Sumberdaya Alam Hayati – Pengertian, Beserta 10 Contohnya

Posted on

Sumberdaya Alam Hayati – Pengertian, Beserta 10 Contohnya

Alam memiliki berbagai manfaat serta kegunaannya masing-masing. Sebagai makhluk hidup kita tidak boleh merusak ekosistem alam. Ada berbagai macam sumber daya alam hayati yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Lalu apa itu sumber daya alam hayati? Sumber daya alam hayati adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan oleh manusia. Ada berbagai macam sumber daya alam hayati,namun pada dasarnya sumber daya alam hayati dibedakan menjadi 2 kategori yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.

Sumber daya alam yang bisa diperbarui adalah sumber daya alam yang kekayaannya bisa digunakan dalam jangka panjang serta kekayaan alam yang terus ada secara terus menerus. Namun sebagai makhluk hidup manusia tidak boleh mengekploitasi secara berlebihan karena dari beberapa sumber daya alam yang bisa diperbarui bisa menyebabkan kepunahan.

Sumber daya alam hayati sendiri merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk-makhluk hidup atau yang berkaitan dengan tumbuhan dan hewan. Karena itu sumber daya alam hayati dikategorikan sebagai sumber daya alam yang bisa diperbarui, namun tetap saja manusia tidak boleh mengeksploitasi secara berlebihan. Apa saja sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan oleh manusia? Berikut jenis dan contoh dari sumber daya alam hayati.

  1. Hewan

Hewan salah satu kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia serta bisa diperbarui. Namun beberapa hewan sangat sulit diperbarui. Oleh karena itu tidak heran jika beberapa hewan langka mengalami kepunahan karena dieksploitasi secara berlebihan oleh manusia. Contoh dari sumber daya alam hewan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia secara baik adalah peternakan dan perikanan. Ternak merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan hewan darat yang notabenenya banyak dimanfaatkan oleh manusia seperti ternak sapi sebagai pembuatan susu, ternak ayam untuk dikonsumsi dagingnya oleh manusia. Sementara itu perikanan adalah Budidaya yang berasal dari hewan laut atau hewan air tawar. Contoh dari budidaya perikanan adalah budidaya ikan lele dan budidaya ikan bandeng.

  1. Tumbuhan
Baca Juga :  Bonsai Kelapa - Cara Cepat Menumbuhkan Tunas Dan Merawatnya

Indonesia diklaim sebagai salah satu negara dengan hutan tropis terbaik serta memliki berbagai kekayaan alam. Salah satu kekayaan alam terbesar di Indonesia adalah dari sektor tumbuhan. Ada berbagai macam jenis tumbuhan yang dibudidayakan dan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, obat herbal, ataupun kerajinan tangan.

  1. Pertanian dan Perkebunan

Pertanian dan perkebunan merupakan sumber daya alam hayati yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas, karena dapat memberikan manfaat yang banyak. Sumber daya alam hayati yang satu ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh manusia, sebut saja dari sektor pertanian yaitu padi (beras) dan dari sektor perkebunan seperti kebun buah-buahan. 2 kategori sumber daya alam tersebut banyak dibudidayakan oleh manusia sebagai bahan pangan atau penghasilan lainnya.

 

Contoh Sumberdaya Alam Hayati

Ada berbagai macam sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan oleh manusia. Berikut 10 Contoh dari sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan manusia

Kebun teh – Wisata alam yang terbuka dapat membuat fikiran kita yang penat menjadi segar kembali, sehingga tidak heran banyak orang dikota besar yang menghabiskan liburannya ke wisata alam terbuka contohnya Kebun Teh, selain dapat membuat fikiran segar kembali kebun teh juga banyak sekali manfaatnya

Kebun kopi – Wisata alam kebun kopi saat ini banyak digemari dibeberapa wilayah di indonesia terutama di bandar lampunng dan aceh, karena indonesia merupakan penghasil buah kopi terbaik kedua didunia setelah Brazil. Yang saat ini dikenal dimanca negara kopi indonesia ialah kopi Luak yang berasal dari lampung barat dan Kopi Aceh

Peternakan sapi – Negara indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, iklim yang tentunya sangat cocok jika dimanfaatkan untuk peternakan sapi, bisnis budidaya sapi sangat menjanjikan untuk sektor pendapatan ekonomi kita. Karena kebutuhan masyarakat sangatlah tinggi terhadap daging sapi.

Peternakan ayam – Di Indonesia beternak ayam merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan didalam sektor ekonomi, selain menjadi income untuk masyarakat, ayam juga dapat dijadikan hiburan, seperti memelihara ayam katek, bekisar dan masih banyak ayam hias lainnya.

Baca Juga :  Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Habitat, Fungsi Diserta Gambar

Ternak lele –  Budidaya ikan lele juga sangat menjanjikan dibidang ekonomi, karena sebagian wilayah di indonesia terkenal dengan ciri khas makanan kulinernya, salah satu menu menu nya adalah Ikan Lele yang dimasak beragam. Kebutuhan akan Ikan Lele sanagt meningkat dan membuat masyarakat banyak yang beralih propesi dari bercocok tanam beralih ke budidaya, salah satunya budidaya ikan lele.

Kebun apel – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah Apel terbaik di dunia, Salah satu Provinsi yang ada di indonesia merupakan daerah yang di incar mancanegara untuk dijadikan salah satu tempat libuaran mereka, tepatnya di Provinsi Jawa timur Kota Malang. Tempat ini merupakan destinasi pariwisata yang mengasikan, selain tempatnya sejuk para wisatawan juga dapat memetik langsung buah apel yang masih segar dari pohonnya. Jadi Kebun apel juga dapat meningkatkan sektor ekonomi.

Peternakan burung –  Beternak burung juga dapat meningkatkan penghasilan dibidang ekonomi, burung banyak sekali manfaatnya, selain dapat dijadikan menu masakan burung juga dapat dijadikan hiburan, burung yang tergolong dalam menu untuk masakan antara lain burung puyuh, burung dara dan sejenisnya, sedangkan burung yang tergolong untuk hiburan diantaranya golongan burung hias.

Kebun buah rambutan – Buah rambutan dapat memberi manfaat untuk masyarakat dibidang sektor ekonomi, seperti yang ada di Lembah seulawah provinsi aceh, terdapat wisata kebun rambutan yang dibuka untuk umum, apa yang berbeda disini ? tentunya sensasinya yang dirasakan masyarakat ketika memetik langsung dan memakannya dikebun itu langsung dengan membeli dipasar sensasinya sangat berbeda, itulah makanya wisata Kebun buah rambutan yang ada di aceh ini selalu ramai pengunjungnya

Kebun buah alpukat – Sama halnya seperti budidaya buah buahan diatas, budidaya buah alpukat juga dapat membantu sektor dibidang ekonomi

Kebun buah mangga – Tidak juga untuk budidaya buah mangga, buah yang satu ini juga sangat digemari masayarakat luas selain untuk bahan makanan dan minuman, buah ini juga masih banyak fungsi dan manfaatnya, jadi budidaya buah mangga ini juga dapat membantu di sektor ekonomi.

Baca Juga :  Simbiosis Parasitisme,20 Contoh, Pengertian, dan Gambar Lengkap

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati Bagi Kehidupan Manusia

Sumber daya alam hayati memiliki banyak sekali manfaat khususnya bagi kehidupan manusia dan di dalam manfaatnya ini terdapat beberapa aspek kehidupan seperti di bidang ekonomi, bidang lingkungan, bidang wisata dan bidang makanan atau kuliner. Berikut ini adalah manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia.

  1. Manfaat di Bidang Ekonomi

Manfaat sumber daya alam hayati yang pertama adalah untuk bidang ekonomi khususnya untuk kehidupan masyrakat dan pemerintahan Indonesia antara lain semua sumber daya alam hayati perkebunan, pertanian, hewan serta perikanan yang hasilnya bisa diekspor ke luar negeri dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

  1. Manfaat di Bidang Lingkungan

Manfaat di bidang lingkungan adalah perkebunan dan pelestarian hutan memiliki manfaat untuk mengurangi pemanasan global karena hutan merupakan paru-paru bumi yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

  1. Manfaat di Bidang Wisata

Kelestarian hutan, keindahan laut dan terumbu karang bisa memberikan manfaat bagi bidang wisata karena dengan keadaan lingkungan yang terawat bisa dijadikan sebagai objek wisata.

  1. Manfaat di Bidang Makanan

Untuk bidang makanan dan kuliner sudah bisa dilihat manfaatnya dari sumber daya alam hayati yang bisa diperoleh dari berbagai jenis sayuran dan hewan yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

 

Dengan berbagai macam manfaat serta kegunaannya tentu kita harus menjaga sumber daya alam. Jangan malah merusak alam yang menjadi sumber mata pencaharian. Sekian ulasan mengenai sumber daya alam hayati semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pembelajaran kita semua dan sampai jumpa di artikel berikutnya.