Sistem Pernapasan pada Manusia

Posted on

Sistem Pernapasan pada Manusia

Bernapas merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi manusia karena dengan bernapas manusia dapat bertahan hidup. Tanpa bernapas manusia pun akan mati dalam beberapa saat.

Pengertian Bernapas

Bernapas merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk menghirup oksigen (O2) untuk melakukan proses oksidasi makanan dan menghasilkan energi. Energi ini dibutuhkan untuk menjalankan setiap kegiatan pada saat hidup. Kemudian pda saat bernapas oksigen akan dikeluarkan dan akan dihembuskan kembali menjadi bentuk karbon dioksida atau (CO2).

Tujuan Bernapas

Oksigen dibutuhkan untuk melakukan proses metabolisme sedangkan pada saat dikeluarkan maka akan berbentuk karbondioksida yang merupakan sisa sisa dari metabolisme dalam tubuh.

Organ Pernapasan

Untuk bernapas manusia dibantu oleh organ-organ pernapasan yang terbagi dalam dua jenis yaitu organ pernapasan atas dan organ pernapasan bawah. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Organ Sistem Pernapasan Atas

1.) Hidung

Hidung merupakan organ penting pada pernapasan karena menjadi jalan utama keluar masuknya udara saat bernapas. Meskipun manusia juga bisa bernapas dengan mulut, namun hal ini tidak aman sebab hidung memiliki rambut halus di sekitar dinding sebagai penyaring kotoran dan debu yang ikut masuk saat menghirup udara, sementara mulut tidak memilikinya.

2.) Sinus

Organ berikutnya adalah sinur yang merupakan sebuah rongga pada tulang tengkorak. Letaknya berada sisi hidung yang berada dekat tulang pipi, belakang tulang hidung, di tengah dahi dan antara mata.

3.) Adenoid

Bagian ini merupakan jaringan kelenjar getah bening yang berada pada tenggorokan serta memiliki simpul sel dan juga pembuluh darah penghubung yang funsginya untuk membawa seluruh cairan ke tubuh.

Baca Juga :  Sel Epitel – Pengertian dan Penyebabnya Beserta Gambar

4.) Tonsil

Jika kamu tidak tahu apa itu tonsil tapi pastinya kamu tahu apa itu amandel. Ya bagian ini merupakan kelenjar getah bening yang letaknya ada pada tenggorokan atau faring.

5.) Faring

Faring atau lebih sering disebut dengan tenggorokan merupakan tabung yang letaknya berada di belakang mulut dan juga rongga hidung. Keduanya saling terhubung untuk menuju ke paru-paru dan bercabang ke lambung.

6.) Epiglotis

Bagian ini merupakan lipatan tulang rawan yang memiliki bentuk daun. Letaknya berada di belakang lidah dan berasa di atas laring atau kotak suara.

Organ Sistem Pernapasan Bawah

1.) Laring (kotak suara)

Disebut dengan kotak suara karena organ ini merupakan tempat tersimpannya kotak suara. Terletak pada bawah persimpangan saluran faring ini terbelah menjadi dua yakni kerongkongan dan trakea.

2.) Trakea (batang tenggorokan)

Trakea merupakan bagian terpadu yang ada di jalur pernapasan. Orangan ini mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu digunakan untuk mengalirkan udara untuk dibawa menuju ke paru paru.

3.) Tulang Rusuk

Tulang rusuk disebut juga dengan tulang yang digunakan untuk memopang rongga dada. Dan berfungsi juga untuk melindungi organ yang ada di dalam dada. Misalnya seperti paru-paru dan jantung dari segala bentuk benturan atau goncangan yang akan merusak kedua organ tersebut.

4.) Paru-paru

Paru paru merupakan organ yang paling penting dalam proses pernapasan, dengan bentuk seperti sepon dan bertekstur kenyal, organ ini berada pada tulang rusuk dan memiliki dua bagian yang berada pada sisi dada kanan dan sisi dada kiri.

5.) Pleura

Pleura ini merupakan jaringan tipis yang melapisi paru paru dan berada di rongga dada. Bagian ini bertugas sebagai pelumas yang membuat paru paru dapat mengembang dan mengempis dengan mudah pada saat bernapas.

Baca Juga :  Persamaan Dan Perbedaan Otot - Otot Lurik, Otot Polos Dan Otot Jantung

6.) Bronkiolus

Organ yang satu ini disebut dengan bronkiolus karena merupakan cabang dari organ bronkus. Fungsinya adalah untuk menyalurkan udara yang berasal dari bronkus untuk dibawa menuju ke alveoli. Organ ini juga berperan sebagai pengontrol jumlah udara yang masuk dan juga keluar di saat proses pernapasan sedang berlangsung.

7.) Alveoli

Organ ini berbentuk kantung kecil yang berada pada paru paru, dan juga berada pada ujung bronkiolus. Fungsinya akan untuk menjadi tempat pertukaran oksigen dan juga karbon dioksida loh.

8.) Tabung Bronkial

Pada organ ini ditemukan silia yang merupakan rambut rambut kecil yang dapat bergerak layaknya sebuah gelombang. Rambut ini bergerak untuk membawa mucus atau dagak berupa cairan untuk dibawa ke atas hingga ke luar tenggorokan.

9.) Diafragma

Organ ini merupakan dinding otot yang sangat kuat dan digunakan untuk menjadi pemisah antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma akan bergerak ke bawah sehingga membuat sebuah rongga kosong yang digunakan untuk menarik udara serta memperluar ukuran paru-paru.

Sistem Pernapasan pada Manusia

Sudah tahu kan, apa saja organ yang bekerja pada sistem pernapasan manusia. Nah, berikut ini adalah sistem pernapasan yang terjadi pada manusia.

Proses pernapasan ini memiliki nama lain sebagai respirasi, manusia sendiri memulai proses pernapasan saat mengambil udara menggunakan hidung kemudian dibawa masuk ke tenggorokan.

Selanjutnya udara akan dibawa turun melalui laring untuk dibawa masuk ke dalam organ trakea.

Pada saat manusia menarik napas maka diafragma beserta dengan otot yang berada pada tulang rusuk akan mulai menyusut untuk membuat ruang kosong di dalam rongga dada. Hal ini dilakukan untuk membuat paru paru menarik udara yang dihirup.

Baca Juga :  Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Kemudian udara tersebut akan masuk dan bergerak terus hingga ke ujung trakea dan melewati bronkus untuk kemudian masuk ke organ paru-paru. Akhirnya udara pun akan mengalir menuju ke bronkiolus untuk terus mengecil hingga berada di ujung cabang.

Pada ujung bronkiolus terdapat kantung kecil udara atau disebut pula dengan alveoli. Pada saat udara sudah mencapai alveoli maka oksigen pun akan terus bergerak melalui membrane ke dalam pembuluh darah kecil yang diberi nama kapiler dan terus berubah bentuk. Hingga karbon dioksida berdifusi yang berasal dari darag kapiler untuk di bawa ke dalam alveoli.

Pada akhirnya di alveoli ini lah oksigen dan kerbon dioksida bertemu untuk saling bertukar tempat. Di proses ini rongga dada akan mulai mengendurkan otot otot diafragmanya sehingga membuat diafragma menjadi sedikit melonggar yang membuat karbondioksida bergerak keluar melalui paru-paru untuk kemudian dihemuskan melalui hidung.

Nah, begitulah proses pernapasan pada manusia berlangsung, cukup rumit ya? Semoga penjelasan di atas dapat memberika pengetahuan bagi kalian semua.

Artikel Lainnya :