Struktur Daun – Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar

Posted on

Struktur Daun – Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai materi struktur daun, mulai dari penjelasan lengkapnya yang disertai dengan gambarnya, khusus untuk sahabat biologi semua.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, simak di bawah ini ya!

Pengertian Daun

Daun merupakan salah satu organ pokok dari tumbuhan yang letaknya berada di batang. Daun sendiri memiliki bentuk yang tipis melebar dan kaya akan kandungan zat klorofil, maka dari itu daun sendiri memiliki warna hijau khas klorofil.

Daun memiliki beberapa fungsi di antaranya :

  1. Sebagai resorbsi atau mengambil zat makanan
  2. Sebagai asimilasi atau mengolah zat makanan
  3. Sebagai transpirasi atau penguapan air
  4. Sebagai respirasi atau pernafasan.

Struktur Daun

Daun memiliki bagian – bagian yang terstruktur antara lain :

Pada bagian – bagian daun terbagi menjadi  2 struktur , yang pertama berdasarkan struktur bagian luar dan yang kedua berdasarkan struktur bagian dalam. Struktur bagian luar adalah bagian bagian yang terlihat dengan mata secara langsung, seperti helai daun, tangkai daun atau pelepahnya. Sedangkan struktur bagian dalam dari daun adalah bagian daun yang terdapat dari dalam daun itu sendiri.

Berikut ini penjelasannya :

Berdasarkan Struktur Bagian Luar

Daun dapat dikatakan daun sempurna jika daun tersebut memiliki 3 komponen diantaranya :

Helai daun atau dikenal dengan Lamina

Helai daun (Lamina) adalah bagian yang paling utama pada tumbuhan khususnya daun. Di bagian ini terjadi proses fotosintesis, yaitu dimana air dan mineral diolah supaya mendapatkan nutrisi yang akan digunakan pada tumbuhan itu sendiri. Ukuran dan bentuk helai daun disetiap jenis tumbuhan berbeda – beda.

Baca Juga :  Manfaat Energi Matahari – Bagi Hewan, Tumbuhan Dan Manusia

Tangkai Daun atau dikenal petioles

Tangkai daun adalah bagian yang menempel pada helai daun. Terdapat tumbuhan yang tidak memiliki tangkai daun . contohnya adalah  rumput .

Pelepah Daun atau dikenal folius

Pelepah daun memiliki fungsi untuk menempatkan daun pada batangnya.  Di bagian daun ada yang dinamakan ketiak daun. Ketiak daun merupakan tambahan organ  bagian kanan kiri pelepah daun. Pada ketiak daun terdapat sebuah pucuk yang akan berkembang  menjadi tunas cabang batang

Pelepah daun berfungsi untuk memposisikan daun pada batangnya. Pada beberapa jenis tumbuhan, pelepah daun memiliki tambahan organ dibagian kanan dan kirinya. Bagian ini biasa disebut ketiak daun. Pada ketiak daun sendiri terdapat pucuk yang akan berkembang menjadi tunas cabang batang.

 

Berdasarkan Struktur bagian Dalam

Struktur bagian dalam daun terdapat jaringan – jaringan yang bekerja pada daun . jaringan – jaringan tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat macam yaitu, epidermis, jaringan mesofil, jaringan spons dan berkas pembuluh angkut.

Nah, berikut penjelasannya :

Epidermis

Yang dimaksud jaringan epidermis adalah jaringan yang selnya berlapis satu yang bagian dindingnya mengalami sebuah penebalan dibagian lignin.  Di dalam jaringan ini memiliki stomata. Stomata memiliki fungsi sebagai jalan masuk karbondioksida dan jalan keluarnya oksigen. Di dalam tumbuhan, stomata memiliki letak yang berbeda beda, ada yang terletak di lapisan atas, lapisan bawah dan ada juga yang terletak di atas dan dibawah helai daun.

Jaringan Mesofil

Jaringan ini tersusun oleh sel sel parenkim. Di jaringan mesofil , sel sel parenkim tersusun sangat longgar , dan ruang antar sel sangatlah luas.

Jaringan spons

Jaringan spons memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan , didalam jaringan ini terdapat susunan spons yang mirip dengan bunga karang. Oleh karena itu, jaringan spons biasa disebut dengan jaringan bunga karang. Jaringan spons memiliki sel yang tersusun sangat longgar dibandingkan jaringan palisade.

Baca Juga :  Fungsi Nukleus – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Berkas Pembuluh Angkut

Berkas pembuluh angkut memiliki fungsi sebagai alat transportasi air dan mineral yang diambil dari dalam tanah kemudian disalurkan kedalam tumbuhan tersebut. Kemudian terjadilah proses fotosintesis. berkas pembuluh angkut ini terdapat pada bagian batang, akar dan tulang daunnya.

 

Nah, jadi sekarang sahabat biologi sudah tahu kan, apa saja struktur daun dan penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, selamat belajar ya!

Artikel Lainnya :

Bunga Mawar – Cara, Teknik Menanam Dan Merawatnya

Biji – Bagian, Fungsi, Pengertian, Dan Gambarnya

Otot Lurik – Cara Kerja Bentuk Beserta Gambarnya