Vivipar – Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Perkembangbiakannya

Posted on

Vivipar

Ekosistem.co.id – Vivipar adalah cara berkembangbiakan yang terjadi pada hewan dengan cara melahirkan. Beberapa contoh hewan ini bisa dengan mudah ditemukan di sekeliling kita.

Sebut saja seperti kucing, kambing, sapi hingga kerbau, semuanya melakukan proses perkembangbiakan dengan cara melahirkan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai vivipar mulai dari pengertian, hingga ciri-ciri dan proses perkembangbiakan. Beserta dengan contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan.

 

 

Pengertian

Vivipar merupakan suatu cara perkembangbiakan yang dialami oleh hewan. Perkembangbiakannya sendiri dilakukan dengan cara beranak atau sering disebut juga dengan istilah melahirkan.

Perkembangbiakan dengan proses melahirkan atau vivipar ini biasanya terjadi pada hewan mamalia.

Hewan mamalia sendiri merupakan jenis hewan menyusui, seperti kambing, kucing, gajah, anjing dan masih banyak yang lainnya.

Karena pada dasarnya semua makhluk hidup itu berkembangbiak. Dengan cara menghasilkan keturunan dan bertujuan agar jenis makhluk hidup tersebut tidak punah.

Kita sendiri sebagai manusia juga melakukan proses perkembangbiakan dengan cara melahirkan, namun proses yang dilalui manusia lebih kompleks. Meski pun secara umum memiliki siklus yang nyaris sama.

Hewan vivipar akan berkembangbiak dengan cara melahirkan, lalu mereka akan menyusui anaknya hingga anaknya tumbuh dewasa. Hal inilah yang membuat mereka juga disebut dengan mamalia.

Siklusnya hampir sama dengan manusia, akan tetapi yang membedakannya adalah manusia memilik akal sedangkan hewan tidak.

Selain itu proses perkembangbiakan yang terjadi pada manusia terbilang lebih kompleks dan rumit ketimbang hewan.

Baca Juga :  Fungsi Batang Pada Tumbuhan

 

Secara umum makhluk hidup dapat berkembangbiak dengan beberapa cara, seperti bertelur ( Ovipar ), beranak atau melahirkan ( Vivipar) dan bertelur juga beranak ( Ovovivipar ).

Dan semuanya memiliki perbedaan serta ciri ciri tersendiri, seperti ciri ciri dari vivipar di bawah ini.

 

 

Ciri Ciri Hewan Vivipar

Perkembangbiakan hewan dengan cara beranak atau melahirkan (vivipar) juga mempunyai ciri-ciri. Berikut ciri-ciri dari hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan (Vivipar) antara lain:

1.) Memiliki puting susu.

2.) Penutup tubuh hewan tersebut adalah rambut (bulu).

3.) Memiliki daun telinga.

4.) Memiliki kelenjar susu yang bisa digunakan untuk menyusui anaknya.

5.) Merupakan kelompok hewan Mamalia.

6.) Janin anak tumbuh didalam Rahim hewan.

7.) Induk mengandung dan melahirkan anaknya.

 

 

Cara Perkembangbiakan Vivipar

Untuk melihat cara perkembangbiakan hewan vivipar kita bisa melihat salah satu contoh termudah yang ada pada hewan di sekeliling kita. Misalnya kita ambil kucing, hewan lucu yang sering dijadikan peliharaan bagi banyak orang.

Kucing memiliki masa kehamilan yang cukup singkat yakni sekitar 59 hingga 70 hari dengan fase perembangan seperti berikut :

Minggu Pertama

1.) Pada minggu ini sel telur yang sudah matang di ovarium dan dibuahi oleh sperma telah berhasil berkembang dan menjadi blastula.

2.) Blastula akan berkembang menjadi beberapa organ penting lainnya.

 

Minggu Kedua – Ketiga

1.) Terjadi perubahan hormonal pada kucing sehingga membuatnya menjadi lesu, malas, tidak nafsu makan, sering tidur atau bahkan muntah.

2.) Pada minggu ketiga kucing akan lebih tenang dan putingnya akan berubah menjadi merah muda dan membesar. Sementara bulunya akan mulai menipis. Pada minggu ini kucing sudah bisa diperiksa atau di USG untuk melihat perkembangan bayi di dalamnya.

Baca Juga :  Otot Lurik – Cara Kerja Bentuk Beserta Gambarnya

 

Minggu Ke empat – Kelima

1.) Pada minggu ini jumlah anak yang ada di dalam perut kucing dapat dilihat melalui USG.

2.) Perut kucing pun akan mulai membesar dan mereka akan mudah stress.

 

Minggu Ke enam – Ketujuh

1.) Gerakan perut kucing sudah bisa dirasakan.

2.) Putingnya sudah membesar.

 

Minggu Kesembilan

1.) Perutnya semakin membesar sehingga kucing akan mulai sulit bergerak.

2.) Air susu dari putting mulai keluar seminggu sebelum kucing melahirkan.

3.) Kucing akan selalu gelisah.

4.) Proses kelahiran akan ditandai dengan air ketuban yang pecah dan kucing akan mengeluarkan nafas tidak teratur dan mulai menjilati daerah genitalnya.

 

Setelah melahirkan anak-anaknya yang berjumlah lebih dari satu, biasanya dua hingga empat bahkan enam anak sekali melahirkan. Kucing pun akan menyusui anak-anaknya hingga mereka berhenti menyusui ketika berusia 10 minggu dan akan mulai makan makanan padat.

Itulah proses perkembangbiakan kucing mulai dari fase kehamilan hingga melahirkan dan menyusui.

 

 

Contoh Hewan Vivipar

Paus

Meskipun Paus hidup di air namun sebenarnya hewan besar ini merupakan mamalia yang berkembang biak dengan cara vivipar.

Meskipun terbilang sangat jarang sekali ada hewan jenis pisces yang berkembang biak dengan cara vivipar. Sayangnya hewan satu ini terancam punah karena perkembangbiakan hewan ini yang cukup lama dan susah.

 

Sapi

Sapi adalah salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia dan banyak yang membudidayakannya. Karena hewan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia mulai dari daging dan susu yang dikonsumsi.

Sapi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia. Sama halnya dengan Paus, perkembangbiakan sapi juga cukup lama sehingga dibutuhkan bantuan teknologi untuk mempermudah perkembangbiakan sapi.

 

Kucing

Hewan yang masih satu keluarga dengan singa dan harimau ini merupakan salah satu hewan favorit banyak orang sebagai sahabat dan hewan peliharaan. Dengan wajah dan tingkahnya yang lucu, kucing merupakan mamalia yang berkembangbiak dengan melahirkan.

Baca Juga :  Fungsi Epidermis - Epidermis Atas, Epidermis Pada Kulit Dan Epidermis Pada Akar

Kucing termasuk salah satu hewan yang mudah berkembangbiak dan bahkan memiliki masa kehamilan terbilang singkat.

Apalagi setiap melahirkan kucing dapat melahirkan hingga 4 anak kucing sekaligus.

 

Gajah

Disebut sebagai mamalia terbesar yang hidup di daratan, Gajah memang merupakan salah satu hewan vivipar. Karena hewan dengan daya ingat yang sangat tinggi ini memperbanyak spesiesnya dengan cara melahirkan.

Hewan dengan belalai ini memiliki masa kehamilan yang terbilang lama, yakni hingga mencapai 95 minggu. Dan bahkan gajah menjadi hewan dengan masa kehamilan paling lama.

Hal ini membuat gajah hanya bisa melahirkan 4 anak saja seumur hidupnya.

 

Kuda Nil

Hewan yang juga terancam hamper punah ini akan mengalami masa kehamilan selama 8 bulan. Hampir sama dengan manusia ya, hal inilah yang membuat kuda nil juga menjadi hewan yang terancam punah.

Karena masa kehamilan yang relatif lama membuat jumlah mereka sulit bertambah namun berkurang secara cepat karena kehilangan habitat dan perburuan liar.

 

Nah, ittulah pemaparan dan penjelasan mengenai Vivipar yang meliputi pengertian, ciri-ciri, dan cara perkembangbiakannya. Semoga artikel ini bisa berguna bagi pembaca dan juga bisa menambah wawasan pembaca tentang ilmu pengetahuan alam yang terkhusus pada kategori zoology atau lmu yang berkaitan dengan hewan.

Artikel Lainnya :