Soal Biologi Kelas 8

Posted on

Soal Biologi Kelas 8

Untuk menemani belajar kamu agar lebih menyenangkan, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan soal Biologi kelas 8. Seperti yang kamu tahu, Biologi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu dari Ilmu Pengetahuan Alam yang digunakan dalam materi pembelajara di sekolah mulai dari sekolah dasar, tingkat pertama hingga tingkat menengah.

Untuk itu, rasanya wajib bagi kamu yang sekarang sedang berada di kelas 8 untuk mencoba soal yang sudah kami siapkan di bawah ini beserta dengan kunci jawabannya.

Tapi pastikan jika kamu menjawab pertanyaan di bawah ini tanpa melihat kunci jawaban ya, untuk mengetahui kemampuan kamu dalam memahami materi yang ada pada mata pelajaran Biologi kelas 8.

Jika kamu sudah mengerjakan semua soal di bawah ini, langsung saja cek kunci jawabannya apakah sudah benar atau masih banyak yang salah. Berikut ini adalah contoh soal yang sudah kami siapkan untuk refrensi belajar menyenangkan bagi kamu semua, selamat mengerjakan!

Soal Biologi Kelas 8

Cobalah untuk mengisi jawaban yang ada di bawah ini dengan benar!

1.) Sebutkan apa kelebihan ASI ( Air Susu Ibu ) yang tidak bisa kamu dapatkan di dalam susu formula yang dijual di pasaran.

2.) Pernapasan payudara dapat menghasilkan kontraksi pada otot otot yang ada di antara tulang rusuk, sehingga hal ini akan membuat iga mengalami kontraksi.

3.) Sebutkan apa nama proses yang terjadi pada volume udara yang tetap berada di paru paru yang sangat keras pada saat telah mengembuskan napas adalah.

4.) Kenapa ketika air kapur dihembuskan maka akan berubah menjadi menjadi keruh?

Baca Juga :  Cara Merawat Telinga – Ciri Ciri Telinga Yang Baik Dan Sehat

5.) “Biarkan keluar dari Anda atau Anda yang akan keluar”, slogan tersebut merupakan slogan anti rokok. Apa arti dari slogan tersebut?

6.) Jelaskan arti proses bernapas dengan singkat dan jelas.

7.) Pada saat proses pernapasan dilangsungkan, selama dalam perjalanan dari hidung untuk menuju ke paru – paru, udara akan mengalami proses apa saja?

8.) Jaringan tanaman terdiri dari berbagai macam organ seperti batang, akarm daun, bunga. Disebut apakah jaringan tersebut?

9.) Parenkim merupakan sebuah jaringan sel hidup berdinding sangat tipis yang memiliki bentuk kubus, apakah fungsi dari parenkim ini?

10.) Epidermis merupakan bagian paling luar yang ada pada tumbuhan, jaringan ini bekerja di bagian paling bawah. Sebutkan fungsi dari epidermis ini.

11.) Sebutkan nama jaringan yang bertugas untuk mengangkut air dari akar menuju ke daun.

12.) Sebutkan faktor yang memberikan pengaruh terhadap naiknya air dari akar menuju ke daun.

13.) Fotosintesis merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh tumbuhan, proses ini sebagian besar terjadi pada jaringan yang bernama?

14.) Kelebihan air di dalam tubuh dapat membuat tubuh menjadi mudah membusuk, hal ini membuat tubuh harus mengeluarkan air berlebihan di dalam tubuh, bagaimanakah cara tubuh menghilangkan air dari dalam tubuh?

15.) Sebutkan nutrisi yang sanggup menghasilkan energi terbaik dan yang paling cepat.

16.) Sebutkan fungsi utama yang dimiliki oleh protein.

17.) Sebutkan apa saja nama Vitamin yang mampu larut dalam lemak beserta dengan konsekuensi yang akan terjadi jika tubuh kekurangan vitamin ini.

18.) Sebutkan peran yang dimiliki oleh kelenjar ludah yang ada pada mulut dalam proses pencernaan makanan.

19.) Sebutkan fungsi yang dimiliki oleh batang tanaman.

Baca Juga :  Klasifikasi Tumbuhan – Penjelasan Terlengkap

20.) Diffusion bisa terjadi di dalam kehidupan sehari – hari, kecuali.

Nah, sudah menjawab semua soal yang ada di atas kan, silahkan periksa jawaban kamu di bawah ini. Dan lihat berapa jawaban yang benar dan berapa jawaban yang salah.

Kunci Jawaban

1.) Susu Asi ( Air Susu Ibu ) lebih mudah dicerna dan juga diserap oleh tubuh bayi dibandingkan dengan susu formula atau makanan susu yang bisa dibeli di toko.

2.) Iga akan mengalami kontraksi dengan menyusut dan rongga dada akan menjadi membesar.

3.) Proses tersebut disebut dengan menghirup udara.

4.) Karena terdapat gas H20 yang bereaksi dengan air kapur sehingga membuat air menjadi keruh.

5.) Arti dari slogan tersebut adalah : keluarkan rokok atau sebaiknya anda meninggalkan tempat ini.

6.) Bernapas merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk memberikan udara ke paru – paru.

7.) Selama perjalanan dari hidung menuju paru paru udara dibasahi dengan lendir, berdifusi ke dalam alveoli hingga akan diproses untuk diubah menjadi energi.

8.) Jaringan tersebut disebut dengan jaringan dasar.

9.) Parenkim memiliki fungsi untuk menghemat air.

10.) Fungsi dari epidermis adalah untuk melindungi tanaman, memastikan agar tanaman tidak kehilangan air, hingga bertugas untuk mengatur pertukaran udara.

11.) Floem.

12.) Akar dorongan.

13.) Jaringan pembuluh daun.

14.) Melalui keringat, mutasi dan juga pernapasan.

15.) Karbohidrat.

16.) Sebagai pembentukan sel darah.

17.) Vitamin D jika tubuh kekurangan vitamin ini maka akan mengakibatkan beri-beri, Vitamin E jika tubuh kekurangan vitamin ini maka akan terjadi infertilitas dan Vitamin K yang akan menyebabkan gumpalan darah sulit untuk menggumpal jika tubuh kekurangan vitamin K.

18.) Memiliki kandungan asam klorida yang sanggup membunuh kuman.

Baca Juga :  Proses Metamorfosis Kecoa

19.) Luruskan tubuh tanaman, mengirim air dan juga mineral yang berasal dari akar ke daun, menghemat persediaan makanan.

20.) Tengah malam terdengar lebih keras dari siang hari.

Bagi kamu yang mendapatkan jawaban benar lebih banyak, selamat ya! Tapi bagi kamu yang mendapatkan jawaban kurang benar paling banyak, jangan berkecil hati mari kita belajar bersama dengan materi yang selalu kami ulas lengkap di sini. Semoga soal Biologi kelas 8 di atas bermanfaat dan bisa jadi refrensi belajar yang asyik.

Artikel Lainnya :

·  Soal Biologi Kelas 7

·  Jumlah Gigi Orang Dewasa

·  Sistem Pernapasan pada Hewan