Tulang Tengkorak – Nama Latin Beserta Fungsinya

Posted on

Tulang Tengkorak

 

Ekosistem.com – Tulang tengkorak merupakan salah satu jenis tulang yang sangat penting bagi manusia. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya lebih lanjut.

Ketika dilahirkan manusia memiliki setidaknya sekitar 300 tulang akan tetapi seiring dengan perkembangan tubuh manusia. Pada saat dewasa jumlah tulang pun berubah hingga hanya menjadi 206 saja.

Hal ini dikarenakan ada beberapa tulang yang saling menyatu dari kepala hingga bagian ujung kaki.

Fungsi utama tulang adalah sebagai pelindung dari organ tubuh dan juga sebagai pembentuk tubuh. Beberapa organ vital manusia dilindungi oleh tulang seperti tulang tengkorak yang melindungi organ penting di dalam kepala.

Dan juga tulang rusuk yang bertugas sebagai pelindung beberapa organ penting yang ada pada dada manusia.

 

 

Pengertian Tulang Tengkorak dan Nama Latinnya

Tulang tengkorak merupakan sekumpulan tulang yang saling bersatu untuk membentuk struktur kepala dan juga wajah. Tulang tengkorak juga bertugas sebagai pelindung bagi otak agar tidak mengalami cedera saat terbentur.

Tulang tengkorak sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis yakni tulang kepala atau kranium dan tulang wajah.

Nama latin dari tulang tengkorak adalah Neurocranium.

 

 

Fungsi Tulang Tengkorak

Seperti yang sudah dibahas tadi jika tulang tengkorak memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi manusia. Dan berikut ini adalah fungsi yang dimiliki oleh tulang tengkorak :

Baca Juga :  Makan Adalah - Pengertian, Fungsi, Jenis Jenisnya

1.) Membantu untuk melindungi, memopang hingga mempertahankan organ organ vital yang ada di dalam tubuh manusia.

2.) Sebagai penggerak pada saat otot otot yang melekat di tulang, ketika tertarik karena perintah dari otak, tulang pun akan mulai bergerak. Sehingga menyebabkan pergerakan pada tubuh manusia.

3.) Tulang sumsum melakukan tugas penting, yakni memproduksi sel darah. Sel darah merah pembawa oksigen.

 

Jenis-jenis Tulang Tengkorak

Secara umum ulang penyusun kepada ada 6 bagian penyusun,yang masing-masing bekerjasama melindungi organ vital yang berhubungan dengan semua organ pada manusia,yaitu otak.

Nah berikut ulasan tulang tengkorak, nama latin beserta fungsinya :

1.) Tulang Dahi (frontal)

Letak tulang dahi ada di wajah bagian depan kepala, letaknya yang melebar dan menyamping hingga pada bagian tengah telinga di atas tulang pelipis.

Tulang ini pun memiliki fungsi sebagai pelindung organ yang ada pada kepala bagian depan.

Tulang dahi bisa dirasakan dan diraba, bahkan tulang ini bisa diperhatikan karena letaknya yang ada pada bagian luar. Bentuk dari tulang dahi pun sangat beraneka ragam, tergantung pada bentuk wajah orang tersebut.

 

2.) Tulang Baji (sphenoid)

Ukuran dari tulang baji terbilang kecil dan letaknya ada di antara tulang pelipis dan juga tulang dahi. Untuk bentuknya, tulang ini memiliki bentuk pipih dan bentuknya cekung ke dalam.

Fungsi tulang ini adalah sebagai pengaman otak di bagian sudut atau di sisi samping pada bagian wajah. Karena organ vital yang mengoprasikan seluruh aktifitas di tubuh manusia dan harus dilindungi oleh tulang beji.

 

3.) Tulang Pelipis (temporal)

Terletak di sebelah dahi dan juga mata dan berada persis di atas tulang pipi, tulang pelipis ini bentuknya melengkung dan terletak berada di depan telinga. Pada manusia jumlah tulang pelipisnya ada dua dengan masing masing ada pada kedua sisi di samping kepala.

Baca Juga :  Mahluk Hidup – Ciri Ciri, Klasifikasi, Beserta Contoh

Tulang pelipis memiliki fungsi yang sama sebagai tulang pelindung bagi otak yang ada di dalam kepala manusia. Secara spesifik tulang pelipis merupakan tempat melekatnya otot otot pendukung bagi kinerja otak.

 

4.) Tulang Tapis (ethmoid)

Tulang tapis ini bisa ditemukan di antara tulang mata dan bentuk dari tulang tapis adalah pipih dengan ukuran kecil dan jumlahnya ada dua.

Fungsi utama dari tulang tapis adalah untuk membentuk dinding di bagian belakag lekuk mata. Dan membantu pada proses penglihatan serta menjaga kesehatan rongga pasal atau tulang hidung.

 

5.) Tulang Kepala Belakang (osipital)

Tulang kepala atau osipital ini berbentuk seperti cawan dengan tugas sebagai tempurung karena bentuknya yang melengkung dan juga beringga. Tulang ini melindungi otak yang ada di kepala bagian belakang.

Serta melindungi organ-organ dalam pada organ telinga.

 

6.) Tulang Ubun-ubun (parietal)

Tulang ubun ubun berada pada bagian tengah atas kepala lalu melebar hingga setengah bagian kepala. Fungsi tulang ubun ubun juga sama yakni sebagai pelindung otak.

Namun pada saat baru lahir, bayi akan memiliki tulang ubun ubun yang masih rawan namun akan mulai berkembang seiring dengan perkembangan manusia. Fungsi utama dari tulang ubun ubun adalah untuk menjadi penjaga bagi otak tengah atau mid brain dan otak belakang.

 

 

Kerusakan yang Bisa Terjadi pada Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak merupakan salah satu tulang dengan bentuk dan struktur yang kuat. Namun meski begitu tulang tengkorak juga bisa saja mengalami kerusakan jika terjadi benturan yang kuat.

Nah, apa saja kerusakan yang bisa terjadi pada tulang tengkorak? Berikut ini penjelasannya :

1.) Fraktur Tertutup

Kondisi ini terjadi ketika tulang mengalami retak namun tidak membuat kulit penutup pada tulang mengalami luka terbuka dan juga robek.

Baca Juga :  Siklus Batuan – Penjelasan, Contoh, Lengkap Dengan Gambar

 

2.) Fraktur Terbuka

Fraktur terbuka adalah cedera pada tulang terngkorang yang terjadi bersamaan dengan rusaknya kulit pada tempat terjadinya cedera.

 

3.) Fraktur Dasar Tengkorak Atau Basis Cranii

Fraktur dasar tengkorak terjadi di daerah dasar tulang tengkorak yang mencakup pada area tulang yang ada di sekitar mata, telinga, hidung. Dan juga pada tengkorak yang ada di bagian belakang dekat dengan tulang belakang.

Cedera ini terjadi dengan robekan pada selaput orak dan terbilang sebagai salah satu cedera yang paling fatal pada tulang tengkorak.

 

 

Nah itulah seluruh ulasan perihal tulang tengkorak, nama latin beserta fungsinya. Semoga memperluas kancah keilmuan biologi spesifik anatomi tubuh. Terimakasih.

 

Artikel Pilihan :