Simbiosis Mutualisme – Pengertian Dan Contohnya

Posted on

Simbiosis Mutualisme – Pengertian Dan Contohnya

Ekosistem.co.id – Anda pasti pernah mendengat istilah simbiosis bukan? Karena istilah ini merupakan salah satu istilah dalam ilmu biologi yang paling sering disebutkan. Simbiosis sendiri sebenarnya berasal dar bahasa Yunani συμβίωσις yang memiliki arti hidup bersama. Simbiosis merupakan gabungan dari dua kata yakni σύν yang artinya “bersama” dan βίωσις yang artinya“hidup”.

Sehingga simbiosis sendiri bisa disimpulkan sebagai semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat di antara dua organisme biologis yang berbeda jenis, baik iu mutualisme, komensalisme atau juga parasitisme.

Organanisme yang terlibat di dalam hubungan ini disebut dengan simbion dan dapat berasal dari spesie yang sama mau pun berbeda jenis. Maka dari itu seorang ahli biologi bernama Heinrich Anton de Bary pada tahun 1879 secara umum mendefinisikan simbiosis sebagai  “organisme beda yang hidup bersama”.

Simbiosis dapat menjadi sesuatu yang obligat dan mempunyai artu satu atau pun kedua simbion secara penuh dan bergantung antara satu sama lain untuk dapat bertahan hidup atau fakultatif pada saat mereka umumnya dapat hidup secraa mandiri.

Simbiosis sendiri memiliki beberapa jenis yakni Simbiosis Komensalisme. Simbiosis Kompetisi, Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Amensalisme, Simbiosis Parasitisme. Akan tetapi pada kali ini kita akan lebih fokus untuk membahas mengenai simbiosis mutualisme. Apa itu simbiosis mutualisme?

Baca Juga :  Fungsi Bagian Ekor Dari Sperma Manusia

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat di antara dua organisme biologis yang berbeda jenis.

Mutualisme sendiri yakni suatu interaksi di antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan pada kedua belah pihak.

Sehingga secara umum simbiosis mutualisme bisa diartikan sebagai suatu interaksi yang erat dan secara khusus antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis akan tetapi saling menguntungkan bagi keduanya.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut ini adalah beberapa contoh simbiosis mutualisme yang bisa ditemukan di lingkungan kita :

  1. Hubungan Saling Menguntungkan Antara Bunga Dan Kupu – Kupu

Interaksi yang terjadi di antara bunga dan kupu kupu adalah contoh dari simbiosis mutualisme yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Kupu kupu sendiri menghisap madu dan juga nektar dari sari kelopak bunga sebagai makanan sementara yang dilakukan kupu – kupu juga membantu penyerbukan pada bunga agar bisa melakukan perkembang biakan.

  1. Hubungan Saling Menguntungkan Antara Lalat Dan Bunga Raflesia

Bunga raflesia memiliki aroma yang tak sebab sehingga tak jarang disebut dengan bunga bangkai yang dimanfaatkan oleh lalat untuk hinggap di bunga raflesia guna mencari makanan. Sementara itu bunga raflesia mendapat keuntungan karena lalat membantu proses penyerbukannya.

  1. Hubungan Saling Menguntungkan Antara Zebra Dengan Wildebeest

Kawanan zebra dan wildebeest tinggal di savanna yang berada di kawasan benua Afrika, kedua jenis spesies ini hidup secara berdampingan antara satu sama lain, bahkan keduanya juga melakukan perjalanan migrasi bersama – sama. Hubungan ini tak lepas dari hubungan saling menguntungnya dari keduanya, zebra yang biasa memakan rumput panjang akan memakan rumput panjang yang ada di savanna sementara wildebeest hanya bisa mengkonsumsi rumput pendek sehingga wildebeest akan memakan rumput yang telah dimakan oleh zebra. Hubungan ini secara tak langsung saling menguntungkan bagi keduanya.

  1. Hubungan Saling Menguntungkan Antara Buaya Dengan Burung Plover

Burung plover memiliki kebiasaan makan sisa makanan yang ada di sela – sela gigi buaya, sementara buaya akan mendapatkan perawatan gigi secara gratis dari burung plover yang membersihkan sisa – sisa makanan yang dapat merusak giginya dan burung plover mendapatkan makanan gratis dari sisa sisa makanan buaya.

  1. Hubungan Saling Menguntungkan Antara Bunga Bangau Dan Kuda Nil

Burung bangau akan memakan kutu – kutu dan juga parasit yang ada dipunggung kuda nil, sehingga burung bangau tak perlu bingung lagi mencari sumber makanan, sementara itu kuda nil mendapatkan keuntungan dengan mengilangnya kutu dan parasit yang ada ditubuhnya yang tentu saja bisa mengganggu kesehatan kulitnya. Sama – sama saling menguntungkan kan.

Baca Juga :  Totipotensi – Pengertian, Sifat, dan Manfaatnya

 

Sekarang sudah tahu kan, apa itu simbiosis mutualisme beserta dengan contohnya? Semoga dengan ini bisa membantu anda semua untuk lebih memahami materi pembelajaran yang satu ini. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya
  2. Sistem Ekskresi Pada Manusia – Organ, Fungsi Dan Gambarnya
  3. Sel Hewan – Struktur Dan Fungsinya Disertai Gambar