Sistem Pernapasan Manusia

Posted on

Sistem Pernapasan Manusia

Apakah kalian tau bahwa manusia bernafas sebanyak 12-20 kali permenit? Selain itu manusia akan terus bernafas tanpa henti dan tidak pernah lelah, karena jika berhenti bernafas maka manusia akan mati. Manusia bernafas melalui hidung ataupun mulut yang kemudian disalurkan ke paru-paru, dan ketika bernafas organ-organ pernafasan bergerak bersama-sama. Sebelum menjelaskan organ-organ pernafasan pada manusia, kita harus lebih dahulu mengetahui apa itu sistem pernapasan manusia.

Apa Itu Sistem Pernapasan?

Sistem pernapasan  adalah sebuah peristiwa atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia pada saat menghirup udara dari luar. udara yang mengandug oksigen (o2) ini akan masuk ke dalam tubuh.  Lalu oksigen akan disalurkan ke dalam tubuh atau paru-paru. Sedangkan tubuh kemudian akan mengeluarkan udara yang mengandung Karbondioksida (co2).

Jadi manusia dalam bernafas menghirup oksigen dan mengelurkan karbondioksida ke udara. Manusia butuh kurang lebih 300 liter oksigen perharinya dan saat manusia melakukan pekerjaan berat maka oksigen yang dibutuhkan semakin bertambah berkali-kali lipat.

Sistem Pernapasan Manusia

  1. Hidung atau Rongga Hidung (Cavum Nasalis)

Hidung merupakan alat masuknya udara atau oksigen kedalam tubuh manusia, yang memiliki 2 (dua) lubang dan dipisahkan oleh sekat hidung. Dalam rongga hidung terdapat selaput lendir yang berfungsi menahan benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan manusia. Selain itu, terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke tubuh.

Hidung berfungsi sebagai jalan nafas. Selain itu hidung juga memiliki tugas untuk menjadi alat penyaringan udara yang kita hirup. Menjadi pengatur kelembaban udara. Hidung juga bertugas untuk mengatur suhu. Dan yang terakhir tugas yang tak kalah penting dari hidung adalah berperan sebagai pelindung yang menyaring udara masuk kedalam tubuh manusia.

  1. Faring (Tenggorokan)

Tekak atau tenggorokan adalah tempat persimpangan antara saluran pernafasan dan saluran makanan. Tenggorokan merupakan percabangan anatara saluran pernafasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang yang disebut dengan tekak, yaitu tempat terletaknya pita suara manusia.

  1. Trakea (Batang Tenggorokan)

Batang tenggorokan terletak antara sebagian leher dan dan sebagian di rongga tenggorokan dan berada didepan kerongkongan. Tenggorokan berupa dinding tipis dan kaku yang dikelilingi oleh cincin tulang dan terdapat bulu getar halus yang berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan.

  1. Laring (Pangkal Tenggorokan)

Pangkal tenggorokan adalah saluran yang dikelilingi oleh tulang rawan krikoid, fungsi  utama laring adalah sebagai tempat kelaur masuknya udaradan menghasilkan suara. Dalam laring terdapat pita suara pada pangkal tenggorokan, berfungsi dalam pembentukan suara dan akan begetar bila ada udara diparu-paru, tinggi rendah suara akan dipengaruhi panjang dan tebalnya pita suara. Contohnya saat manusia berbicara.

  1. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)

Tenggorokan memiliki cabang yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu bronkus kiri dan bronkus kanan. Bronkus kiri lebih panjang dari lebih kurus dari yang kanan sedangkan bronkus kanan lebih pendek dan lebih lebar lebar dari yang kiri. Cabang batang tenggorokan memiliki bentuk yang tidak teratur dan memiliki struktur lapisan yang sama dengan trakea, dan terbentuk dari belahan dua trakea.

  1. Pulmo(Paru-paru)

Paru- paru merupakan organ terbesar dan memiliki peranan penting dalam sistem pernafasan manusia, paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas dan dipisahkan oleh sekat. Terdapat 2 (dua) bagian yang ada pada paru – paru. Yaitu paru-paru bagia kanan (pulmo dekser) dan bagian kiri (pulmo sinister). Paru-paru kanan terdiri dari 3 (tiga) lobus dan bagian kiri terdiri dari 2 (dua)  lobus. Paru-paru dibungkus oleh selaput tipis yang disebut dengan Pleura, selaput terdiri dari dua bagian yaitu bagian dalam yang menyelimuti paru-paru, disebut dengan pluera visceralis dan selaput yang menyelimuti ronga dada disebut dengan pluera parietalis. Fungsi paru-paru adalah menampung udara dan menyediakan oksigen keseluruh tubuh manusia yang dialirkan melalui pembuluh darah.

  1. Diafragma

Diafragma sendiri adalah bagian dari sistem pernapasan yang memiliki tugas cukup penting dalam setiap proses pernapasan manusia. Karena diafragma bertugas sebagai pembatas di antara area perut dan rongga. Diafragma merupakan otot pernafasan utama

  1. Alveolus

Alveolus merupakan saluran terakhir dari saluran pernafasan manusia, alveolus adalah tempat terjadinya pertukaran gas yang berbentuk gelebung-gelembung udara, terdiri atas satu lapis sel epitelium. Tubuh akan memompa darah yang memiliki kandungan karbondioksida yang banyak ke pembuluh darah alveolus.

Baca Juga :  Otot Lurik – Cara Kerja Bentuk Beserta Gambarnya

 

Semoga meteri sistem pernafasan manusia ini dapat menambah wawasan teman-teman sekalian, dan selamat bertemu dimateri selanjutnya.

Artikel Lainnya :