Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat di Perbaharui

Posted on

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat di Perbaharui

Ekosistem.co.id – Alam kaya akan isinya. Semua yang bersumber dari alam merupakan hal penting bagi keberlangsungan makhluk hidup. Contohnya, hewan yang hidup di alam bebas bisa bertahan hidup dan menggantungkan semuanya kepada alam, dimulai dari tempat tinggal dan bahan makanan. Alam kaya akan potensinya, sedangkan sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang bersumber dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan keberlangsungan makhluk hidup. Adapun pengertian sumber daya alam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat di kembangkan untuk proses produksi.

Sumber daya alam pun di bagi berdasarkan sifatnya, ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable). Kali ini kita akan membahas tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Apa yang di maksud sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu? Tidak dapat diperbaharui bisa di artikan sebagai suatu hal yang tidak akan ada lagi penggantinya atau bisa di katakan akan habis dan punah. Sedangkan pengertian dari Sumber daya Alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang akan habis dan terbatas ketersediaannya jika digunakan secara terus menerus.

Adapun contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah:

  • Batu bara, dibutuhkan waktu yang lama hingga jutaan tahun untuk menghasilkannya. Batu bara sendiri terbentuk akibat adanya proses penimbunan dan pembusukan tumbuhan. Batu bara biasanya digunakan manusia sebagai bahan bakar, entah itu untuk di pabrik, lokomotif ataupun di rumah-rumah. Akibat dari proses pembentukan batu bara yang lama, mengakibatkan jumlah batu bara terbatas dan tergolong sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu, penggunaan batu bara tidak boleh digunakan secara terus menerus dengan jumlah banyak, karena akan mengakibatkan ketersediaannya habis yang bisa mengakibatkan terganggunya keberlangsungan hidup manusia, karena bahan bakar sangat penting bagi kehidupan manusia.
Baca Juga :  Fungsi Sentriol – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

 

  • Minyak bumi, terbuat dari jasa renik laut dan hewan yang tertimbun jutaan tahun lamanya. Adapun cara mengambilnya adalah melalui proses pengeboran yang menghasilkan minyak mentah. Melalui pengolahan dan proses penyulingan dihasilkanlah minyak tanah, bensin, solar, oli, aspal, parafin dan lain sebagainya. Minyak bumi juga berperan penting dalam kehidupan manusia, karena prosesnya yang begitu lama menyebabkan minyak bumi menjadi terbatas sehingga manusia harus bijak dalam memanfaatkan minyak bumi.

 

  • Logam mulia, mengapa logam mulia termasuk ke dalam sumber daya alam yang akan habis? Karena logam mulia sangat sulit untuk di dapatkan dan memiliki sifat langka. Logam mulia juga sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai bahan perhiasan, alat tukar, uang, pelapis bahan karat dan lain-lain. Adapun contoh dari logam mulia adalah emas, platina, perak dan tembaga. Manusia juga harus bijak dalam memanfaatkan logam mulia, karena keterbatasannya logam mulia ini juga memiliki harga yang relatif mahal karena berharga dan bisa di jadikan alat pembayaran.

 

  • Bahan mineral merupakan bahan yang di dapat dari hasil pertambangan. Bahan mineral ini sangat berguna bagi kehidupan manusia dan merupaka sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang paling utama. Adapun manfaat yang bisa di dapat dari bahan mineral ini adalah sebagai bahan bangunan, peralatan rumah tangga dan kantor, bahan baku produksi dan lain-lain. Bahan yang termasuk ke dalam golongan ini adalah besi, fosfat, alumunium, timah, nikel, belerang dan lain-lain.

 

  • Gas bumi, berguna sebagai pembangkit listrik dan bahan bakar penggerak mesin. Gas bumi ini berasal dari minyak bumi dan ketersediannya terbatas. Manusia pun harus bijak dalam pemakaian gas bumi atau mencari bahan alternatif lain untuk menggantinya.
Baca Juga :  Fungsi Lambung – Meliputi Bagian Dan Strukturnya

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini sangat terbatas jumlahnya dan manusia harus bijak dalam memanfaatkannya agar tidak cepat habis. Biasanya manusia akan mengganti sumber daya alam yang terbatas ini dengan bahan lain yang ketersediaannya lebih banyak, seperti gas alam yang dipakai untuk bahan bakar dirumah bisa diganti dengan biofuel atau bahan bakar nabati. Biofuel ini disebut juga sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan.

Nah, itu dia pembahasan mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Metabolisme Protein – Pengertian Dan Proses Terjadinya Pada Tubuh

Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan Dan Fungsinya