Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar

Posted on

Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar

Setiap makhluk hidup pasti memiliki struktur tulang dalam tubuhnya, karena tulang bisa mengokohkan tubuh makhluk hidup tersebut. Bayangkan jika manusia tidak memiliki tulang, apa yang akan melindungi organ-organ penting yang ada di dalam tubuh?.

Tulang belakang merupakan suatu struktur tulang yang ada dibagian punggung manusia. Makhluk hidup juga dibagi menjadi  2 macam, ada yang memiliki tulang belakang dan ada yang tidak memiliki tulang belakang. Tulang belakang juga memiliki fungsi dan bagiannya yang penting bagi makhluk hidup terutama manusia.

Bagian dari Tulang Belakang

Tulang belakang merupakan tulang yang membentang dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor dan dianggap juga sebagai tulang yang sangat spesial. Sebab tulang ini tersusun tidak hanya oleh satu atau dua tulang saja. Akan tetapi tulang ini tersusun sebanyak 33 tulang.

Tulang belakang memiliki fungsi yang sempurna dan tentunya itu semua di dukung oleh struktur yang sempurna pula. Tulang belakang ini memiliki 3 segmen menggambarkan lekukan kokoh dari tulang tersebut. Segmen dari tulang belakang itu terdiri dari segmen torakal, segmen lumbal dan segmen servikal. Segmen-segmen ini membuat tulang belakang jika dilihat dari samping seakan membentuk huruf S.

Terdapat dua bagian tulang belakang yakni bagian yang disebut dengan bagian anterior atau pun bagian yang disebut dengan posterior. Jika bagian tulang belakang yang disebut dengan anterior ini terdiri dari badan tulang.

Berbeda dengan tulang posterior yang terdiri dari bagian arcus vertebrae, dan tulang ini sendiri terbentuk oleh dua lamina dan juga dua kaki kaki pediculus. Tulang belakang juga dari beberapa proceus atau penonjolan yang saling terhubung di bagian pangkalnya.

Baca Juga :  Biologi – Pengertian, Cabang, Manfaat dan Ruang Lingkup

Penonjolan yang ada di tulang belakang tersebut membentuk sebuah terowongan yang di isi oleh sumsum tulang. Di antara dua tulang belakang yang tersusun, dapat dijumpai sebuah celah dan celah inilah yang dilewati serabut saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang.

Tulang belakang terdiri dari susunan 33 tulang dengan berbagai macam ukuran. Tulang-tulang yang menyusun tersebut dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

  1. Tulang belakang Cervical

Tulang belakang jenis ini terdiri dari 7 buah dan berada di leher. Umumnya tulang di bagian ini memiliki bentuk yang kecil dengan bagian belakang tulangnya berbentuk seperti sayap dan berbentuk pendek, kecuali tulang nomor 2 dan 7.

  1. Tulang belakang Thorax

Tulang belakang ini terletak dipunggung bagian atas dan terdiri dari 12 buah tulang. Bagian ini sering juga disebut sebagai tulang punggung dorsal dan berhubungan dengan tulang rusuk.

  1. Tulang belakang Lumbal

Tulang belakang Lumbal terdiri dari 5 buah dan terleak dibagian punggung bawah. Tulang punggung Lumbal memiliki ukuran paling besar dan lurus karena menopang beban paling berat. Penyakit nyeri punggung pun biasanya terjadi dibagian tulang ini.

  1. Tulang belakang Sacral

Berikutnya, merupakan tulang belakang yang memiliki bentuk sakrum. Selain itu tulang ini tidak mempunyai celah yang bisa ditemukan pada tulang satu dengan tulang lainnya, alias bentuknya menempel menjadi satu.

Selain itu tulang ini dibentuk oleh 4 hingga 5 tulang yang bentuknya akan menjadi segitiga setelah kita berusia sekitar 26 tahun.

  1. Tulang belakang Coccygeal

Tulang belakang jenis Coccygeal ini terletak dibagian paling bawah atau disebut juga tulang ekor.

 

Fungsi dari Tulang Belakang

Tulang belakang memiliki fungsi sebagai penyangga utama tubuh manusia agar manusia itu sendiri dapat berdiri tegak. Fungsi-fungsi tulang belakang tersebut dapat dibagi sebagai berikut:

  • Untuk melindungi saraf

Tulang belakang memiliki fungsi yaitu untuk melindungi saraf halus dan sumsum tulang belakang yang merupakan bagian penting dalam mengendalikan fungsi organ utama dalam tubuh.

  • Penopang tubuh manusia

Fungsi yang utama dari tulang belakang adalah sebagai penopang tubuh. Tulang belakang memiliki susunan yang sempurna sehingga bisa menyesuaikan bentuk dengan tubuh kita yang berubah-ubah.

  • Menghasilkan sel darah merah

Karena di dalam tulang ini mempunyai sumsum maka tulang ini memiliki banyak sekali kandungan mineral dan sel darah merah.

  • Peredam getaran

Tulang belakang juga berfungsi sebagai peredam getaran karena adanya bantalan berupa cakram intervertebralis.

  • Pelindung organ utama

Ternyata tulang belakang juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara tubuh bagian atas dan bawah karena adanya sakrum. Itulah pembahasan mengenai tulang belakang beserta bagian, fungsi beserta gambarnya. Sampai jumpa lagi di materi lainnya.

Baca Juga :  Antibodi - Mengenal dan Memahami Antibodi dan Jenis Tertentu

Artikel Lainnya :

Minyak Bumi – Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah

Fermentasi Alkohol – Pengertian, Proses, Reaksi, Faktor, dan Manfaat

Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tahapan, Perbedaan Dengan Aerob