Tulang Dada – Fungsi dan Bentuknya

Posted on

Tulang Dada

Ekosistem.co.id – Tulang dada pada manusia memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ vital manusia yang terletak di bagian dada. Seperti paru-paru, jantung, ginjal bahkan lambung.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai apa saja fungsi yang dimiliki oleh tulang dada beserta dengan pengertiannya.

 

Pengertian Tulang Dada

Tulang dada disebut juga dengan istilah sternum yang letaknya ada di bagian tengah pada dada manusia. Di sisi kanan terdapat lekat tempat menempelnya tulang rusuk dan keduanya merupakan pelindung bagi beberapa organ vital. Seperti jantung paru-paru hingga pembuluh darah besar.

 

Ciri-ciri Tulang Dada

Tulang dada sendiri memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis tulang lain dan berikut ini ciri-cirinya :

1.) Tulang dada berposisi miring ke bagian bawah dank e depan.

2.) Pada bagian depan berbentuk agak cembung sedangkan bagian belakangnya lekung.

3.) Tulang dada memiliki bentuk menyerupai huruf T yang menyempit di titik manubrium,

4.) Tulang dada orang dewasa memiliki ukuran 17 cm.

5.) Tulang dada pria lebih panjang dibandingkan dengan tulang dada wanita.

 

Struktur Tulang Dada

Tulang dada sendiri terdiri dari tiga komponen penting, di antaranya adalah :

1.) Manubrium Sterni atau Kepala Tulang Dada

Kepala tulang dada berfungsi untuk membentuk persendian tulang dada dengan tulang selangka, tulang rusuk pertama dan klavikula. Sifat dari kepala tulang dada ini adalah kokoh dan kuat karena fungsi utamanya adalah untuk melindungi organ-organ penting di bawahnya.

 

2.) Korpus Sterni atau Badan Tulang Dada

Bagian ini adalah tulang yang membentuk persendian dengan sembilang tulang rusuk lainnya. Bagian ini berada di bagian tengah dan menjadi tempat melekatnya tulang rusuk ketiga dan ketujuh. Serta gabungan dari tulang rusuk ke delapan hingga tulang rusuk ke sepuluh.

Baca Juga :  Daun Telinga – Fungsi, Dan Penyakit Di Daun Telinga

Bagian ini bentuknya melebar dan pipih yang disertai dengan struktur yang sangat kuat dan mampu digunakan untuk menyangga tulang rusuk dengan sangat baik.

 

3.) Prosesus Xifoid Tulang Taju Pedang

Bagian ini adalah tulang yang memiliki bentuk sebagai tulang rawan yang ada pada bayi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika tulang dada pada manusia dewasa dan bayi berbeda.

Tulang ini terletak di bagian bawah dari tulang dada dan bentuknya adalah tulang rawan. Artinya tulang ini hanya tersusun dari tulang rawan saja yang pada akhirnya akan mulai berkembang seiring dengan perkembangan manusia.

Hingga akhirnya menjadi tulang dada dengan struktur keras dan kokoh untuk melindungi organ organ di dalam tulang ini.

 

 

Fungsi Tulang Dada

Fungsi utama dari tulang dada sebenarnya adalah untuk menjaga dan melindungi organ organ penting pada tubuh kita, terutama organ yang ada di dada.

Namun untuk lebih jelasnya berikut ini adalah fungsi lengkap dari tulang dada :

1.) Menjaga Organ yang Ada di Bagian Dada

Tulang dada adalah pelindung dari dua organ paling penting bagi manusia yakni jantung dan paru-paru. Karena bisa dibilang kedua organ ini adalah organ vital yang memiliki pengaruh penting bagi tubuh kita.

Bayangkan jika dua organ ini terganggu, maka manusia tidak akan bisa bernapas dan sistem peredaran darahnya akan kacau. Hal ini akan terjadi jika kedua organ tersebut mengalami gangguan, jadi bisa bayangkan jika kedua organ ini rusak.

Maka kehadiran tulang dada bagi tubuh manusia amat sangat penting karena bisa melindungi kedua organ tersebut dari kerusakan fatal yang tidak disengaja. Bisa saja mengalami kecelakaan, terjatuh dan kondisi lain yang mengancam paru-paru dan serta jantung.

Baca Juga :  Organ Dan Sistem Organ Pada Semua Hewan

Gerak tubuh yang dilakukan oleh manusia juga akan dijaga oleh tulang dada agar mampu mepertahankan posisinya hingga menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain melindungi organ vital seperti jantung dan juga paru-paru, organ dada juga berfungsi untuk melindungi organ lain yang ada di sekitarnya loh. seperti ginjal dan juga limpa.

 

2.) Membantu Proses Pernafasan

Paru-paru sebagai organ yang dilindungi oleh tulang dada sangat bergantung pada tulang ini. Sebab dengan adanya tulang dada maka akan menurunkan risiko paru-paru mengalami cedera serius yang tidak disengaja.

Hal ini pun akan berpengaruh pada sistem pernapasan yang akan terjaga dan semakin lancar prosesnya sebab sudah dilindungi oleh keberadaan tulang dada.

Karena sedikit saja terjadi kesalahan pada paru-paru maka manusia akan mengalami permasalahan pada sistem pernapasannya.

 

3.) Sebagai Kerangka

Tulang dada adalah kerangka yang menjadi tempat bagi otot dada, perut, punggung hingga bahu atas. Di dalamnya terdapat tulang rusuk yang bertugas sebagai tempat untuk melekatkan diafragma.

Sehingga jika tidak memiliki tulang dada maka postur tubuh manusia tidak akan sempurna sebab tidak memiliki penyokong.

 

4.) Merekatkan Tulang dengan Otot

Tulang dada juga berfungsi sebagai pilar yang merekatkan tulang dengan otot, dan dengan fungsi ini maka 10 tulang rusuk bisa terpasang dengan baik.

 

 

Faktor yang Dapat Mencederai Tulang Dada

Seperti yang sudah dijelaskan jika tulang dada memiliki fungsi yang sangat penting sehingga harus dijaga agar tidak mengalami keruskaan. Dan berakibat fatal dengan fungsinya.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan tulang dada dapat mengalami cidera seperti kecelakaan, resusitasi jantung paru, cardiopulmonary resuscitation atau CPR. Hingga sebuah penyakit sebuan penyakit seperti gastrointestinal reflux disease  atau GERD yang dapat membuat tulang dada menjadi terganggu fungsinya.

Baca Juga :  Kelenjar Timus – Pengertian Dan Letaknya

 

Itulah penjelasan mengenai Tulang dada – fungsi dan bentuknya. Jangan lupa untuk menutrisi tulang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi.

 

Artikel Pilihan :