatan akibat kelelahan karena kurang tidur mengigat keren memberi efek samping sulit tidur.

  1. Narkoba

Sudah tidak asing lagi zat adiktif yang satu ini. Memliki tingkat kecanduan yang berbahaya serta efek negatif bagi tubuh jika digunakan oleh sembarang orang. Penggunaan narkoba sendiri biasa dimanfaatkan dalam bidang kedokteran. Namun sebagian orang memanfaatkan narkoba sebagai pemuasan diri mengingat bahwa efek dari narkoba akan mengakibatkan pikiran tenang bagi sebagian orang. Padahal narkoba memliki banyak efek negatif yang berbahaya bagi tubuh pengguna.

 

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai zat adiktif, pengertian, jenis dan gambarnya. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat serta wasawasan anda. Sampai jumpa kembali pada artikel berikutnya.

Artikel Pilihan :