Sumberdaya Alam Hayati – Pengertian, Beserta 10 Contohnya

Posted on

Sumberdaya Alam Hayati – Pengertian, Beserta 10 Contohnya

Alam memiliki berbagai manfaat serta kegunaannya masing-masing. Sebagai makhluk hidup kita tidak boleh merusak ekosistem alam. Ada berbagai macam sumber daya alam hayati yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Lalu apa itu sumber daya alam hayati? Sumber daya alam hayati adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan oleh manusia. Ada berbagai macam sumber daya alam hayati,namun pada dasarnya sumber daya alam hayati dibedakan menjadi 2 kategori yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.

Sumber daya alam yang bisa diperbarui adalah sumber daya alam yang kekayaannya bisa digunakan dalam jangka panjang serta kekayaan alam yang terus ada secara terus menerus. Namun sebagai makhluk hidup manusia tidak boleh mengekploitasi secara berlebihan karena dari beberapa sumber daya alam yang bisa diperbarui bisa menyebabkan kepunahan.

Sumber daya alam hayati sendiri merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk-makhluk hidup atau yang berkaitan dengan tumbuhan dan hewan. Karena itu sumber daya alam hayati dikategorikan sebagai sumber daya alam yang bisa diperbarui, namun tetap saja manusia tidak boleh mengeksploitasi secara berlebihan. Apa saja sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan oleh manusia? Berikut jenis dan contoh dari sumber daya alam hayati.

  1. Hewan

Hewan salah satu kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia serta bisa diperbarui. Namun beberapa hewan sangat sulit diperbarui. Oleh karena itu tidak heran jika beberapa hewan langka mengalami kepunahan karena dieksploitasi secara berlebihan oleh manusia. Contoh dari sumber daya alam hewan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia secara baik adalah peternakan dan perikanan. Ternak merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan hewan darat yang notabenenya banyak dimanfaatkan oleh manusia seperti ternak sapi sebagai pembuatan susu, ternak ayam untuk dikonsumsi dagingnya oleh manusia. Sementara itu perikanan adalah Budidaya yang berasal dari hewan laut atau hewan air tawar. Contoh dari budidaya perikanan adalah budidaya ikan lele dan budidaya ikan bandeng.

  1. Tumbuhan
Baca Juga :  Sintesis protein - Diagram,Skema,dan Tujuannya

Indonesia diklaim sebagai salah satu negara dengan hutan tropis terbaik serta memliki berbagai kekayaan alam. Salah satu kekayaan alam terbesar di Indonesia adalah dari sektor tumbuhan. Ada berbagai macam jenis tumbuhan yang dibudidayakan dan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, obat herbal, ataupun kerajinan tangan.

  1. Pertanian dan Perkebunan

Pertanian dan perkebunan merupakan sumber daya alam hayati yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas, karena dapat memberikan manfaat yang banyak. Sumber daya alam hayati yang satu ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh manusia, sebut saja dari sektor pertanian yaitu padi (beras) dan dari sektor perkebunan seperti kebun buah-buahan. 2 kategori sumber daya alam tersebut banyak dibudidayakan oleh manusia sebagai bahan pangan atau penghasilan lainnya.

Ada berbagai macam sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan oleh manusia. Berikut 10 Contoh dari sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan manusia

  1. Kebun teh
  2. Kebun kopi
  3. Peternakan sapi
  4. Peternakan ayam
  5. Ternak lele
  6. Kebun apel
  7. Peternakan burung
  8. Kebun buah rambutan
  9. Kebun buah alpukat
  10. Kebun buah mangga

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati Bagi Kehidupan Manusia

Sumber daya alam hayati memiliki banyak sekali manfaat khususnya bagi kehidupan manusia dan di dalam manfaatnya ini terdapat beberapa aspek kehidupan seperti di bidang ekonomi, bidang lingkungan, bidang wisata dan bidang makanan atau kuliner. Berikut ini adalah manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia.

  1. Manfaat di Bidang Ekonomi

Manfaat sumber daya alam hayati yang pertama adalah untuk bidang ekonomi khususnya untuk kehidupan masyrakat dan pemerintahan Indonesia antara lain semua sumber daya alam hayati perkebunan, pertanian, hewan serta perikanan yang hasilnya bisa diekspor ke luar negeri dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

  1. Manfaat di Bidang Lingkungan
Baca Juga :  Daur Air - Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya

Manfaat di bidang lingkungan adalah perkebunan dan pelestarian hutan memiliki manfaat untuk mengurangi pemanasan global karena hutan merupakan paru-paru bumi yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

  1. Manfaat di Bidang Wisata

Kelestarian hutan, keindahan laut dan terumbu karang bisa memberikan manfaat bagi bidang wisata karena dengan keadaan lingkungan yang terawat bisa dijadikan sebagai objek wisata.

  1. Manfaat di Bidang Makanan

Untuk bidang makanan dan kuliner sudah bisa dilihat manfaatnya dari sumber daya alam hayati yang bisa diperoleh dari berbagai jenis sayuran dan hewan yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

 

Dengan berbagai macam manfaat serta kegunaannya tentu kita harus menjaga sumber daya alam. Jangan malah merusak alam yang menjadi sumber mata pencaharian. Sekian ulasan mengenai sumber daya alam hayati semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pembelajaran kita semua dan sampai jumpa di artikel berikutnya.