Sumber Daya Alam yang Dapat Di Perbaharui

Posted on

Sumber Daya Alam yang Dapat Di Perbaharui

Bumi yang kaya akan segala isinya, alam, makhluk hidup dan makhluk tak hidup mengisi bumi. Bisa dibilang saat ini bumi menjadi satu-satunya planet di tata surya kita yang memiliki kehidupan atau dapat ditinggali.

Kehidupan di bumi sendiri di bagi menjadi 2 bagian yaitu kehidupan di darat dan kehidupan di laut. Setiap bagian dari kehidupan yang ada di bumi memiliki keberagaman makhluk hidup dan makhluk tak hidup, juga komponen-komponen yang mendukung berjalannya kehidupan itu sendiri.

Di lihat dari paduan katanya saja bisa dilihat bahwa Sumber Daya Alam adalah sesuatu yang berasal dari alam yang bisa di manfaatkan oleh manusia atau makhluk hidup itu sendiri.

Terdapat dua jenis sumber daya alam yang ada di bumi ini, yakni yang bisa diperbarui dan yang tidak bisa diperbarui.

 

Pengertian Sumber Daya Alam yang Mudah Diperbarui

Untuk sumber daya alam yang mudah diperbarui ini sendiri merupakan sebuah hasil alam yang prosesnya berasal dari cara alami dan proses tersebut masih terjadi hingga saat ini.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini merupakan sumber daya yang bisa digunakan secara terus menerus dan tidak akan habis juga memiliki pengganti dan dapat di daur ulang atau dihasilkan kembali. Biasanya sumber daya alam tersebut biasa kita gunakan sebagai sumber dari energi alternatif ataupun kebutuhan lainnya.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Telapak Tangan

 

Jenis Sumber Daya Alam yang Mudah Di Perbaharui

Terdapat dua jenis untuk sumber daya alam yang mudah diperbarui, berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai kedua jenis tersebut :

  • Sumber daya alam Regeneratif

Sumber daya alam regeneratif adalah sumber daya yang memiliki kemampuan regenerasi yang cepat daripada pemakaiannya, oleh sebab itu sumber daya alam yang termasuk dalam jenis ini tidak akan habis dan akan terus bertambah banyak seiring dengan berjalannya waktu.

  • Sumber daya alam siklis

Sumber daya alam jenis ini tidak akan habis jika sering digunakan namun manfaatnya akan berkurang, sumber daya jenis ini biasanya mengalami suatu siklus dalam memperbaharui sumber daya alam itu sendiri. Contohnya seperti air, walaupun jumlahnya tidak bertambah namun selalu digunakan dalam kehidupan karena air mengalami siklusnya sendiri.

 

Contoh Sumber Daya Alam yang Mudah Di Perbaharui

Pastinya sudah tahu jika sumber daya alam sangat penting bagi kehidupan khususnya sumber daya alam yang mudah diperbarui, ada pun contoh yang termasuk dalam sumber daya alam yang mudah diperbarui adalah sebagai berikut :

  1. Sinar matahari

Matahari menjadi contoh sumber daya alam yang mudah diperbarui yang dengan mudah ditemukan di depan kita. Matahari sendiri merupakan pusat dari tata surya dan sinarnya berguna untuk kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi.

  1. Air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat berperan penting dalam kehidupan, tanpa air kehidupan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Air juga biasanya dimanfaatkan manusia sebagai sumber pembangkit listrik.

  1. Tanah

Memiliki jumlah yang banyak dan mudah diperbarui tanah juga termasuk dalam sumber daya alam tak terbatas yang mudah untuk diperbarui. Tanah biasanya dimanfaatkan sebagai media untuk perkebunan dll. Bahkan, di sebagian tempat di Indonesia, tanah menjadi bahan substitusi untuk menggoreng kerupuk.

  1. Angin

Angin merupakan udara yang bergerak dan berguna bagi kehidupan di bumi. Angin juga biasanya dijadikan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik dan memiliki kuantitas yang tak terhingga.

  1. Tanaman atau Tumbuhan

Dapat berkembang biak dengan mudah membuat tumbuhan atau tanaman menjadi sumber daya alam yang tidak terbatas karena sangat mudah untuk diperbarui. Tumbuhan juga menunjang kehidupan manusia dan merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di alam.

  1. Hewan

Hewan bisa bermanfaat sebagai sumber makanan untuk manusia maupun sebagai makhluk hidup yang bisa membantu pekerjaan manusia. Hewan dibagi menjadi hewan yang hidup di darat dan hewan yang hidup di air.

  1. Ombak

  2. Pasang dan surut air laut

  3. Biomassa

  4. Geotermal

  5. Energi nuklir

 

Baca Juga :  Dataran Rendah – Ciri Ciri, Manfaat, Contoh Beserta Gambar

Kendala Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui

Meskipun memiliki kuantitas yang tak terhingga, sumber daya alam jenis ini juga memiliki kendala yang mengakibatkan adanya perubahan atau mengancam keberadaan sumber daya alam itu sendiri, seperti :

  1. Penangkapan ikan berlebihan
  2. Pencemaran lingkungan
  3. Kepunahan spesies
  4. Kebakaran hutan

Jadi, kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian dari sumber daya alam yang ada di sekitar. Karena, jika salah satu sumber daya alam terganggu maka kehidupan pun akan terganggu.

Meskipun sumber daya alam yang dapat diperbarui tidak akan mudah habis tapi kita harus tetap menjaga penggunaannya ya. Semoga pembahasan di atas dapat menjadi bahan belajar yang asyik, sampai jumpa.

Artikel Lainnya :

  1. Sumber Daya Alam
  2. Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat
  3. Siklus Air – Pengertian dan Proses Terjadinya