Singa – Jenis-jenisnya, Karakter, Ciri Habitatnya

Posted on

Singa – Jenis-jenisnya, Karakter, Ciri Habitatnya

Singa adalah salah satu hewan karnivora terbesar yang hidup di bumi, memiliki nama latin Panthera Leo, singa hidup di alam liar secara berkelompok. Terdiri dari satu ekor jantan yang berperan sebagai pemimpin sedangkan anggota lainnya adalah betina yang bertugas untuk mencari makanan dengan cara berburu hewan herbivora di sekitar mereka.

Singa termasuk ke dalam jenis kucing besar yang mampu hidup hingga usia 10 sampai 15 tahun di alam liar. Namun tak jarang singa juga bisa hidup hingga 20 tahun lamanya.

Singa jantan memiliki ciri ciri bulu yang lebih tebal di sekitar tengkuknya yang menjadi salah satu ciri khas dari singa dan yang membedakan tampilannya dengan singa betina. Karena singa betina tidak mempunyai bulu tebal di sekitar tengkuknya dan bentuknya seperti kucing besar pada umumnya.

Singa sangat takut terhadap air, dan berbeda dengan kucing besar lainnya, singa tidak bisa memanjat pohon.

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis singa yang bisa ditemukan, hanya saja beberapa jenis singa kini telah punah dan hanya tersisa beberapa jenis saja. Berikut ini adalah jenis jenis singa yang masih hidup di dunia.

Jenis Jenis Singa

  1. Singa Katanga

Singa katana dapat memiliki berat tubuh hingga 280 kilogram dan memiliki surai yang berwarna pasir yang sangat tebal. Ciri fisik ini membuat singa katana menjadi salah satu jenis singa yang paling mudah dikenali.

Singa katanya ini memiliki nama latin Panthera Leo Bleyenberghi dan sering disebut juga dengan Southwest

  1. Singa Kongo

Memiliki nama lain Panthera Leo Azandica, singa kongo ini sering disebut dengan singa Afrika Tengah. Habitatnya berada di sepanjang dataran benua Afrika, lebih tepatnya berada di Republik Kongo dan Uganda.

Baca Juga :  Energi Dalam Ekosistem - Proses dan Contohnya

Singa ini memiliki ciri fisik dengan panjang tubuh yang dapat mencapai 2,5 meter hingga 2,8 meter dengan berat sekitar 150 kilogram hingga 190 kilogram. Surai dari singa ini memiliki warna yang gelap perpaduan antara warna pasir dan coklat tua. Namun surai dari singa ini tidak terlalu lebat jika dibandingkan dengan singa yang lain.

  1. Singa Transvaal

Hidup di Afrika, singa yang memiliki nama latin Panthera Leo Krugeri ini memiliki tubuh yang panjangnya bisa mencapai hingga 2,5 meter. Secara umum singa jenis ini mempunyai ciri khas pada bulunya yang berwarna pasir.

Akan tetapi ada juga singa yang mempunyai warna bulu yang putih, hal ini dikarenakan gen resesif dan merupakan mutasi dari singa krugeri. Singa dengan warna bulu putih ini biasanya tidak bisa bertahan di alam liar dikarenakan warna bulunya yang tidak dapat berbaur di sabana.

  1. Singa Barbary

Jenis singa ini sebenarnya sudah punah di alam liar sejak tahun 1942, namun meski begitu kita masih bisa menemukannya di kebun binatang. Memiliki nama latin Panthera Leo Leo.

Singa jenis ini merupakan singa dengan ukuran terbesar di dunia. Hal ini bisa dilihat dari surai dan ukuran tubuh mereka. Jika di alam liar, jenis singa ini bisa ditemukan hidup di huta Savannah dan beberapa hutan yang ada di Afrika.

  1. Singa Afrika Timur

Pada umumnya singa jenis ini mempunyai ukuran tubuh yang sama dengan jenis singa yang lainnya, yakni dengan bobot sekitar 150 kilogram hingga 200 kilogram. Memiliki nama latin Panthera Leo Nubica, singa jenis ini bisa dikenali dengan warna surai yang lebih gelap dan lebih lebat jika dibandingkan dengan jenis singa yang lainnya.

  1. Singa Asia

Jika selama ini kita hanya tahu jika singa hidup di Afrika, tapi ada juga jenis singa yang hidup di Asia. Salah satunya adalah singa yang memiliki nama latin Panthera Leo Persica yang merupakan jenis singa yang hidup di India. Ciri khas dari singa ini adalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil dibanding jenis singa Afrika.

Baca Juga :  Bioma Tundra – Pengertian, Ciri - Ciri, Proses, dan Iklim

Singa Asia memiliki warna surai kemerahan dengan bulu yang jauh lebih terang dibandingkan dengan jenis singa yang lainnya. Jenis singa ini merupakan salah satu jenis singa yang terancam punah karena habitatnya yang mulai berkurang dan terjadinya perburuan liar.

  1. Singa Afrika Barat

Jenis singa yang terakhir berasal dari Afrika Barat sehingga jenis singa ini sering disebut sebagai singa Afrika Barat dan memiliki nama latin Panthera Leo Senegalensis. Singa ini memiliki ciri khusus dengan ukuran tubuh yang besar hingga 3 meter dan sedang terancam kepunahan karena habitatnya yang mulai berkurang.

 

Karakteri Singa

Singa memiliki karakter yang sangat unik dan memiliki perbedaan antara singa Afrika dan singa Asia. Jika singa Afrika memiliki tubuh sepanjang 1,4 meter hingga 2 meter dan berat sekitar 120 kg hingga 191 kg. Hal ini membuat singa Afrika menjadi jenis yang paling kecil dibanding singa Asia yang hanya memiliki panjang sekitar 2 meter hingga 2,8 meter dengan berat tubuh mencapai 120 kg hingga 226 kg.

Ciri fisik lain yang dimiliki oleh singa adalah bulu tebal yang ada di tengkuk atau lehernya yang biasa disebut dengan surai.

Habitat Singa

Singa disebut sebagai raja rimba karena biasanya hidup di daerah padang rumput atau hutan terbuka. Singa Afrika hidup di sekitar Tanzania, Angola, Mozambik, Sudan Selatan hingga Afrika Tengah.

Sedangkan singa Afrika bisa ditemukan di Taman Nasional Gir Forest di India.

 

Demikian penjelasan mengenai singa jenis-jenisnya, karakter, ciri habitatnya yang sudah kami uls lengkap sebagai refrensi belajar yang bermanfaat.

 

Artikel Lainnya :

  1. Pencemaran Tanah – Penyebab, Akibat, Contoh, Cara Menanggulanginya
  2. Struktur Akar – Penjelasan Mekanisme Pengangkutan Air Dari Akar Menuju Daun
  3. Struktur Kulit – Penjelasan, Hewan, Wajah, Kepala
Baca Juga :  Fungsi Paru-Paru Pengertian, Struktur Dan Bagiannya