Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Posted on

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Bumi ini memiliki sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya, sumber daya alam yang ada di bumi kita ini dapat digunakan untuk menunjang kehidupan dan kebutuhan manusia yang hidup di bumi. Mulai dari bahan bakar mesin, kebutuhan pangan hingga kebutuhan di dapur semuanya menggunakan sumber daya alam.

Terdapat dua jenis sumber daya alam di bumi kita ini. Sumber daya alam yang pertama adalah sumber daya alam yang bisa dengan mudah didapatkan karena sumber daya ala mini dapat diperbarui dengan mudah. Sedangkan jenis yang kedua tidak mudah diperbarui meskipun memiliki jumlah yang banyak pula di bumi kita ini.

Kedua jenis sumber daya alam ini jumlahnya sangat banyak dan tidak terbatas sehingga bisa digunakan secara terus menerus. Namun yang membedakan keduanya adalah, ada sumber daya alam yang tidak akan habis meski terus menerus digunakan dalam jumlah banyak sekalipun. Sumber daya alam yang satu ini akan memperbarui dirinya dengan cepat sehingga kita tidak akan takut kehabisan sumber daya alam yang satu ini.

Sebut saja seperti udara, air, hewan, tumbuhan hingga cahaya matahari yang tidak akan habis. Jika digunakan dalam jumlah banyak maka sumber daya alam itu pun akan dengan cepat memperbarui sehingga bisa tersedia dan dapat digunakan kembali.

Berbeda dengan jenis sumber daya alam lainnya yang tidak mudah diperbarui dan tersedia lagi. Sebab sumber daya alam yang satu ini berasal dari sisa fosil yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Sehingga untuk menyediakan sumber daya alam yang satu ini dibutuhkan waktu ribuan hingga jutaan tahun lagi.

Baca Juga :  Organ Tumbuhan Daun - Pengertian, Fungsi, dan Struktur

Meski pun jumlah sumber daya alam yang tidak mudah untuk diperbarui ini sangatlah banyak di seluruh dunia dan bumi sudah menyediakan semuanya bagi kita, akan tetapi berbeda dengan jenis sumber daya alam yang mudah untuk memperbarui lagi, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyediakannya kembali.

Maka dari itu, kita harus bijaksana dalam menggunakannya ya. Karena jika habis maka manusia tidak akan bisa memilikinya lagi dengan mudah, butuh waktu yang lama untuk bumi menghasilkan sumber daya alam tersebut lagi untuk manusia.

Nah, apa saja yang termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak mudah untuk diperbarui? Simak di bawah ini!

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Bumi ini juga kaya akan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, meski jumlahnya sangat banyak akan tetapi jika digunakan secara terus menerus maka bisa membuat sumber daya alam yang satu ini cepat habis.

Berikut adalah beberapa contohnya :

  1. Bahan Mineral

Bahan mineral merupakan salah satu dari contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, sumber daya alam yang satu ini adalah meliputi bahan-bahan yang diperoleh dari hasil tambang.

Contohnya seperti nikel, besi alumunium, belerang, timah, perak, grafik, bauksit, mangan dan masih banyak yang lainnya.

Jumlahnya ada banyak di bumi kita ini, namun meski begitu karena untuk bumi ini juga membutuhkan waktu ribuan bahkan jutaan tahun lamanya untuk menciptakan bahan mineral kembali sehingga jika bahan bahan tersebut habis maka mustahil bagi manusia untuk bisa mendapatkannya lagi.

  1. Logam Mulia

Logam mulia memiliki harga jual yang cukup tinggi bahkan sering juga digunakan sebagai mata uang. Karena harganya yang mahal ini, membuat logam mulia banyak dicari. Logam mulia sendiri adalah nama lain dari logam yang mempunyai ketahanan pada oksidasi dan korosi jika dilihat di dalam ilmu kimia.

Baca Juga :  Kondensasi – Pengertian, Proses, Contoh, Faktor, dan Gambar

Selain digunakan sebagai alat tukar, logam mulia juga digunakan untuk bahan pelapis anti karat dan perhiasan.

Dengan harganya yang sangat tinggi, tak heran banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan logam mulia tanpa sadar, jika logam mulia telah habis maka kita tidak akan bisa memilikinya lagi sebab dibutuhkan waktu jutaan tahun bagi bumi untuk menghasilkan logam mulia.

  1. Minyak Bumi

Untuk mendapatkan minyak bumi, kita harus melakukan proses pengeboran yang dilakukan di lepas laut dan daratan. Saat ditemukan minyak ini masih berupa bahan mentah dan harus diolah kembali untuk dapat dimanfaatkan.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari keberadaan minyak bumi. Karena minyak bumi merupakan bahan bakar utama yang paling banyak digunakan di dunia ini. Minyak bumi menjadi sumber energi yang bisa digunakan dalam banyak hal.

Yang termasuk di dalam contoh minya bumi seperti bensin, oli, tar, solar, aspal, elpiji dan masih banyak yang lainnya.

  1. Gas Alam

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui berikutnya termasuk gas alam. Gas ini adalah bahan bakar fosil yang berasal dari pengeboran tambang minyak bumi. Etana, metana, butana, propana dan lain sebagainya merupakan komposisi dari gas alam.

  1. Batu Bara

Sumber daya alam satu ini berasal dari bahan bakar fosil, bentuknya sendiri adalah batu sedimen yang mudah sekali untuk terbakar. Endapan organik dan sisa-sisa tumbuhan terbentuk oleh prose pembatubaraan untuk menjadi batu bara.

Batu bara ini sendiri bisanya digunakan sebagai bahan bakar, seperti pabrik industri, kapal laut dan lain sebagainya.

 

Sudah tahu dong, pentingnya menjaga sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui di atas. Bijaklah dalam menggunakannya ya, agar anak dan cucu kita nanti juga bisa menikmatinya.

Baca Juga :  Hujan Asam - Pengertian, Penyebab dan Cara Pencegahan

 

Artikel Lainnya :

  1. Siklus Batuan – Penjelasan, Contoh, Lengkap Dengan Gambar
  2. Awan Cumulonimbus – Ciri-ciri, dan Dampak yang Terjadi
  3. Hujan Orografis – Proses, Dampak, Gambar
  4. Proses Terjadinya Gempa Bumi
  5. Penyebab Tanah Longsor – Ciri-ciri dan Cara Menanggulanginya