Vakuola Adalah – Pengertian, Fungsi, Struktur

Posted on

Vakuola Adalah

Ekosistem.co.id – Vakuola adalah sebuah komponen organel yang dapat dijumpai baik di dalam sel hewan mau pun sel tumbuhan.

Di dalam sel tumbuhan sudah pasti bisa ditemukan organel vakuola ini akan tetapi pada sel hewan sendiri hanya ada tertentu saja yang memiliki vakuola.

 

Pengertian Vakuola

Vakuola dapat ditemukan di sel hewan dan sel tumbuhan namun pada sel tumbuhan jumlah vakuola lebih banyak. Berbeda dengan tumbuhal pada sel hewan sendiri tidak semua jenisnya mempunyai vakuola.

Vakuola sendiri adalah bagian dari organel sitoplasmik yang berupa seperti zat cair, vakuola ini sendiri dibungkus oleh selaput yang sangat tipis atau pun tonoplas. Vakuola bisa terbentuk akibat kumpulan zat cair yang menyatu seperti zat terlarut yang sangat bagus bagi tubuh.

 

Ciri-ciri Vakuola

Vakuola memiliki ciri ciri seperti ini :

1.) Membentuk ruangan berongga dan diselimuti oleh suatu tonoplas atau membrane.

2.) Berisikan cairan bening.

3.) Ukuran sel vakuola tumbuhan lebih besar dibandingkan dengan vakuola yang ada pada hewan.

 

 

Struktur Vakuola

Tiap-tiap zat memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling membentuk satu kesatuan baik dalam sel tumbuhan dan sel hewan. Zat ini sendiri juga saling bekerja sama agar kinerjanya menjadi lebih sempurna.

Vakuola tumbuhan biasanya mempunyai struktur berukuran besar dan pada tumbuhan dewasa hampir bagia sitoplasmanya dipenuhi oleh vakuola. Selain itu terdapat pula membran tunggal yang disebut dengan tonoplas. Di dalamnya terdapat cairan yang disebut dengan getah sel dan tersusun oleh air dari berbagai macam zat larut lainnya.

Baca Juga :  Sendi Sinartrosis - Pengertian, Perbedaan Dengan Sinkondrosis, Beserta Contoh

Sel muda sendiri terdiri dari vakuola dan jumlahnya banyak dan melimpah, dengan ukuran yang kecil. Lalu sel tersebut akan bersatu untuk menjadi sebuah vakuola besar.

Organel sel ini pun tersusun atas reticulum endoplasma yang bentuknya memanjang seperti saluran kecil dan disebut dengan pravakuola.

Pravakuola ini akan saling bersatu dan membentuk organel menyerupai dengan bola.

Ukuran vakuola hewan lebih kecil dari vakuola tumbuhan karena sama halnya dengan manusia, hewan juga menggunakan energy yang berasal dari sel. Sementara tumbuhan tidak menggunakannya dan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan zat makanan.

Tumbuhan juga dapat memproduksi minyak, getah, tannin hingga alkaloid yang disimpan di vakuola sehingga ukurannya menjadi lebih besar.

Mengapa ukuran vakuola pada tumbuhan lebih besar daripada hewan?

Karena hewan sama dengan manusia yang menggunakan energi dari sel secara langsung. Sementara tumbuhan tidak menggunakannya secara langsung dan tumbuhan membutuhkan ruang yang banyak untuk menyimpan zat makanan.

 

 

Jenis Jenis Vakuola

Vakuola terbagi atas beberapa bagian, yakni :

1.) Vakuola Makanan (Nonkontraktil)

Vakuola makan berfungsi untuk menjadi pengolah dan penyebar luas hasil pencernaan makanan di seluruh tubuh. Makanan yang telah dicerna pun dialihkan ke sitosol dan digunakan.

Sedangkan zat yang tak bisa dicerna akan disekresikan dari sel.

2.) Vakuola Kontraktil

Vakuola kontraktil juga disebut dengan vakuola denyut dan memiliki fungsi untuk osmoregulator. Yaitu sebagai pengatur nilai osmotic di dalam sel.

3.) Vakuola Pusat

Vakuola ini mengisi hingga 90% hingga 95% volume keseluruhan sementara itu vakuola di dalam sel tumbuhan ini disebut dengan tonoplas. Dan merupakan sel yang tidak permeable pada air dan materi larut di dalam air.

Baca Juga :  Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat

 

 

Fungsi Vakuola

Secara umum Vakuola memiliki fungsi sebagai berikut ini :

1.) Digunakan untuk menjadi lokasi penyimpanan zat warna bunga, buah dan daun.

2.) Pengatur turgiditas sel.

3.) Menyimpan minyak atsiri.

4.) Menyimpan sisa metabolic dan metabolisme sekunder.

5.) Melangsungkan distribusi zat di dalam sel.

6.) Penyimpanan hasil sintesis, seperti glukosa, glikogen, fenol hingga amilum.

7.) Pengatur tekanan osmotik yang terjadi di dalam sel.

8.) Membantu pertumbuhan dan perkembangan sel.

9.) Melindungi sel.

10.) Membentuk tekanan turgor yang ada pada sel.

11.) Menyimpan bahan atau zat tertentu.

12.) Pembuangan atau sisa zat atau zampah.

13.) Lokasi degradasi organel sel yang lain.

 

 

Vakuola Pada Hewan

Seperti yang sudah dibahas tadi, apabila jenis sel yang ada pada hewan tak semuanya mempunyai vakuola karena hanya hewan tertentu saja yang mempunyai organel ini. sehingga jenis hewan yang memiliki vakuola merupakan golongan uniseluler rendah contohnya saja seperti protozoa.

Vakuola pada hewan dibagi ke dalam dua jenis, yakni vakuola gerakan mau pun denyutan dan vakuola untuk makanan. Vakuola denyut sendiri bertugas untuk mengumpulkan zat sisa metabolism berupa cairan.

Fungsi cairannya sendiri adalah untuk mengendalikan kadar garam dan kadar air di tubuh.

Selain protozoa ada juga jenis hewan lainnya yang memiliki vakuola seperti jamur yang fungsi vakuola di dalam sebagai proses hemeostatis. Proses ini disebut bisa menontrol o osmoregulasi, PH sel, tempat penyimpanan asam amino dan juga yang lainnya.

 

 

Vakuola Pada Tumbuhan

Berbeda dengan hewan yang vakuola hanya ditemukan pada beberapa jenis tertentu saja sementara itu semua tumbuhan pasti memiliki vakuola yang bisa menunjang kehidpan tumbuhan tersebut. Ukuran dari vakuola bisa diketahui berdasarkan umur tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga :  16 Bakteri Yang Menguntungkan Manusia – Penjelasan Terlengkapnya

Semakin besar vakuola yang ada pada tumbuhan maka akan semakin besar juga umur nya. Fungsinya adalah sebagai tempat penumpukan sisa metabolism di dalam tubuh.

Misalnya saja getah yang merupakan wadah untuk menyimpan makanan berupa garam, mineral atau pun sukrosa yang menghubungkan sitoplasma dengan dinding sel. Agar proses masuk keluarnya zat yang ada pada tubus bisa berjalan dengan lancar dan juga sebagai tempat penguatan sel – sel yang masih muda.

 

Apa perbedaan antara Vakuola Tumbuhan dan Vakuola Hewan?

1.) Vakuola sel tumbuhan lebih besar dari vakuola hewan yang ukurannya lebih kecil.

2.) Vakuola sentral besar ada pada sel tumbuhan hanya berjumlah satu. Sedangkan pada sel hewan ditemukan banyak vakuola sentral.

3.) Vakuola sel tumbuhan memiliki struktur permanen. Sedangkan vakuola sel hewan sebagian besar strukturnya sementara.

 

Dari ulasan di atas sekarang kita tahu bahwa vakuola adalah jaringan sel yang ada di tumbuhan dan hewan. Namun sel vakuola yang ada pada tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Lainnya: