Sumber Daya Alam

Posted on

Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam terdiri dari berbagai macam jenis dan manfaat yang tidak terhingga. Setiap jenis sumber daya alam memiliki manfaat tersendiri yang jika bisa digunakan dengan bijak maka manfaatnya sangat tidak terbatas khususnya bagi manusia. Maka dari itu manusia hingga kini terus mempelajari mengenai sumber daya alam dan fungsinya bagi kehidupan.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai jenis – jenis sumber daya alam yang ada di bumi :

Sumber Daya Alam Jika Berdasarkan Dari Sifatnya

Jenis sumber daya alam yang pertama jika dilihat dari manfaat dan berdasarkan dengan sifatnya maka terbagi menjadi dua jenis sumber daya alam.

  1. Sumber Daya Alam yang Mudah Diperbarui

Karena tidak akan pernah habis. Maka sumber daya alam yang pertama ini disebut dengan sumber daya alam yang mudah untuk diperbarui. Jumlahnya yang tidak terbatas yang termasuk dalam sumber daya alam ini adalah sinar matahari, tumbuhan, hewan dan juga mikroorganisme lain yang hidup di bumi ini.

  1. Sumber Daya Alam yang Tidak Bisa Diperbaharui

Jenis yang kedua adalah sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, dengan kata lain sumber daya ini memiliki keterbatasan jumlah. Dan jika digunakan secara terus menerus maka sumber daya ini dapat habis, meski memiliki jumlah yang sangat melimpah. Tapi jika sumber daya ini habis karena digunakan dengan tidak bijak maka sumber daya ini tidak bisa diperbarui lagi karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama hingga ratusan tahun. Barang tambang termasuk ke dalam contoh sumber daya ala mini.

Baca Juga :  Apa Yang Anda Ketahui Mengenai Struktur dan Sifat Virus

 

Sumber Daya Alam Jika Berdasarkan Pada Jenisnya

Sumber daya alam juga bisa dibedakan dari jenisnya. Jika dilihat dari jenisnya terdapat dua jenis sumber daya alam, berikut ini penjelasannya :

  1. Sumber Daya Alam Biotik (Hayati)

Karena berasal dari makhluk hidup, maka dari itu sumber daya alam yang satu ini disebut dengan sumber daya alam biotik (hayati). Sumber daya alam hayati ini juga dibagi menjadi dua bagian yang pertama adalah sumber daya alam nabati yang berasal dari tumbuhan dan merupakan produsen mau pun penyusun utama di dalam rantai makanan.

Yang kedua adalah sumber daya alam hewani yang berasal dari hewan, contoh sumber daya ala mini adalah telur, daging dan juga ikan.

  1. Sumber Daya Alam Abiotik (Non Hayati)

Kebalikan dari sumber daya alam yang sebelumnya. Karena asalnya dari benda atau barang mati maka dari itu disebut dengan sumber daya alam non hayati. Yang termasuk dalam sumber dayam alam yang satu ini adalah air, tanah, udara dan sinar matahari.

 

Sumber Daya Alam Jika Berdasarkan Pada Lokasinya

Jenis sumber daya alam yang selanjutnya jika dilihat dari lokasinya terdiri dari beberapa bagian, yaitu :

  1. Sumber Daya Alam Akuatik

Yang pertama adalah sumber daya alam akuatik yang dapat ditemukan di daerah perairan atau di dalam laut. Contohnya seperti terumbu karang, rumput laut, ikan, udang dan lainnya.

  1. Sumber Daya Alam Terrestrial

Sumber daya alam terrestrial ini kebalikan dari sumber daya alam akuatik karena sumber daya alam yang satu ini hanya bisa ditemukan di daerah daratan. Contohnya adalah bahan tambang dan hasil hutan.

 

Sumber Daya Alam Jika Dilihat Dari Cara Pembentukannya

Apabila dilihat dari cara pembentukannya, sumber daya alam yang satu ini terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis – jenisnya :

  1. Sumber Daya Alam Materi

Yang pertama adalah sumber dayam alam materi yang terdirid ari benda mati. Sumber daya alam yang satu ini bisa diperoleh secara langsung di alam. Untuk mendapatkan sumber daya alam satu ini bisa diperoleh melalui proses pengolahan seperti proses penambangan.

  1. Sumber Daya Alam Energi

Yang kedua adalah sumber daya alam yang bisa digunakan untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia, sumber daya alam yang satu ini bisa disebut dengan sumber daya alam energi. Yang termasuk dalam sumber daya alam energi adalah batu bara, air, gas bumi, minyak bumi dan sinar matahari.

  1. Sumber Daya Alam Ruang

Yang ketiga adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk melanjutkan hidup. Letak geografis, relief dan letak topografi adalah faktor memberikan pengaruh pada sumber daya alam berdasarkan ruang. Yang termasuk dalam sumber daya alam ruang adalah dataran tinggi.

  1. Sumber Daya Waktu

Jenis yang terakhir adalah sumber daya alam yang tergantung oleh waktu mau pun musim untuk keberadaannya. Contohnya seperti air yang sulit ditemukan jika waktu musim kemarau dan akan melimpah di waktu musim penghujan tiba.

Baca Juga :  Singa – Jenis-jenisnya, Karakter, Ciri Habitatnya

 

Sumber Daya Alam Jika Berdasarkan Daya Pakai dan Juga Nilai Ekonomisnya

Jenis sumber daya alam yang satu ini terbagi menjadi dua bagian yakni sumber dayam alam ekonomis yang memiliki nilai jual tinggi seperti emas, minyak tanah dan batu bara.

Sedangkan yang kedua adalah sumber daya alam non – ekonomis yang tidak dapat dihitung nilai ekonomisnya seperti cahaya matahari.

 

Demikian penjelasan materi kali ini yang mengulas lengkap tentang sumber daya alam beserta dengan jenis – jenisnya.

Artikel Lainnya :

  1. Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat
  2. Lapisan Bumi – Penjelasan Disertakan GambarnyaStruktur
  3. Akar – Penjelasan Mekanisme Pengangkutan Air Dari Akar Menuju Daun