Vitamin D – Beragam Sumber dan Manfaatnya

Posted on

Vitamin D

 

Ekosistem.co.id – Vitamin D adalah vitamin yang sangat unik karena bisa diproduksi oleh tubuh kita dengan bantuan sinar matahari.

Vitamin D sangat dibutuhkan oleh anak-anak bahkan orang dewasa untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi kita.

Selain untuk mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos, vitamin D juga berguna untuk mengurangi resiko tekanan darah  tinggi, penyakit kanker, penyakit jantung, hingga penyakit diabetes.

Kita harus peduli pada kesehatan kita dengan memenuhi kebutuhan vitamin D perharinya. Yaitu 600 – 4000 IU perhari (untuk dewasa). Berikut ini berbagai sumber vitamin D dan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari vitamin D.

 

Sumber-sumber Vitamin D

Vitamin D bisa diproduksi secara alami oleh tubuh kita oleh tubuh kita dengan dengan bantuan sinar matahari. Selain hal tersebut, ada banyak sumber lain yang bisa kita peroleh untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Berikut daftar sumber makanan yang mengandung vitamin D :

1.) Susu

Selain mengandung kalsium, susu juga kaya akan vitamin D serta nutrisi-nutrisi lainnya. Dalam segelas susu terkandung sekitar 100 IU vitamin D.

Vitamin D yang terkandung dalam susu berguna untuk pertumbuhan gigi supaya  sehat dan kuat.

Telur merupakan makanan sehari-hari kita, makanan ini wajib kita konsumsi. Di dalam kuning telur terdapat landungan vitamin D sekitar 21 IU. Sedangkan pada bagian putihnya mengandung banyak protein murni.

 

2.) Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang lezat dan sering menjadi menu utama di restoran seafood. Ternyata, ikan ini juga sangat bagus bagi tubuh kita karena mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi kita.

Selain mengandung vitamin D, ikan tuna juga mengandung protein tinggi dan omega-3.

 

3.) Jamur

Apabila anda seorang vegetarian maka kebutuhan vitamin D bisa anda peroleh dari jamur. Jamur juga memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Jamur seberat 3 ons diperkirakan mengandung vitamin sekitar 400 IU.

Baca Juga :  Alveolus Adalah – Pengertian Dan Fungsinya

 

4.) Udang

Udang adalah makanan laut yang memiliki rasa lezat, selain itu udang juga memiliki kandugan vitamin D sekitar 142 IU. Udang juga memiliki kandungan seperti protein, vitamin B2, lemak dan fosfor.

 

 

Beragam Manfaat Vitamin D

Secara umum vitamin D berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Namun ada banyak sekali manfaat dari vitamin D untuk kesehatan dan juga bisa mengurangi resiko timbulnya sejumlah penyakit.

Berikut ini adalah manfaaat Vitamin D :

1.) Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Vitamin D memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang, maka dari itu asupan vitamin D sangat diperlukan bagi mereka yang lanjut usia. Agar tidak mengalami penurunan daya ingat, analisis dan kemampuan fokus yang bisa menurun diakibatkan oleh faktor usia.

Akan tetapi meski begitu hal ini juga perlu dikaji lebih mendalam lagi agar bisa menyimpulkan apakah pengkonsumsian suplemen vitamin D bisa meningkatkan daya ingat atau justru menurunkan fungsi mental.

 

2.) Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menyatakan dengan pasti jika orang yang mengalami obesitas maka sering kali memiliki kandungan kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh mereka.

Karena lemak yang terdapat di dalam tubuh dapat membuat vitamin D terperangkap di dalamnya sehingga membuat seseorang yang mengalami obesitas memiliki kandungan vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya.

Sehingga sebuah penelitian mengungkapkan jika menambahkan vitamin D pada diet rendah kalori dapat membantu sesorang untuk menurunkan berat badannya.

 

3.) Kanker

Vitamin D mempunyai hormon aktif yang disebut calcitrol. Calcitrol ini mampu menahan bahkan mengurangi perkembangan sel kanker. Sehingga vitamin D bisa membantu mencegah terjadinya kanker usus besar, kanker prostat, bahkan kanker payudara.

 

4.) Diabetes

Apabila kita kekurangan kadar vitamin D maka bisa menghambat produksi insulin dan toleransi glukosa. Hal tersebut bisa beresiko terjadinya diabetes tipe 2. Jadi, konsumsilah vitamin D yang cukup untuk mencegah penyakit diabetes.

Baca Juga :  Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan – Faktor Yang Mempengaruhi

 

5.) Gangguan Kehamilan

Seorang ibu hamil yang kekurangan vitamin D bisa terkena preeklamsia, yaitu sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut bisa mengganggu proses kelahiran bayi secara normal sehingga mengharuskan bedah cesar untuk segera mengeluarkan bayi dari rahim ibunya.

Jadi ibu hamil sebaiknya mengonsumsi vitamin D yang cukup agar kehamilannya lancer hingga melahirkan.

 

6.) Depresi

Ternyata kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan depresi. Karena kekurangan vitamin D ada kaitannya dengan fungsi otak serta gangguan saraf. Karenanya semakin berkurang vitamin D di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko depresi.

Oleh sebab itu dengan mencukupi asupan nutrisi dan vitamin D dalam tubuh dapat mengurangi tingkat depresi yang kita alami.

 

 

Cara Menggunakan Vitamin D dengan Benar

Penggunaan suplemen vitamin dan mineral untuk melengkapi kebutuhan tubuh harus diperhatikan. Sebab perlu diingat jika suplemen hanya pelengkap kebutuhan nutrisi bagi tubuh ya. Bukannya pengganti nutrisi dari makanan.

Terdapat beberapa kondisi tubuh yang membutuhkan asupan suplemen, seperti kondisi hamil, penyakit hingga mengkonsumsi obat yang mengganggu metabolisme vitamin dan mineral.

Untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D sesuai dengan petunjuk yang ada dikemasan dan sebaiknya konsumsi bersama dengan makanan yang mudah diserap tubuh.

 

 

Cara Memenuhi Asupan Vitamin D

Selain berasal dari suplemen ada beberapa cara untuk memenuhi vitamin D di tubuh kita, yakni :

1.) Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Karena kulit yang terkena sinar matahari yang mengandung ultraviolet B (UVB) dapat menyediakan energi untuk memberikan sintesis vitamin D.

Tapi sinar matahari yang mengandung vitamin D adalah di pagi hari setelah matahari terbit hingga sekitar pukul 10 pagi.

Baca Juga :  Mahluk Hidup – Ciri Ciri, Klasifikasi, Beserta Contoh

 

2.) Konsumsi Ikan Berlemak dan Seafood

Ikan dengan lemak dan makanan laut adalah salah satu sumber vitamin D yang kaya. Misalnya pada satu porsi salmon kalengan berukuran 3,5 ons mengandung 386 IU vitamin D.

Artinya satu kaleng salmon ini memenuhi 50% kebutuhan tubuh akan vitamin D.

 

3.) Suplemen

Vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen yang bisa didapatkan dari toko obat atau apotek. Namun harus diperhatikan dalam penggunaan suplemen vitamin D karena dibutuhkan dosis yang tepat.

Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika perlu ketika hendak mengkonsumsi vitamin D. Selain itu gunakan suplemen vitamin D hanya sebagai pelengkap dan dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

 

 

Sudah tahu kan, apa saja pentingnya vitamin D dan bagaimana cara mengkonsumsi vitamin bagi tubuh. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada ulasan berikutnya, selamat belajar….

 

Artikel Pilihan :