Tumbuhan Porang

Posted on

Tumbuhan Porang

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui atau pun mendengar tumbuhan porang, maka dari itu artikel kali ini akan membahas lebih jelas mengenai tumbuhan porang dan juga manfaatnya bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai tumbuhan porang, disimak hingga selesai ya.

Apa Itu Tumbuhan Porang

Tumbuhan porang yang memiliki nama latin Amorphophallus Muelleri Blume adalah jenis tanaman umbi – umbian yang termasuk ke dalam keluarga Araceae dan kelas Monokotiledoneae, tanaman ini sendiri menghasilkan berupa umbi yang memiliki kandungan glucomannan yang bentuknya hampir mirip dengan tepung.

Glucomannan atau glukomanan merupakan serat alami yang mudah larut di dalam air dan juga diekstrak dari akar ubi gajah yang juga dikenal dengan konjac mannan. Glukomanan adalah polisakarida larut di dalam air yang sering dianggap sebagai salah satu serat makanan yang sangat baik bagi kesehatan. Subtansi ini adalah komponen hemiselulosa yang berada di dinding sel dari beberapa spesies tanaman dan lazim digunakan sebagai aditif makanan makanan dan juga sebagai emulsifier serta pengental.

Budidaya Tumbuhan Porang

Tumbuhan porang kini sudah banyak sekali dibudidayakan, salah satu sentra budidaya terbesar tumbuhan porang ini berada di Desa Klangon yang terletak di Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hasil dari budidaya tumbuhan porang ini sendiri telah diekspor secara luas ke beberapa Negara untuk digunakan sebagai bahan kosmetik, mie, lem, agar – agar dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu Negara yang paling banyak menerima ekspor dari tumbuhan porang ini adalah Jepang dan Tiongkok karena nilai ekonomis yang dimiliki oleh tumbuhan ini cukup tinggi sehingga membuat warga desa setempat tertarik untuk mulai mengembangkan tumbuhan porang.

Baca Juga :  Fungsi Inti Sel – Penjelasan Beserta Gambarnya

Pada saat ini sekitar 400 hektar lahan yang berada di kawasan hutan jati ini dijadikan sebagai kebun tumbuhan porang dan pembudidayanya berasal dari gabungan Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Manfaat dari pembubidayaan tumbuhan porang ini sendiri tak hanya bisa memberikan penghasilan yang didapatkan dari pemanfaatan hutan akan tetapi pembudidayaan tumbuhan porang ini juga turut menjaga tegakan kayu jati milik Negara.

Bentuk Tumbuhan Porang

Tumbuhan porang ini sendiri memiliki bentuk bulat yang tidak beraturan yang diiris tipis untuk kemudian dikeringkan yang nantinya akan diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan, sedangkan harga porang yang masih basah sendiri adalah sekitar Rp4.500 per kilogram, sementara untuk porang yang sudah kering harganya menjadi lebih mahal karena bisa mencapai Rp35.000 per kilogram.

Manfaat Tumbuhan Porang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tumbuhan porang ini memiliki banyak sekali manfaat selain dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang membudidayakan tumbuhan ini, berikut ini manfaat lain yang bisa didapatkan dari tumbuhan porang

  1. Sebagai bahan untuk pembuatan lem yang ramah lingkungan.
  2. Dapat digunakan sebagai campuran pada pembuatan kertas agar kuat dan tidak lemas.
  3. Dapat digunakan sebagai pengganti media tumbuh mikroba.
  4. Glukomanan yang terdapat pada tanaman porang ini memiliki bentuk gel yang bisa dimanfaatkan untuk mengganti gel silikon yang sangat baik sebagai isolator listrik.
  5. Dapat digunakan sebagai campuran pembuatan komponen pesawat terbang dan juga parasut.
  6. Dapat digunakan sebagai pembuatan mi karena di Jepang bahan makanan ini banyak sekali disukai untuk mie shiratake dan juga konnyaku.
  7. Tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai penjernih air.
  8. Tumbuhan porang juga bisa digunakan sebagai pengikat formulasi tablet.
  9. Porang bisa digunakan sebagai pengental sirup dan perekat pada eskrim sehingga membuat eskrim menjadi tidak mudah atau tidak cepat untuk meleleh.
  10. Kadar glukomanan yang terdapat pada tumbuhan porang juga memiliki manfaat yang sangat berkhasiat bagi kesehatan yakni bisa mengurangi kadar kolesterol di dalam darah dan juga bisa memperlambat pengosongan perut dan juga mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk dijadikan makanan bagi mereka yang sedang diet dan juga penderita diabetes.
  11. Tumbuhan porang ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin B yang kandungannya jauh lebih tinggi dibandingkan kentang.
  12. Tumbuhan porang memiliki kandungan karbohidrat sekitar 80 persen.
  13. Dapat digunakan untuk menggantikan gelatin sebagai bahan pembuat negatif film, isolator, dan juga seluloid.
Baca Juga :  Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan – Lengkap Dengan Fungsi dan Struktur

Demikian pembahasan kali ini mengenai tumbuhan porang yang mungkin saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya, jika sebenarnya tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat sehingga tanaman ini bisa dibudidayakan untuk kemudian diambil manfaatnya. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat ya.

Artikel Lainnya:

  1. Sintesis protein – Diagram,Skema,dan Tujuannya
  2. Daur Air – Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya
  3. Hewan omnivora – Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar
Tumbuhan Porang
5 (100%) 1 vote[s]