Vitamin D – Beragam Sumber dan Manfaatnya

Posted on

Vitamin D – Beragam Sumber dan Manfaatnya

Vitamin D – Vitamin D adalah vitamin yang sangat unik karena bisa diproduksi oleh tubuh kita dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D sangat dibutuhkan oleh anak-anak bahkan orang dewasa untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi kita. Selain untuk mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos, vitamin D juga berguna untuk mengurangi resiko tekanan darah  tinggi, penyakit kanker, penyakit jantung, hingga penyakit diabetes. Kita harus peduli pada kesehatan kita dengan memenuhi kebutuhan vitamin D perharinya, yaitu 600 – 4000 IU perhari (untuk dewasa). Berikut ini berbagai sumber vitamin D dan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari vitamin D.

  1. Sumber-sumber Vitamin D

Vitamin D bisa diproduksi secara alami oleh tubuh kita oleh tubuh kita dengan dengan bantuan sinar matahari. Selain hal tersebut, ada banyak sumber lain yang bisa kita peroleh untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. berikut daftar sumber makanan yang mengandung vitamin D :

Susu

Selain mengandung kalsium, susu juga kaya akan vitamin D serta nutrisi-nutrisi lainnya. Dalam segelas susu terkandung sekitar 100 IU vitamin D. Vitamin D yang terkandung dalam susu berguna untuk pertumbuhan gigi supaya  sehat dan kuat.

Telur

Telur merupakan makanan sehari-hari kita, makanan ini wajib kita konsumsi. Di dalam kuning telur terdapat landungan vitamin D sekitar 21 IU, sedangkan pada bagian putihnya mengandung banyak protein murni.

Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang lezat dan sering menjadi menu utama di restoran seafood. Ternyata, ikan ini juga sangat bagus bagi tubuh kita karena mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi kita. Selain mengandung vitamin D, ikan tuna juga mengandung protein tinggi dan omega-3.

Jamur

Baca Juga :  Organ Pada Manusia – Sistem, Fungsi, Dilengkapi Dengan Gambar

Apabila anda seorang vegetarian maka kebutuhan vitamin D bisa anda peroleh dari jamur. Jamur juga memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Jamur seberat 3 ons diperkirakan mengandung vitamin sekitar 400 IU.

Udang

Udang juga merupakan makanan laut yang mengandung vitamin D. Satu porsi udang, mengandung vitamin D sekitar 152 IU. Selain itu udang juga kaya akan protein, tembaga, yodium, vitamin B2 dan juga fosfor serta mengandung sedikit lemak sehingga aman untuk dikonsumsi.

 

2.      Beragam Manfaat Vitamin D

Secara umum vitamin D berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, Namun ada banyak sekali manfaat dari vitamin D untuk kesehatan dan juga bisa mengurangi resiko timbulnya sejumlah penyakit.

Berikut ini adalah manfaaat Vitamin D

Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Vitamin D memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang, maka dari itu asupan vitamin D sangat diperlukan bagi mereka yang lanjut usia agar tidak mengalami penurunan daya ingat, analisis dan kemampuan fokus yang bisa menurun diakibatkan oleh faktor usia. Akan tetapi meski begitu hal ini juga perlu dikaji lebih mendalam lagi agar bisa menyimpulkan apakah pengkonsumsian suplemen vitamin D bisa meningkatkan daya ingat atau justru menurunkan fungsi mental.

Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menyatakan dengan pasti jika orang yang mengalami obesitas maka sering kali memiliki kandungan kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh mereka. Karena lemak yang terdapat di dalam tubuh dapat membuat vitamin D terperangkap di dalamnya sehingga membuat seseorang yang mengalami obesitas memiliki kandungan vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya. Sehingga sebuah penelitian mengungkapkan jika menambahkan vitamin D pada diet rendah kalori dapat membantu sesorang untuk menurunkan berat badannya.

Kanker

Vitamin D mempunyai hormon aktif yang disebut calcitrol. Calcitrol ini mampu menahan bahkan mengurangi perkembangan sel kanker. Sehingga vitamin D bisa membantu mencegah terjadinya kanker usus besar, kanker prostat, bahkan kanker payudara.

Baca Juga :  Sistem Saraf – Saraf Pusat, Saraf Tepi Beserta Fungsinya

Diabetes

Apabila kita kekurangan kadar vitamin D maka bisa menghambat produksi insulin dan toleransi glukosa. Hal tersebut bisa beresiko terjadinya diabetes tipe 2. Jadi, konsumsilah vitamin D yang cukup untuk mencegah penyakit diabetes.

Gangguan Kehamilan

Seorang ibu hamil yang kekurangan vitamin D bisa terkena preeklamsia, yaitu sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Hal tersebut bisa mengganggu proses kelahiran bayi secara normal sehingga mengharuskan bedah cesar untuk segera mengeluarkan bayi dari rahim ibunya. Jadi ibu hamil sebaiknya mengonsumsi vitamin D yang cukup agar kehamilannya lancer hingga melahirkan.

Depresi

Ternyata kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan depresi. Kekurangan vitamin D bisa menghambat perkembangan dan fungsi otak sehingga gangguan saraf dan otak akan semakin meningkat yang pada akhirnya bisa mengakibatkan depresi.

 

Itulah berbagai sumber vitamin D dan manfaatnya bagi kita. Semoga menambah pengetahuan kita. Selanjutnya, usahakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D secara maksimal. Kita harus sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan berjemur untuk mendapatkan cahaya matahari di pagi hari. Jangan lupa, terus berolahraga agar kesehatan tetap terjaga.

 

 

Rate this post