Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Diposting pada

Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Tuhan menciptakan tubuh manusia dalam bentuk yang paling sempurna daripada ciptaannya yang lain. Tubuh manusia terdiri dari organ-organ dan kerangka yang tersusun rapi dari bawah hingga atas, dari kaki hingga kepala. Dari susunan tubuh inilah manusia bisa melakukan berbagai aktifitas ringan hingga berat. Salah satu aktifitas yang disering dilakukan oleh manusia pasti berhubungan langsung dengan anggota tubuhnya, termasuk rangka, sendi, otot dan tulang yang ikut andil dalam aktifitas yang dilakukan oleh tubuh manusia, mulai dari aktifitas berjalan, berlari, lompat ataupun lainnya. Penunjang dengan menggunakan sejumlah organ saat melakukan aktifitas gerak tubuh ini disebut sistem gerak. System gerak pada manusia merupakan suatu hasil dari kerja sama yang dilakukan dari rangka, sendi, otot, dan tulang.

Pada artikel ini yang akan dibahas yaitu mengenai system gerak pada manusia besrta komponen yang ada dari system gerak tersebut beserta fungsi-fungsinya. Ingin tahu pemaparan dan penjelasannya? Yuk baca artikel ini sampai habis ya.

Sistem gerak merupakan satu kesatuan yang komplek dengan tujuan untuk mencapai suatu sistem yaitu gerak. Dalam penyusunannya gerak pada tubuh menggunakan organ-organ penting sebagai penunjang untuk melakukan gerak tersebut, yang meliputi otot, sendi, tulang, dan juga rangka. Jadi system gerak pada tubuh manusia adalah satu kesatuan komplek yang tersusun dari otot, sendi, rangka, dan tulang yang saling bekerjasama dengan tujuan mencapai suatu system yang di inginkan manusia yang disebut gerak manusia.

Baca Juga :  Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Terlengkap

Selanjutnya komponen-komponen yang terdapat pada system gerak manusia adalah sebagai berikut:

 

1.Rangka

Rangka yang ada pada tubuh manusia terdiri atas kurang lebih 206 ruas tulang yang berbentuk dan berukuran yang bervariasi. Kerangka tubuh bagian dalam ini dilindungi atau dilapisi oleh daging dan kulit yang betujuan untuk melindungi bagin-bagian dalam kerangka yang lunak. Rangka pada manusia ini termasuk golongan alat gerak pasif dimana rangka hanya akan bisa bergerak apabila ada aktifitas yang timbul dari otot.

Rangka pada manusia memliki beberapa fungsi, antara lain:

a.Sebagai pembentuk tubuh

b.Sebagai penegak tubuh

c.Sebagai tempat melekatnya otot

d.Sebagai alat gerak pasif

 

2.Sendi

Sendi merupakan hubugan yang terjadi diantara 2 tulang. Di dalam system gerak manusia, sendi berperan sangat penting dalam proses terjadinya suatu aktifitas atau gerakan.

Sendi mempunyai fungsi yaitu sebagai penghubung antar tulang sehingga bisa mempermudah otot sebagai alat gerak aktif dalam melakukan gerakan.

Berikut ini adalah macam-macam sendi:

a.Inartrosis/Sendi Mati

Hubungan antar tulang yang tidak akan dapat memungkinkan adanya gerakan seperti antartulang tengkorak.

b.Amfiatrosis/Sendi Kaku

Hubungan antartulang yang memungkinkan untuk melakukan gerakan yang terbatas seperti tulang rusuk dan tulang dada.

c.Diartrosis/Sendi Gerak

Hubungan antartulang yang memingkinkan terjadinya banyak gerakan, selain itu sendi gerak dibedakan menjadi 5 yakni sendi engsel, sendi pelana, sendi putar, sendi peluru, dan sendi geser.

 

3.Otot

Otot merupakan suatu jaringan yang terdapat pada tubuh manusia. Tanpa adanya otot tubuh manusia tidak akan bisa bergerak karena otot merupakan bagian yang bisa membuat tulang manusia bergerak.

Otot memiliki fungsi utama sebagai alat gerak aktif mansusia untuk membantu tulang atau rangka agar bisa bergerak.

Baca Juga :  Penerapan Teknologi Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan untuk Kesejahteraan Manusia

Berikut ini adalah jenis-jenis otot yang ada pada manusia:

a.Otot Polos

bentuk dari otot polos adalah gelondong yang menggelembung pada bagian tengah serta meruncing di bagian ujungnya. Jumlah otot polos adalah satu dan terletak di bagian tengah, warna yang dimiliki otot ini adalah polos sesuai dengan namanya. Otot ini sendiri bekerja secara tidak sadar.

b.Otot Lurik

Otot lurik memiliki bentuk yang menyerupai silindris dan bentuknya juga memanjang, jumlah dari otot ini sendiri ada banyak dan letaknya berada di bagian tepi, otot lurik juga bekerja secara tidak sadar dan juga cepat dalam merespon rangsang, otot lurik ini banyak dijumpai melekat pada tulang.

c.Otot Jantung

Jenis otot yang terakhir adalah otot jantung yang memiliki bentuk silindris dan bercabang dan memiliki warna lurik dan berbentuk anyaman. Otot jantung bekerja secara tidak sadar dan lambat saat merespon rangsang. Sesuai dengan namanya otot jantung hanya terletak pada jantung.

4.Tulang

Tulang merupakan sebuah susuan yang membentuk tubuh dari atas hingga bawah, dari tulang kepala hingga tulang kaki. Tulang terbentuk oleh sebuah kandungan kalsium yang berupa garam yang kemudian melekat dengan bantuan kalogen.

Tulang memilik fungsi yaitu sebagai alat gerak pasif, karena tulang hanya akan bisa bergerak jika otot melakukan sebuah gerakan.

 

Nah, itulah pemaparan dan penjelasan mengenai system gerak pada manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan bisa menambah wawasan pembaca di dunia ilmu pengetahuan alam yang terkhusu pada ilmu anatomi tubuh manusia. Sekian.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  Vertebrata – Pembagian Berdasarkan Pengaturan Suhu Tubuh
Rate this post