Soal Biologi Kelas 9

Posted on

Soal Biologi Kelas 9

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan soal Biologi kelas 9 yang bisa kamu gunakan sebagai refrensi belajar yang menyenangkan. Biologi sendiri adalah salah satu mata pelajaran yang sekarang sudah dimasukkan ke dalam Ujian Nasional. Sehingga sangat tepat bagi kami kali ini untuk menghadirkan contoh soal materi Biologi khusus untuk kelas 9.

Contoh soal ini pun akan dilengkapi dengan kunci jawaban di akhir artikel yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa jawaban mu ya. Usahakan untuk mengerjakan contoh soal di atas dengan menggunakan usaha sendiri dan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu. Hal ini tentu saja digunakan untuk mengukur pengetahuan sobat di dalam materi Biologi kelas 9.

Dari sini sobat akan tahu, materi mana yang belum sobat kuasai dan materi mana yang sudah sangat sobat kuasai. Nah, tak perlu berlama – lama lagi, langsung saja kita simak contoh soal yang ada di bawah ini yuk!

Soal Biologi Kelas 9

Cobalah untuk mengisi titik titik yang ada di bawah ini, dengan jawaban yang benar ya!

1.) Sebutkan organ reproduksi yang hanya bisa ditemukan pada pria dan tidak ada pada wanita ….

2.) Sebutkan di manakah tempat terjadinya ovulasi ….

3.) Zat yang tidak dipengaruhi faktor keturunan pada makhluk hidup adalah ….

4.) Sebutkan gamet yang terdapat di dalam genotipe MMTt adalah ….

5.) Jika terdapat Nasi Rojolele disilangkan dengan beras IR – 36. dan keturunan dari F1 mempunyai rasio fenotip 1 : 1. maka genotip induknya adalah ….

6.) Coba sebutkan hasil dari empat bunga merah muda atau mm, yang disilangkankan dengan bunga induk yang sama adalah ….

Baca Juga :  Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat

7.) Jika terdapat tomat dengan tipe AABB. Kemudian tomat ini disilangkan dengan tomat tipe AABB. Lalu sebutkan keturunannya akan memiliki genotipe dengan perbandingan ….

8.) Kelinci jantan hitam yang dikawin silangkan dengan kelinci betina berwarna putih akan menghasilkan rambut hitam yang mendominasi pada rambut putih. Trah pertama dari perkawinan ini telah menghasilkan kelinci berbulu hitam. Pada saat anak pertama dari perkawinan silang tersebut dikawinkan lagi dan mempunyai anak berjumlah 16, maka kemungkinan jumlah kelinci yang memiliki rambut hitam adalah ….

9.) Jika tanaman bunga sepatu putih (mm). Yang disilangkan dengan tanaman lain yang merupakan bunga sepatu merah (MM). Maka F1 pink 100% akan diperileh dari perkawinan silang ini, pada saat keturunan pertama F1 disilangkan, maka keturunan keduanya yakni F2 yang dihasilkan akan memiliki perbandinga fenotipe ….

10.) Nasi beras pendek yang disilangkan dengan beras kusut maka hasilnya akan lebih dominan ke beras kisut. Kemudian akan menghasilkan eturunan pertama kasta dan menghasilkan 100% beras pendek. Coba tebak jumlah bulatan bijinya jika anak pertama disilangkan satu sama lain ….   

11.) Jika dilihat dari dua orang yang digenotip RRpp dengan genotip rrPP lain akan menghasilkan keturunan F1. Coba tentukanl genotip F1 nya ….

12. Disebut apakah persilangan yang dilakukan di antara dua individu yang memiliki karakteristik tertentu? ….

13.) Sebutkan gejala yang paling umum terjadi pada pasien penderita gagal ginjal ….

14.) Warna urin yang berubah menjadi kekuningan biasanya disebabkan oleh beberapa zat tertentu yang terkadung di dalamnya, zat apakah itu? ….

15.) Sebutkan nama zat yang dihasilkan dari proses sekresi yang terjadi pada organ hati ….

Baca Juga :  Bunga Asoka – Ciri Ciri, Klasifikasi Dan Manfaatnya

16.) Pada proses reproduksi manusia, terdapat istilah pemupukan sebagian, di manakah proses ini dilangsungkan? ….

17.) Sebutkan nama hormon yang dapat mempengaruhi pembentukan sperma pada pria ….

18.) Penyakit seksual yang disebabkan oleh virus dan dapat menular disebut dengan? ….

19.) Bagi para penderita diabetes meleitus tidak boleh mengkonsumsi pemanis buatan, namun ada pemanis berkalori rendah yang juga bisa ditambahkan ke dalam minuman tidak beralkohol. Disebut zat apakah pemanis buatan ini? ….

20.) Bahan kimia yang apabila digunakan dapat menyebabkan efek samping negatif seperti : kerusakan fungsi organ yang membuat penggunanya menjadi kecanduan hingga menghilangkan kesadaran penggunanya. Disebut apakah bahan kimia ini? ….

Sudahkah kalian mengerjakan semua soal di atas? Pertanyaan mana kah, yang menurut sobat paling sulit? Jika sobat sudah menyelesaikan soal di atas maka sobat bisa langsung memeriksa jawaban yang benar pada kunci jawaban yang sudah kami sediakan di bawah ini, silahkan langsung disimak dan dicocokkan jawaban kamu dengan jawaban yang benar berikut ini.

Kunci Jawaban

1.) testis dan saluran tuba

2.) ovarium

3.) kromosom

4.) MM, Tt

5.) RR x Rr

6.) MM

7.) 9: 3: 3: 1

8.) 4 ekor kelinci

9.) Merah : Merah Muda: Putih = 1: 2: 1

10.) 75%

11.) RRrrPPpp

12.) Monohibrid

13.) urin mengandung glukosa, kaki membengkak hingga merasakan nyeri di pinggang

14.) Urobilin

15.) Amonia

16.) vagina

17.) insulin

18.) Sifilis

19.) sakarin

20.) Narkotika

Dari seluruh soal yang sudah kamu selesaikan, manakah yang paling sulit? Atau semuanya tidak sulit sama sekali karena kamu sudah belajar keras selama ini melalui website kami yang selalu update dalam memberikan materi Biologi yang menarik dan pastinya menyenangkan untuk dijadikan sebagai teman belajar.

Baca Juga :  Proses Peredaran Darah - Urutan, Fungsi, Gambar

Nah, semoga soal Biologi kelas 9 di atas bermanfaat bagi kamu semua ya.

Artikel Lainnya :

·  Soal Biologi Kelas 8

·  Soal Biologi Kelas 7

·  Jumlah Gigi Orang Dewasa