Sssinstagram, Download Video + Foto Instagram dengan Online

Posted on

Saat ini Instagram menjadi salah satu aplikasi seluler super populer terutama di kalangan anak muda kreatif yang menyukai fotografi dan videografi. Serupa tapi tak sama, ada situs online yang bernama sssinstagram, yang tentunya berhubungan erat dengan Instagram namun memiliki fungsi yang berbeda.

Instagram pertama kali rilis pada Oktober 2010 di iPhone dan mulai bisa digunakan oleh pengguna Android pada April 2012 yang bersamaan dengan ini pihak Facebook mengakuisinya. Sedangkan sssinstagram baru muncul pada sekitar tahun 2018 dan baru populer akhir-akhir ini.

Apa Itu Sssinstagram?

Apa-Itu-Sssinstagram

Selain memungkinkan para pengguna untuk berbagi gambar dan video kepada teman-teman online, Instagram juga dilengkapi dengan sederet filter keren dan tools pengeditan sederhana untuk membuat foto atau video menjadi lebih aesthetic.

Instagram dilengkapi dengan kolom komentar dan fitur like yang bisa membuat pengguna saling memberikan komentar dan tanda suka pada postingan orang-orang yang di follow.

Instagram juga memiliki fitur stories yang memungkinkan pengguna untuk memposting video serta foto dalam satu rangkaian, namun konten akan hilang otomatis setelah 24 jam pasca diposting. Agar konten pada stories bisa permanen, pengguna perlu memasukkannya ke highlights

Bukan itu saja, aplikasi super populer ini juga menawarkan IGTV dan Reels. IGTV adalah fitur untuk memposting video berdurasi panjang dan Reels untuk video pendek seperti di TikTok.

Nah, fungsi dari sssinstagram adalah membantu pengguna untuk mendownload video, foto, instastory, reel, dan bahkan IGTV milik pengguna Instagram lain ke perangkat masing-masing.

Jika menggunakan Instagram saja, fitur downloadnya tidak ada, bukan? Karena itu, banyak pihak ketiga yang akhirnya berlomba-lomba dalam menciptakan aplikasi dan situs downloader khusus instagram seperti salah satunya sssinstagram tadi, yang menyediakan tiga fitur berikut untuk para pengguna:

  • Download foto / gambar
  • Download video
  • Download 10 gambar sekaligus (misalnya dalam stories)

Nantinya, konten video, foto, atau lainnya yang sudah di download menggunakan sssinstagram bisa di post ulang ke akun Instagram Anda, ke media sosial lain, bagikan ke beberapa teman saja via chat, atau sekedar untuk disimpan sebagai koleksi pribadi atau referensi membuat konten.

Cara Menggunakan Sssinstagram

Jika ingin menyimpan konten dari Instagram ke smartphone dengan mudah, gunakan sssinstagram hanya dalam beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram dari smartphone dan temukan / cari konten yang ingin di download (foto / video).
  • Jika konten tersebut berupa foto / gambar, maka klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas foto dan pilih opsi Copy Link.Tapi jika kontennya ada di Reels misal, maka ikon tiga titik ada di sisi kanan video agak bawah.
  • Setelah copy link sekarang buka browser dari perangkat dan buka https://sssinstagram.com/.
  • Masukkan / paste link tadi ke kolom yang sudah disediakan situs, lalu klik tombol Download warna kuning yang ada di sebelah kanan kolom.

Masukkan-paste-link-tadi-ke-kolom-yang-sudah-disediakan-situs

  • Setelah beberapa detik, situs akan menampilkan opsi ukuran download. Misalnya konten tersebut adalah foto, maka opsi ukurannya mulai dari 640 x 640, 750 x 750, hingga 1080 x 1080.
  • Anda hanya perlu klik tombol Download yang ada di sebelah kiri dari salah satu opsi di atas tadi dan konten Instagram akan tersimpan otomatis ke perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Sssinstagram

Kelebihan-dan-Kekurangan-Sssinstagram

Situs online ini cukup banyak direkomendasikan karena sejumlah alasan berikut:

1. Aman untuk Pengguna

Situs ini tidak meminta pengguna untuk mendaftar akun sama sekali, jadi tidak perlu memasukkan data atau informasi pribadi apapun ke situs.

Selain itu situs juga tidak menyimpan history link dari konten yang di download atau detail perangkat pengguna ke server situs karena data dan history akan terhapus otomatis, sehingga situs ini benar-benar aman digunakan.

Baca Juga :  Video Bokeh Museum

2. Proses Kurang dari 1 Menit

Hanya membutuhkan hitungan detik untuk situs memproses link dari konten yang ditempelkan ke kolom URL tadi, dan butuh hitungan detik juga untuk mendownloadnya ke perangkat.

Secara keseluruhan, total waktunya bahkan tidak sampai 1 menit, namun dengan catatan koneksi internet yang digunakan mumpuni ya (tidak lemot).

3. UI Ramah Pengguna

User Interface (UI) dari situs ini termasuk ramah pengguna karena tampilannya sangat sederhana. Informasi situs sangat padat dan situs tidak memasukkan hal lain apapun yang tidak perlu.

Pada tampilan beranda, kolom URL diposisikan di bagian paling atas, dan di bawahnya ada informasi fitur agar pengguna tahu apa manfaat dari situs ini. Jadi tidak ada informasi berlebihan untuk mempromosikan situs ini, tidak ada gambar yang ramai ataupun deretan menu yang banyak.

4. Mudah Diakses

Karena berbasis website, sssinstagram bisa diakses dari browser apa saja termasuk Opera, Chrome, Internet Explorer, Safari, Microsoft Edge, Mozilla, dan lainnya.

Perangkat yang digunakan juga bisa apa saja mulai dari Android berbagai merk dan tipe, PC, laptop, macBook, iOS, dan lainnya asal ada koneksi ke internet.

5. 100% Gratis!

Poin inilah yang menjadi kelebihan paling menggiurkan untuk warga digital. Kapan lagi bisa mendownload berbagai konten menarik di Instagram dengan situs yang user friendly dan berkualitas seperti sssinstagram.

6. Download Unlimited

Meski gratisan, namun pengguna bisa menggunakan sssinstagram sepuasnya bahkan jika ingin mendownload ratusan foto atau video juga bisa karena tidak ada batasan download sama sekali alias unlimited.

7. Kualitas Download Tinggi

Tidak seperti situs dan aplikasi downloader gratisan lain, sssinstagram rupanya sangat mengutamakan kepuasan para pengguna, karena hal ini terlihat jelas dari kualitas download yang ditawarkan serta dengan full HD, baik untuk foto maupun video.

Jadi selama proses kompresi, situs tidak mengurangi kualitas dari konten asli sama sekali. Jika kualitas foto atau video asli memang sudah bagus, maka hasil download juga bagus. Begitu juga sebaliknya.

8. Dilengkapi Tutorial Singkat

Jika panduan download di atas tadi kurang bisa dipahami misal, maka situs sssinstagram juga menyediakan tutorial download untuk foto dan video yang mudah dipahami, namun sayangnya dalam tampilan bahasa Inggris.

Jika Anda membuka situs ini dari browser laptop, maka bisa terjemahkan dulu teksnya ke bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti.

9. Dilengkapi Sampel Link

Situs ini bisa dibilang benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan para pengguna. Biasanya, kebanyakan pengguna akan membutuhkan contoh link saat pertama kali menemukan situs atau aplikasi downloader baru.

Nah, sssinstagram sudah menyertakan sampel link tepat di bawah kolom URL. Jadi untuk sekedar mencoba atau ingin mengetahui seperti apa kualitas downloadnya, Anda bisa copy sampel link untuk dimasukkan ke URL kolom.

10. Bebas Iklan

Tampilan situs benar-benar bersih dari iklan, bahkan satupun iklan tidak ada, sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan sangat leluasa dan nyaman tanpa khawatir salah klik iklan dan malah beralih ke halaman iklan atau otomatis mendownload iklan yang mengandung virus.

Meski sekilas terlihat sempurna, namun sssinstagram rupanya juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini:

  • Jika terdapat watermark pada foto atau video asli, maka watermark akan tetap ada setelah file di download.
  • Situs bisa mendownload 10 foto sekaligus namun untuk file video harus di download satu per satu.
  • Tidak bisa digunakan untuk membuka akun Instagram yang bersifat private.
  • Tidak bisa mendownload konten video yang kualitas aslinya sangat tinggi dan / atau ukurannya sangat besar (misal durasi video berjam-jam).
Baca Juga :  Vitamin D – Beragam Sumber dan Manfaatnya

Opsi Downloader Lain untuk Instagram

Selain menggunakan sssinstagram, Anda juga bisa download konten dari Instagram secara gratis dan mudah dengan salah satu dari lima downloader berikut ini:

1. SnapInsta

SnapInsta

SnapInsta adalah downloader online sama seperti sssinstagram. Situs ini bisa diakses dari perangkat dan browser apa saja secara gratis dan tanpa perlu membuat akun. Tidak ada batasan untuk menggunakan situs ini alias unlimited download.

Selain dalam bentuk situs web, SnapInsta juga tersedia sebagai aplikasi yang bisa di download dari Play Store namun hingga saat ini belum tersedia di App Store. Versi aplikasinya tersedia gratis 100% dan bisa digunakan dengan atau tanpa membuat akun.

Saat menggunakan versi aplikasi, pengguna tidak perlu login ke akun Instagram via aplikasi ini, namun cukup memasukkan URL dari konten yang ingin di download dari Instagram.

Konten tersebut bisa berupa video, foto, reels, stories, dan IGTV. Cara menggunakan situs ini sangat mirip dengan sssinstagram, yaitu dengan copy link dan paste ke kolom yang ada di https://snapinsta.app/id, lalu klik tombol Download yang muncul setelah proses kompresi selesai.

Kelebihan lain dari situs SnapInsta adalah memiliki antarmuka bersih dan rapi dengan tema warna yang mirip seperti Instagram. Ada iklan yang muncul namun hanya satu dan tidak mengganggu sama sekali karena tidak menutup informasi apapun dari situs.

2. Dredown

Dredown

Dredown  adalah alat berbasis web yang selain bisa digunakan untuk mendownload video dari Instagram juga bisa mendownload video dari platform lain seperti YouTube, Facebook, Keek, Twitter, Twitch, Vine, Vimeo, Metaface, Vevo, dan Tumblr.

Dredown tersedia gratis tanpa perlu membuat akun dan tidak ada batasan download. Namun, ada beberapa kekurangan dari Dredown, yaitu:

  • Situs menampilkan iklan yang menutup informasi situs, meskipun jumlahnya tidak banyak. Agar bisa membaca informasi situs sepenuhnya, pengguna harus menghilangkan iklan dengan klik tanda X.
  • Setelah ditutup, iklan hanya akan hilang dalam beberapa detik, dan setelahnya akan muncul lagi secara otomatis dan terus menerus.
  • Situs hanya bisa digunakan untuk mendownload konten berupa video dan bukan foto / gambar.

Adapun cara menggunakan Dredown untuk mendownload video dari Instagram atau platform lain adalah:

  • Copy link video yang ingin di download.
  • Buka https://www.dredown.com/ dari browser apa saja.
  • Pada tampilan home, klik menu Instagram dan situs akan membuka halaman baru.
  • Paste link video tadi ke kolom URL dan tekan Tunggu beberapa saat dan tombol Download yang bisa di klik akan muncul.

3. QuickSave

QuickSave

QuickSave tersedia dalam bentuk aplikasi gratis yang bisa ditemukan di Google Play Store, jadi untuk pengguna iPhone belum bisa menggunakannya.

Selain bisa mendownload konten, QuickSave juga menyediakan fitur share dan repost. Cara menggunakan QuickSave untuk mendownload foto atau video adalah:

  • Download QuickSave dari
  • Buka Instagram dan temukan video atau foto yang ingin di download.
  • Copy link video atau foto dan buka QuickSave.
  • Masukkan link ke kolom yang ada di QuickSave dan pilih opsi
  • Jika sudah terdownload, aplikasi akan memberikan pop-up bertuliskan Save video successfully!

4. InsTake Downloader

InsTake-Downloader

Mirip dengan daftar sebelumnya, InsTake Downloader hanya tersedia dalam bentuk aplikasi dan bukan web browser. Namun kali ini aplikasinya bisa digunakan oleh semua smartphone, baik Android maupun iOS.

InsTake bisa digunakan untuk mendownload konten apapun di Instagram mulai dari foto, video, stories, reels, hingga IGTV, namun harus mendaftar akun terlebih dulu. Cara menggunakannya sama persis seperti langkah-langkah sebelumnya, yaitu copy dan paste link.

Baca Juga :  Percobaan Ingenhousz - Pengertian, Tokoh Penemu, Dan Gambar

Sedangkan untuk link download dari aplikasi ini bisa klik di sini untuk Android, dan klik di sini untuk pengguna iPhone. Baik di Android ataupun iPhone, aplikasi ini bisa diakses secara gratis namun tersedia opsi pembelian seharga $0,99 untuk VIP satu bulan, dan $4,99 untuk VIP seumur hidup.

Kelebihan dari akun versi VIP adalah tidak muncul iklan dan tidak ada batasan download harian, jadi bisa download sebanyak apapun.

5. FastSave for Instagram

FastSave-for-Instagram

Download Instagram yang satu ini cukup berbeda dari beberapa daftar sebelumnya karena selain tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa di download dari Google Play juga tersedia sebagai extension browser namun khusus untuk Google Chrome.

FastSave for Instagram menawarkan kualitas HD untuk download foto dan video secara gratis dan dengan kecepatan download mumpuni (asal koneksi internet lancar). Klik di sini jika ingin mendownload versi aplikasi, dan klik di sini untuk menggunakannya sebagai extension.

Baik sebagai extention atau aplikasi, cara menggunakannya tetap sama seperti cara-cara sebelumnya yaitu dengan copy paste link foto / video dari Instagram dan masukkan ke kolom URL lalu klik tombol Download yang muncul.

6. DownloadGram

DownloadGram

DownloadGram menawarkan alat berbasis browser online untuk menyimpan video dan gambar dari Instagram hanya dengan satu klik. DownloadGram bisa dibuka dari Mac, Linux, iPhone, iOS, Android, iPad, dan tablet merk apapun dan dari browser apapun.

Situs ini bersih dari iklan dan super ramah pengguna dengan tema antarmuka putih bersih dan posisi kolom URL ada di bagian atas situs, jadi tidak perlu scroll ke bawah. Cara menggunakannya sama seperti sebelumnya dan untuk alamat situs adalah https://downloadgram.org/.

7. SaveFrom

SaveFrom

SaveFrom termasuk salah satu downloader online berbasis browser yang gratis dan tidak hanya kompatibel untuk link konten dari Instagram namun juga dari Twitter, YouTube, TikTok, Vimeo, dan Facebook.

Namun, situs hanya bisa mendownload video, bukan foto. Format video yang ditawarkan MP4 dengan kualitas SD, 2K, HD, 4K, dan Full HD. Cukup copy link dari video yang ingin di download dan masukkan ke kolom yang ada di https://en.savefrom.net/51/.

8. iGram

iGram

Satu lagi downloader khusus Instagram lain yang memiliki antarmuka kekinian seperti Instagram adalah iGram dengan alamat situs https://igram.io/.

Kekurangan situs ini adalah menampilkan iklan di bagian atas situs tepat di bawah kolom tempat URL, yang membuat tampilan situs kurang bersih dan rapi. Namun fitur yang ditawarkan mumpuni karena bisa mendownload semua konten mulai dari foto hingga IGTV.

Sssinstagram merupakan salah satu downloader terbaik untuk mendownload konten dari Instagram. Meski memiliki beberapa kekurangan, namun kelebihannya jauh lebih banyak. Lalu sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan kelima downloader lain dalam daftar di atas.

Referensi :

  1. journal-litbang-rekarta.co.id
  2. rsup-drsitanala.co.id
  3. Youtube Vanced Apk
  4. gta sa lite
  5. social spy whatsapp
  6. aplikasi penghasil uang
  7. domino rp
  8. nekopoi

 

Lihat Juga :