Tulang – Penjelasan Jenis Beserta Fungsinya Terlengkap

Posted on

Tulang

Ekosistem.co.id – Tubuh manusia sendiri terdiri dari berbagai macam tulang. Tulang-tulang tersebut membentuk sebuah kerangka pada tubuh manusia. Tentu tulang merupakan faktor terpenting dalam proses pembentukan tubuh.

Semisal jika salah satu tulang mengalami kelainan atau kerusakan tentu ini akan menyebabkan fungsi gerak tubuh yang tidak sempurna.

Taukah anda mengapa struktur tulang sangat keras? Ini dikarenakan tulang mengandung osteoid. Osteoid inilah yang membuat struktur kristal pada tulang sehingga tulang menjadi keras.

Memang walaupun sturktur tulang sangat keras namun bukan berarti tulang tidak bisa patah atau mengalami kerusakan. Ini dikaranakan pada bagian tertentu struktur tulang ada yang lemah terhadap benturan.

Cidera terhadap tulang akan mengakibatkan kesalahan fatal karena penyembuhan memerlukan proses yang lama serat biaya yang tidak sedikit.

 

Pengertian Tulang

Tulang sendiri adalah salah satu bagian yang paling keras dan kuat yang ada di dalam tubuh manusia karena bagian ini terbuat dari kolagen dan berbagai macam mineral seperti kalsium sehinggga membuat tulang menjadi kuat dan juga keras.

Tulang memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran yang berbeda namun pada umumnya struktur dan fungsi yang dimiliki oleh setiap tulang adalah sama.

Dalam struktur tulang ada tulang yang dinamakan tulang panjang, tulang ini sendiri terdiri dari 2 bagian utama yakni:

Diafisis (diaphysis) – atau yang biasa disebut dengan badan atau poros dari tulang yang membuat bagian tersebut memilikiukuran yang cukup panjang.

Epifisis (epiphysis) – merupakan ujung bagian dari tulang panjang yang berada di pinggir tulang atau di setiap sisi tulang, epifisis ini sendiri terdiri dari jaringan tulang kompak atau compact bone dan juga spongiosa atau spongy bone.

Baca Juga :  Cara Bernafas Tumbuhan

Dalam kerangka tubuh manusia tulang sendiri memliki beberapa jenis serta fungsi masing-masing. Apa saja tulang yang berada pada kerangka manusia. Berikut penjelasan lengkap mengenai tulang, penjelasan jenis beserta fufungsinya.

 

Jenis-jenis Tulang dan Fungsinya

Tulang terdiri dari berbagai jenis dan setiap jenisnya memiliki fungsi khusus, berikut ini adalah jenis-jenis tulang yang sudah kami rangkum secara lengkap :

 

Jenis Tulang Berdasarkan Letak

 

Jika berdasarkan letaknya, tulang terbagi atas beberapa jenis dan berikut ini penjelasannya :

1.) Tulang Tengkorak

Tulang yang satu ini merupakan tulang dengan resiko paling besar terhadap kerusakan terutama jika terkena benturan keras dari luar. Tulang tengkorak sendiri melindungi organ yang sangat penting serta sensitif terhadap benturan keras yaitu otak.

Tulang tengkorak tersusun dari beberapa bagian seperti tulang pipi, tulang hidung, tulang pelipis, tulang bagian belakang dan lain-lain yang menjadi struktur tulang tengkorak.

 

2.) Tulang Dadan

Tulang dengan komposisi terbanyak serta memilikibpengaruh besar dalam struktur terbentuknya kerangka manusia yang utuh. Terdiri dari berbagai macam tulang, tulang badan merupakan cikal bakal pembentukan suatu badan manusia.

Fungsi dari tulang badan sendiri adalah untuk melindungi jantung dan paru-paru. Secara umum tulang badan terdiri atas tulang belakang, tulang dada, tulang leher, tulang panggul, tulang paha dan beberapa bagian kecil lainya yang membentuk tulang badan.

 

3.) Tulang Anggota Gerak

Sesuai dengan namanya tulang ini berfungsi untuk menggerakkan sistem tubuh pada manusia contoh tulang kaki dan tulang tangan atau yang biasa disebut tulang anggota gerak bagian atas dan tulang anggota gerak bagian bawah.

Pada tulang anggota gerak bagian atas terhubung oleh tulang bahu sementara tulang gerak anggota bawah terhubung langsung oleh tulang bagian pinggul.

Baca Juga :  Pengertian Otak Kecil : Struktur, Fungsi, dan Cara Kerjanya Lengkap

 

 

Jenis Tulang Berdasarkan Jaringan Penyusunya

Sedangkan jika dilihat berdasarkan jaringan penyusunnya, maka tulang terdiri dari :

1.) Tulang keras

Merupakan tiang dengan struktur keras dan kaku yang tersusun dari zat fosfor dan kapur. Semakin bertambahnya usia tentu tulang ini akan semakin keras karena zat fosfor dan kapur semakin banyak.

Namun jika zat fosfor dan kapur terlalu banyak ini akan menyebabkan mudah patah. Inilah fenomena yang terjadi pada lansia mengapa tulang pada lansia rapuh.

 

2.) Tulang Rawan

Disebut tulang rawan ini dikarenakan tulang ini sangat lemah dan lunak yang tersusun dari zat kapur dan zat perekat. Zat perekat biasanya delisebut kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk menyembuhkan atau menyambungkan tulang jika tulang mengalami cedera.

Contoh tulang rawan pada tubuh manusia adalah hidung, telinga, persendian dan ujung tulang keras.

 

 

Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya

Nah, jika berdasarkan bentuknya maka tulang dibagi ke dalam beberapa jenis, berikut jenisnya :

1.) Tulang Pipih

Sesuai dengan namanya tulang ini berbentuk pipih dan memiliki rongga pada bagian tulang serta berisi sumsum tulang merah. Contoh tulang pipih tulang belikat, tulang rusuk dan tulang dada.

 

2.) Tulang Pendek

Memliki bentuk yang pendek serta bulat dan diisi oleh sumsum tulang merah. Contoh tulang pendek yakni pada bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki dan ruas pada tulang jari.

 

3.) Tulang Pipa

Berbentuk seperti pipa memliki karakteristik yang panjang dan bulat. Tulang pipa terdapat di bagian paha, tulang lengan atas dan tulang hasta.

 

 

Fungsi Tulang

Jika dilihat secara umum, tulang memiliki banyak fungsi di antaranya :

1.) Sebagai penunjang kerangka dan menjadi tempat bagi otot dan jaringan untuk menempel.

Baca Juga :  Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

2.)  Tulang berperan sebagai pelindung bagi organ-organ dalam yang ada di dalam tubuh kita, seperti tulang tengkorak yang melindungi organ di dalam kepala. Dan tulang dada yang melindungi jantung, paru-paru dan ginjal.

3.) Keberadaan tulang membuat kita bisa bergerak dengan leluasa.

4.) Tulang menyimpan mineral, kalsium dan fosfor yang kemudian akan digunakan jika tubuh membutuhkan.

5.) Tulang membantu memproduksi sel darah merah yang terjadi di sumsum tulang.

6.) Menyimpan energi dan lemak di dalam sel adiposa yang ada di dalam sumsum kuning.

 

 

Itulah penjelasan mengenai tulang, penjelasan jenis beserta fungsinya yang terdapat pada kerangka tubuh manusia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan ilmu biologi. Sekian dan sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya.

 

Artikel Pilihan :