Spesies Adalah – Macam Macam Spesies dan Contohnya

Posted on

Spesies Adalah – Macam Macam Spesies dan Contohnya

Spesies Adalah jenis suatu dari takson yang biasnaya digunakan di dalam taksonomi yang merujuk pada suatu mau pun beberapa kelompok individu atau populasi yang serupa dan bisa saling membuahi antara satu sama lain di dalam kelompoknya yakni dapat saling membagi gen, akan tetapi dengan anggota kelompok yang lain.

Anggota – anggota di dalam suatu spesies ini jika saling kawin maka akan bisa menghasilkan sebuah keturunan yang fertile dan tanpa adanya hambatan reproduktif. Sehingga dapat juga terjadi pada sejumlah kelompok di dalam suatu spesie yang tidak saling berkawin dikarenakan terdapat hambatan yang berasal dari geografis. Akan tetapi jika dipertemukan dan dikawinkan maka akan dapat menghasilkan sebuah keturunan fertile.

Dua spesies yang berbeda jika saling dikawinkan makan akan menghadapi suatu masalah yakni hambatan bilogis contohnya seperti menghasilkan keturunan yang sehat, keturunan ini biasanya akan steril atau pun dapat mandul. Definisi ini sendiri pada beberapa kasus tidak terjadi sehingga muncul masalah masalah pada spesies.

Di dalam kasus kasus yang dijelaskan di atas, ukuran yang sering digunakan untuk menentukan spesies yakni berbeda beda antara satu sama lain, contohnya seperti kesamaan DNA, morfologi atau pun relung ekologi.

Selain itu munculnya ciri khas tertentu yang dapat membagi spesies menjadi takson yang lebih kecil yakni contohnya seperti upaspesies (dalam botani, yang disebut juga dengan varietas, subvarietas, dan formae).

Spesies spesies yang dihipotesiskan memiliki nenek moyang yang sama jika didasarkan dari kesamaan kesanamaan tempat mereka tinggal di dalam satu jenisnya mau pun di dalam genus. Kesamaan spesies ini dinilai berdasarkan dari perbandingan atribut fisik. Misalnya saja tersedia sekuens DNA mereka, semua spesies tersebut diberi nama di dalam dua bagian yang biasa disebut juga dengan “nama binomial”, atau hanya “binomial” saja.

Baca Juga :  Sitoplasma - Definisi, Sifat, Struktur, Fungsi, dan Komponen

Bagian pertama dari binomial adalah nama generik yakni genus yang berasal dari satu spesies tersebut, bagian kedua ini adalah disebut dengan nama spesifik atau istilah yang digunakan hanya dalam zoologi atau pun epitet spesifik yakni istilah yang digunakan di dalam botani yang juga digunakan di dalam zoology.

Contohnya seperti Boa pembelit adalah salah satu dari empat spesie yang berasal dari genus Boa. Nama genus ini dinilai dengan huruf kapital sementara epitel spesifik ini tidak. Binominal ini dituliskan dengan menggunakan huruf miring pada saat dicetak dan digarisbawahi pada saat ditulis dengan menggunakan tulisan tangan.

Macam – Macam Spesies

Tercatat sekitar tahun 2014, di bumi tempat kita tinggal ini memiliki sekitar lebih dari 325.000 spesies tumbuh – tumbuhan, 160.000 spesies mikroorganisme dan juga 1.600.000 spesies hewan.

Jumlah yang tercatat itu pun diperkirakan akan terus bertambah dan berubah ubah seiring berjalannya waktu, karena penelitian yang dilakukan pada makhluk hidup tersebut masih terus dilakukan.

Sehingga berdasarkan dengan angka angka yang terdapat di atas telah dijeskan jika ada banyak sekali macam mau pun jenis spesies yang ada di bumi ini sehingga pada saat kita menghafalkannya, tentu saja akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Begitu pula dengan nama nama spesie syang ada, maka dari itu kamu juga wajib mengetahui bagaimana cara menyebutkan nama ilmiahnya karena jika nama ilmiahnya ditulis dengan menggunakan tangan, maka nama ilmiah tersebut harus digarisbawahi, sedangkan jika nama ilmiah ini diketik maka harus diketik dengan format cetak miring.

Contoh Spesies

Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah contoh spesies :

  1. Temu Putih meliputi temulawak, temu kunci, temung, temu putri, temu hitam, temu giring, parahulu, pacing, lengkuas, lempuyang, lempuyang gajah, kunyit, kencur, jahe, gandasuli, bengle dan bengle hantu.
  2. Keluarga Kucing – Kucingan atau Felideae meliputi singa, cheetah dan harimau.
  3. Palem – Paleman atau Palmae meliputi salak, aren, nipah, kurma, kelapa sawit dan kelapa.
  4. Kacang – Kacangan atau Papilionaceae meliputi kacang hijau, kacang buncis, kacang kapri dan kacang tanah.
  5. Terong – Terongan atau Solanaceae meliputi semangka, melon, terong, tomat, lenca serta cabai.
Baca Juga :  Jenis Hujan - Pengertian Dan Contoh Lengkapnya

 

Jadi sudah tahu kan, jika spesies adalah jenis suatu takson yang digunakan di dalam taksonomi yang merujuk pada suatu mau pun beberapa kelompok individu atau populasi yang serupa dan bisa saling membuahi antara satu sama lain di dalam kelompoknya yakni dapat saling membagi gen, akan tetapi dengan anggota kelompok yang lain. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa pada penjelasan materi biologi yang lainnya.

Artikel Lainnya :

  1. Apa yang dimaksud dengan ekosistem – Komponen Ekosistem, dan Contoh Ekosistem, Beserta Penjelasannya
  2. Proses Fotosintesis – Rumus, Proses Secara Sederhana, dan Proses Secara Lengkap
  3. Fungsi Trakea Pada Hewan Serangga dan Manusia
  4. Anatomi Tubuh Manusia
  5. Manfaat Reboisasi – Pengertian, Tujuan dan Fungsinya