Sumber Daya Alam Adalah

Posted on

Sumber Daya Alam Adalah

Ekosistem.co.id – Pastinya kalian sudah tahu jika alam telah menyediakan banyak sekali sumber kehidupan bagi manusia seperti makanan, minuman dan masih banyak yang lainnya dan bisa didapatkan dengan mudah dari pemanfaatan alam di sekitar kita, yang biasa disebut dengan sumber daya alam. Lalu memangnya apa sih, sumber daya alam ini?

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam atau natural resources merupakan segala sesuatu yang bersumber dari alam dan dimanfaatkan untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga keberlangsungan hidup manusia yang ada di bumi. Definisi lain mengatakan jika sumber daya alam merupakan semua bahan mau pun zat seperti mineral, hutan, air dan juga tanah yang subur yang terdapat di alam dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mau pun dimanfaatkan untuk memberikan keuntungan ekonomi bagi manusia.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber dan juga penggunaannya. Berikut ini adalah jenis – jenis dari sumber daya alam.

A. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sumbernya

Jika berdasarkan sumbernya, SDA bisa dibagi menjadi dua jenis yakni biotic dan abiotik, berikut ini penjelasannya:

  1. Sumber Daya Alam Biotik Atau Hayati

Sumber daya alam biotic atau hayati adalah sumber daya alam yang bersumber dari mahkluk hidup yang ada di alam, seperti: tumbuh – tumbuhan, hewan, dan juga mikro organisme.

  1. Sumber Daya Alam Abiotik Atau Hayati

Sumber daya alam abiotik atau non hayati adalah sumber daya alam yang sumbernya berasal dari benda mati atau unsur – unsur alam yang tak mempunyai nyawa seperti air, tanah, udara, sinar matahari, mineral, batuan, bahan tambang dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :  Perbedaan Membran Sel Dan Dinding Sel Terlengkap

B. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Jika berdasarkan sifatnya sumber daya alam bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni, sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui. Berikut ini penjelasannya.

  1. Sumber Daya Alam Yang Bisa Diperbaharui Atau Renewable

Sumber daya ini merupakan sumber daya alam yang bisa digunakan secara berulang – ulang dan tak akan pernah habis, akan tetapi meski begitu sumber daya ala mini membutuhkan pelestarian agar bisa digunakan secara terus menerus. Contoh dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui ini seperti air, tumbuhan, hewan, tanah dan energi matahari.

  1. Sumber Daya Alam Yang Tak Bisa Diperbaharui Atau Non Renewable

Jenis sumber daya alam ini merupakan jenis sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena tak bisa diperbaharui dan akan habis jika kita tidak bijak dalam menggunakannya. Sumber daya alam ini sering disebut dengan sumber daya alam fosil, contohnya seperti batu bara, logam, minyak bumi, dan bahan tambang lainnya.

C. Sumber Daya Alam Berdasarkan Kegunaannya

Jika berdasarkan kegunaannya sumber daya alam dibagi menjadi dua bagian yakni sumber daya alam penghasil energi dan sumber daya alam penghasil bahan baku.

  1. Sumber Daya Alam Penghasil Energi

Sumber daya alam ini adalah sumber daya yang menghasilkan energi dan sangat dibutuhkan oleh manusia seperti, sinar matahari, air, udara, gas bumi dan ombak laut.

  1. Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku

Sumber daya alam ini adalah sumber daya yang bisa digunakan untuk menghasilkan suatu barang atau benda yang mempunyai nilai jual atau guna, contohnya seperti, hasil pertanian, hasil hutan dan barang tambang.

Manfaat Sumber Daya Alam

Baca Juga :  Sistem Reproduksi Manusia - Pada Pria Dan Wanita

Sumber daya alam memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan, bayangkan saja jika tak ada sumber daya alam maka manusia akan sulit bertahan hidup di planet bumi ini. Berikut ini adalah manfaat dari sumber daya alam bagi keberlangsungan hidup manusia:

  1. Sumber daya alam sebagai sumber makanan yang memberikan bahan makanan bagi manusia yang hidup di bumi dengan memanfaatkan hewan dan tumbuhan.
  2. Sumber daya alam juga memberikan manusia energi untuk mempermudah aktiftas sehari – hari dengan memanfaatkan energi matahari yang diubah menjadi energi listrik.
  3. Sumber daya alam juga tak hanya memiliki fungsi penting bagi keberlangsungan hidup manusia akan tetapi juga memiliki manfaat untuk menunjang keseimbangan alam.

Itu lah tadi penjelasan mengenai sumber daya alam, semoga dari ulasan yang sudah diberikan di atas bisa memberikan kalian semua pengetahuan baru dan menambah ilmu pengetahuan anda. Jangan lewatkan pembahasan pada artikel berikutnya ya.

Artikel Lainnya:

  1. Tumbuhan Porang
  2. Manfaat Energi Matahari – Bagi Hewan, Tumbuhan Dan Manusia
  3. Bagian Mata Beserta Fungsinya