Simbiosis – Pengertian, Mutualisme, Parasitisme, Komensalisme, Amensalisme Beserta Contoh

Posted on

Simbiosis 

Ekosistem.co.id –  Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai simbiosis. Istilah simbiosis sendiri mungkin sudah tidak asing bagi sahabat biologi.

Sebab istilah ini acapkali dibahas dalam ilmu biologi, tapi mungkin masih ada banyak yang tidak tahu jika simbiosis memiliki beberapa jenis. Meskipun sudah tahu, tapi terkadang masih banyak yang tidak bisa membedakan antara simbiosis mutualisme atau simbiosis parasitisme.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini Guru akan membahas lebih lengkap mengenai simbiosis. Langsung simak pengertian dan jenisnya di bawah ini ya!

 

Pengertian Simbiosis

Simbiosis merupakan sebuah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling berdampingan dan suatu pola interaksi yang erat di antara dua organisme yang memiliki jenis berbeda. Sementara untuk menyebut makhluk hidup yang melakukan simbiosis adalah simbion.

Simbiosis sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis loh, penasaran apa saja dan bagaimana penjelasannya? Langsung simak di bawah ini ya!

 

Macam Macam Simbiosis

Simbiosis sendiri memiliki 4 jenis dan berikut ini penjelasan serta contohnya :

Baca Juga :  Alat Peredaran Darah Pada Cacing Tanah – Pembahasan Terlengkap dan Gambarnya

 

1.) Simbiosis Mutualisme

Jenis yang pertama adalah simbiosis mutualisme, jenis simbiosis ini adalah hubungan dari sesama makhluk hidup yang saling memberikan keuntungan antara satu sama lain.

Dari jenis simbiosis ini tidak ada makhluk hidup yang dirugikan, karena kedua belah pihak mendapatkan keuntungan masing-masing.

 

Contoh Simbiosis Mutualisme

Hubungan antara Bunga dan Lebah

Lebah yang membutuhkan madu bisa mendapatkannya dari bunga. Dan bunga sendiri mendapatkan keuntungan dari lebah yang secara alami memberikan bantuan pada saat proses penyerbukan bunga.

Burung Jalak dan Kerbau

Karbau mendapatkan bantuan dari burung jalak yang memakan kutu yang ada pada tubuh kerbau. Dan burung jalak pun mendapatkan makanan dari kutu kutu yang ada pada kerbau.

Jenis Jamur dan Lumut kerak

Lumut kerak dapat bertugas untuk menjadi pelindung dan menyerap air serta mineral. Sementara jamur ganggang yang hidup di antara miselin jamur memberikan sumber makanan. Lewat proses fotosintesis yang dilakukannya.

 

2.) Simbiosis Parasitisme

Simbiosis ini merupakan hubungan yang mana ada salah satu pihak yang mendapatkan keuntungan sementara pihak lain mendapatkan kerugian.

 

Contoh Simbiosis Parasitisme

Tanaman Benalu Dengan Inangnya

Benalu merupakan tumbuhan berbiji dan memiliki daun berwarna hijau. Akar benalu ini memiliki bentuk yang tidak sempurna. Hal ini membuat benalu tak dapat menyerap air serta hara dari dalam tanah secara langsung.

Sehingga benalu hidup dengan menumpang di ranting tumbuhan lain. Dengan menggunakan akarnya benalu ini untuk menghisap air dan hara yang ada di pohon atau tumbuhan itu.

Hal ini membuat tumbuhan atau pohon yang ditumpangi oleh benalu, menjadi kecil, kering hingga mati.

 

Tali Putri Dengan Inangnya

Tali putri dapat mengambil sari makanan yang diolah inang dengan cara menempel di inang atau tumbuhan tersebut. Perlahan inang yang ditempeli oleh tali putri akan mulai mati.

Baca Juga :  Pengertian Jaringan Saraf : Ciri ciri, Jenis, Struktur, Fungsi dan Gambar

Dan jika inangnya sudah mati maka tali putri akan akan mencari tumbuhan lain sebagai inangnya.

 

Cacing Tambang Yang Hidup di Dalam Usus Manusia

Cacing tambang merupakan salah satu jenis cacing yang sangat berbahaya bagi makhluk lain. Termasuk bagi manusia karena dapat hidup di dalam perut manusia dan bertahan hidup dengan menyerap darah.

Hal ini pastinya dapat membuat manusia atau makhluk lain yang menjadi inang cacing tambang mengalami kekurangan darah, atau disebut dengan istilah anemia.

Cacing tanah dapat masuk melalui kaki dan masuk ke usus lalu menuju ke pembuluh darah. Cacing ini pun kemudian akan menetap di usus halus.

 

3.) Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan sebuah hubungan yang mana pihak yang satu mendapat keuntungan namun pihak lain tidak merasa dirugikan dan juga diuntungkan.

 

Contoh Simbiosis Komensalisme

Hubungan Ikan Badut Dengan Anemon Laut

Ikan badut biasanya menggunakan anemon sebagai tempat tinggal dan berlindung dari predator yang ada di lautan seperti ikan angle atau ikan butterfly.

Tanpa adanya anemon ikan badut hanya bisa bertahan selama beberapa menit saja sehingga keberadaan anemon sangat penting bagi ikan badut akan tetapi meski begitu anemon tak merasa dirugikan mau pun diuntungkan dengan keberadaan ikan badut.

 

Hubungan Tumbuhan Pakis Tumbuhan Inangnya

Tumbuhan pakis bertahan hidup dengan memanfaatkan inangnya namun inang yang ditumpangi oleh tumbuhan pakis tak mengalami kerugian mau pun keuntungan.

 

Hubungan Anggrek dengan Inangnya

Sama halnya dengan tumbuhan pakis tanaman anggrek juga bisa mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal dari inangnya tapi inangnya tidak merasa dirugikan atau diuntungkan dengan kehadiran anggrek.

 

4.) Simbiosis Amensalisme

Hubungan satu ini merupakan suatu hubungan timbal balik yang keduanya sama sama tak merasa dirugikan oleh pihak lain namun juga merasa tak diuntungnya.

Baca Juga :  Hewan Berbahaya- Penjelasan Beserta Gambar

 

Contoh Simbiosis Amensalisme

Gulma dan Tanaman Produksi

Keberadaan gulma bisa menghambat pertumban padi karena menghalangi pada dari sinar matahari.

Dalam  hubungan ini gulma tak mendapat keuntungan mau pun kerugian sementara pagi mengalami kerugian karena tidak bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

 

Jamur Penicilin dan Bakteri Gram Positif

Jamur ini mengeluarkan senyawa alelopati yang bisa menghambat perkembangan bakteri gram positif. Jamur tidak akan merasa dirugikan dan bakteri gram positif mengalami kerugian karena menghambat proses tumbuh kembangnya.

 

Pohon Walnut dengan Tumbuhan Disekitarnya

Pohon ini mempunyai senyawa alelopati yang bisa merusak dan menghambat pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berada di sekitarnya. Sehingga membuat tumbuhan yang berada di daerah sekitar walnut akan merasa dirugikan.

 

Nah, itu dia penjelasan mengenai simbiosi beserta dengan contoh lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

  1. Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan Beserta Contohnya
  2. Jaringan Kolenkim
  3. Fungsi Batang Pada Tumbuhan