Vertebrata – Pembagian Berdasarkan Pengaturan Suhu Tubuh

Posted on

Vertebrata – Pembagian Berdasarkan Pengaturan Suhu Tubuh

Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan mempertahankan atau memperbanyak jenisya, proses ini biasa disebut dengan proses perkembangbiakan makhluk hidup. Hewan meupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan yang bisa berkembangbiak. Perkembangbiakan hewan dibagi menjadi lima kelompok, yaitu Ovipar (bertelur), Vivipar (melahirkan/beranak), Ovovivipar (bertelur dan beranak), Fragmentasi (pemotongan bagian tubuh), dan berkembang biak dengan cara Tunas. Sementara itu hewan diklasifikasikan menjadi 2 kelompok besar, yaitu Vertebrata dan Invertebrata.

Pada artikel ini yang akan dibahas adalah Vertebrata. Ingin tahu apa itu Vertebrata, maka dari itu bacalah artikel ini sampai akhir agar kamu tahu apa itu Vertebrata.

Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang, mereka umumnya memiliki tubuh simetri bilateral, rangka dalam, dan struktur tubuh. Vertebrata struktur tubuh yang tergolong lengkap, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sistem pencernaan memanjang dari tempat masuknya makanan hingga tempat keluarnya kotoran
  2. Sistem peredaran darah yang tertutup
  3. Alat ekskresi yang berupa ginjal
  4. Alat pernafasan yang berupa paru-paru atau insang
  5. Sepasang alat reproduksi yang terletak di kanan dan di kiri
  6. Sistem endokrin yang berfungsi untuk menghasilkan hormon
  7. Sistem saraf yang terdiri dari sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) serta susunan saraf tepi (serabut saraf)

Berikut ini adalah pembagian vertebrata jika didasarkan dengan pengaturan suhu tubuhnya:

1.Homoiterm atau hewan berdarah panas

Homoiterm merupakan hewan berdarah panas yang suhunya lebih stabil dikarenakan memiliki reseptor di dalam otaknya agar dapat mengatur suhu tubuh, hewan ini sendiri bisa melakukan aktivitas pada suhu lingkungan yang berbeda karena memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuh. Hewan yang tergolong kelompok inimemiliki variasi temperature normal yang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, faktor umur, faktor kelamin, faktor lingkungan, faktor panjang waktu siang dan malam, faktor makanan hingga faktor jenuh pencernaan air.

Baca Juga :  Fungsi Daun - Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar

Hewan berdarah panas biasanya bisa menjaga suhu tubuhnya pada suhu suhu tertentu dan terjadi secara konstan dan mengubahnya menjadi suhu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. Sebagian panas hilang melalui proses radiasi, berkeringat yang bisa menyejukkan badan mereka. Evaporasi memiliki fungsi untuk membantu hewan berdarah panas menjaga suhu tubuhnya agar tetap bisa konstan. Bangsa burung dan mamalia adalah contoh hewan berdarah panas.

2.Poikiloterm atau hewan berdarah dingin

Hewan berdarah dingin yang biasa disebut dengan poilkiloterm merupakan hewan yang suhu tubuhnya sama dengan suhu di lingkungan sekitarnya. Suhu tubuh pada poilkiloterm ini sendiri dipengaruhi oleh lingkungan dan suhu tubuh pada bagian dalam lebih tinggi jika dibandingkan dengan suhu tubuh pada bagian luar. Ikan, reptile dan amfibi adalah hewan yang termasuk ke kelompok hewan berdarah dingin.

 

Berdasarkan suhu tubuh, hewan vertebrata dibagi menjadi beberapa kelompok. Berkut jenis-jenis hewan yang termasuk golong hewan vertebrata, anatar lain adalah sebagai berikut:

  1. Pisces (Ikan)

Pisces meupakan Hewan yang hidup didalam air, bernafas dengan insang dengan alat gerak berupa sirip dan berkembang biak dengan cara bertelur. Berdasarkan jenis tulangnya, ikan terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu ikan tulang rawan (ikan pari, ikan hiu, dan ikan cucut) dan ikan tulang keras (ikan mas, ikan gurami, dan ikan tongkol).

  1. Amphibian (Amfibi)

Amfibi merupakan Hewan yang dapat hidup di dua alam (darat dan air), berdarah dingin (tidak dapat mengatur suhu badan sendiri) dan bernafas dengan paru-paru. Jenis hewan Amfibi terbagi menjadi 3, yaitu Anura (Kodok dan Katak), Urodela (Amfibi Berekor), dan Apoda (Amfibi tak Berkaki).

  1. Reptilian (Reptil)

Reptile adalah hewan melata yang termasuk ke dalam berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutup tubuhnya. Jenis hewan yang termasuk reptile terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu Chelonia (reptile bercangkang), Squamata (reptile dengan kulit bersisik), dan Crocodila (bangsa buaya).

Baca Juga :  Sitoplasma - Definisi, Sifat, Struktur, Fungsi, dan Komponen
  1. Aves (Burung)

Aves merupakan Hewan yang bisa terbang, Hewan Aves atau Burung ini memiliki bulu yang menutupi tubuhnya dengan alat gerak berupa kaki dan sayap. Aves dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu Casuariformes (Burung Kasuari dan Burung Unta), Columbiformes (Burung Merpati), Psittaciformes (Burung Elang dan Alap-alap), dan Galliformes (Bangsa Ayam dan Merak).

  1. Mamalia (Hewan yang Menyusui)

Mamalia adalah Hewan yang memiliki kelenjar susu (betina) yang berfungsi untuk menghasilkan susu sebagai sumber makanan untuk anaknya. Hewan Mammalia pada umumnya adalah hewan yang berdarah panas dan bereproduksi secara kawin. Tidak semua mamalia hidup di darat namun ada juga mamalia yang hidup di air seperti paus dan lumba lumba. Contoh Hewan Mammalia yaitu Kambing, Domba, Sapi, Monyet, Gajah, Ikan Paus, Lumba-lumba dan Ikan Duyung

Nah, itulah penjelasan dan pemaparan tentang vertebrata. Sudah tahu kan apa itu vertebrata dan apa saja pembagiannya, Semoga artikel ini bisa menmbah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian dalam pengetahuan ilmu alam, terutama pada ilmu biologi. Sekian.

Baca Artikel Lainnya :