Struktur Daun – Fungsi, dan Dilengkapi Gambarnya

Posted on

Struktur Daun – Fungsi, dan Dilengkapi Gambarnya

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang  ada di bumi ini. Tumbuhan bergerak  lebih pasif jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan atau manusia. Gerak tumbuhan dikatakan pasif karena tumbuhan tidak berpindah tempat. Gerak tumbuhan hanya tumbuh dan berkembang dan juga ketika ada orang yang menggerakkan saja. Tumbuhan terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu akar, batang, daun, dan buah. Semua bagian tumbuhan sangat penting dan memiliki peranan masing-masing. Pada kesempatan kali ini  kita akan membahas tentang daun. Daun sangat penting bagi kehidupan ini, karena daun menjadi tempat terjadinya proses fotosintesis. Sebagaimana kita ketahui bahwa proses fotosintesis bisa menghasilkan oksigen yang sangat penting untuk kehidupan di dunia. Apabila tidak ada daun-daun hijau di dunia ini, pasti kehidupan di bumi akan lenyap karena kekurangan oksigen. Nah, berikut ini penjelasan mengenai  struktur daun dan fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan kita.

 

Struktur Daun

Daun merupakan organ tumbuhan yang paling banyak memiliki variasi bila dibandingkan dengan organ-organ tumbuhan yang lain. Secara garis besar, struktur daun dibedakan menjadi dua, yaitu struktur bagian luar dan struktur bagian dalam. Berikut ulasan lengkapnya.

Struktur Daun Bagian Luar

Struktur daun bagian luar memiliki tiga bagian, yaitu helai daun (lamina), tangkai daun (petiolus), dan pelepah daun (folius). Sebuah daun dapat dikatakan sebagai daun sempurna jika daun tersebut memiliki 3 bagian yang telah disebutkan di atas secara lengkap. Berikut penjelasan tentang tiga bagian tersebut.

a.Helai Daun (Lamina)

Baca Juga :  Poaceae – Penjelasan Beserta ContohnyaPoaceae

Helai daun sangat penting karena menjadi tempat terjadinya proses fotosintesis. Helai daun ada yang berbentuk tipis dan ada yang berbentuk tebal.

b.Tangkai Daun (Petiolus)

Tangkai daun berperan sebagai penopang helai daun (lamina). Tangkai daun merupakan struktur daun bagian luar yang menempel pada batang. Namun, tidak semua tumbuhan memiliki tangkai daun, misalnya rumput.

c.Pelepah Daun (Folius)

Pelepah daun memiliki tugas untuk mendudukkan daun pada batang atau pijakan daun terhadap batang tumbuhan.

Struktur Daun Bagian Dalam

Setelah kita mengetahi struktur daun bagian luar, maka selanjutnya kita akan melihat struktur daun bagian dalamnya. Berikut usalannya lengkapnya.

a.Epidermis

Epidermis merupakan lapisan daun yang paling luar atau terletak pada bagian permukaan yang ada di atas daun. Epidermis dibagi menjadi dua, yaitu epidermis atas dan epidermis bawah. Epiermis berfungsi sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya.

b.Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil terletak di bagian tengah antara epidermis atas dan epidermis bawah. Jaringan ini tersusun dari beberapa sel parenkim. Sel-sel parenkim tersebut membentuk menjadi dua macam jaringan, yaitu jaringan parenkim palisade yang disebut juga parenkim pagar karena tersusun rapat berjajar dan jaringan parenkim bunga karang (sponge) yang berbentuk cuping dengan banyak ruang antar sel. Pada jaringan parenkim palisade terdapat banyak kloroplas yang berguna untuk proses pembuatan makanan, sedangkan jaringan bunga karang (sponge) berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

c.Berkas Pembuluh Angkut

Berkas Pembuluh angkut ini tersusun menjadi dua macam pembuluh, yaitu Xilem atau pembuluh kayu dan Floem atau pembuluh tapis. Xilem atau pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara tanah yang diserap oleh akar untuk diangkut menuju ke daun, Selain itu, Xilem juga fungsi sebagai jaringan penguat bagi pertumbuhan tanaman sehingga tanaman dapat berdiri dengan tegak. Sedangkan Floem atau pembuluh tapis berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan.

Baca Juga :  Bakteri – Penjelasan, Dalam Ekosistem Berperan Sebagai?

 

Fungsi Daun

Fungsi utama daun adalah sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis, yaitu tumbuhan melakukan pembentukan zat makanan atau karbohidrat dari bahan anorganik seperti air dan karbondioksida dengan bantuan cahaya matahari. Selain sebagai tempat fotosintesis ternyata tumbuhan juga memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya, yaitu sebagai organ pernapasan, tempat transpirasi, tempat terjadinya gutasi, alat reproduksi vegetatif, dan sebagai alat respirasi.

 

Daun memang memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuhan, daun sendiri memiliki struktur yang memiliki fungsi bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Tak jarang kesehatan tumbuhan dilihat dari daun yang dimiliki. Semakin banyak daun hijau yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut maka semakin sehat tumbuhan, begitu pula dengan tumbuhan yang memiliki daun yang jarang atau malah memiliki daun yang kering maka sering dianggap sebagai tumbuhan yang kurang sehat sehingga membutuhkan penanganan agar tumbuhan tersebut mati karena jika tumbuhan tersebut telah memiliki ciri-ciri daun kering dan jarang serta batang tumbuhan yang juga kering maka besar kemungkinan tumbuhan tersebut akan mati dalam waktu dekat.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang struktur daun dan fungsinya, semoga apa yang sampakan dalam artikel ini dapat memberikan manfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Lainnya :