Siklus Hidrologi – Pengertian, Proses, Macamnya, Gambar, Makalah

Posted on

Siklus Hidrologi – Pengertian, Proses, Macamnya, Gambar, Makalah

Siklus Hidrologi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas menegnai materi tentang siklus hidrologi yang akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian dari siklus hidrologi, proses terjadinya, macam – macam siklus hidrologi yang disertai lengkap dengan gambarnya. Mari kita simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi biasa disebut juga dengan siklus air yang adalah sirkulasi air yang tak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kemudian kembali ke atmosfer melalui kondensesai, prepitasi, transpirasi dan juga proses evaporasi.

Jenis – Jenis Ilmu Siklus Hidrologi

Di dalam siklus hidrologi ini sendiri mempunyai beberapa jenis ilmu hidrologi yakni:

  1. Geohidrologi merupakan ilmu hidrologi yang membahas mengenai air yang berada di dalam tanah.
  2. Hidrometeorologi merupakan ilmu hidrologi yang membahas mengenai air yang memiliki wujud gas dan terletak di udara.
  3. Potamologi merupakan ilmu hidrologi yang membahas mengenai aliran air khususnya aliran air yang berada di permukaan.
  4. Limnologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai permukaan air yang tenang contohnya seperti danau.
  5. Kriologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai air pada seperti salju dan juga es.

Proses Terjadinya Siklus Hidrologi

Ada beberapa proses yang menyebabkan terjadinya siklus hidrologi dan sudah dibahas secara lengkap di bawah ini:

  1. Evaporasi Atau Penguapan Air

Evaporasi merupakan tahap pertama yang ada di dalam siklus hidrologi dan ditahap ini air yang ada di sungai dan yang lainnya akan menguap.

Baca Juga :  Sel Hewan – Struktur Dan Fungsinya Disertai Gambar

Evaporasi sendiri adalah proses perubahabn molekul cair menjadi molekul gas sehingga air akan berubah menjadi uap dan penguapan yang terjadi ini akan menimbulkan efek naikknya air yang sudah berubah menjadi gas ke atas mau pun ke atmosfer. Proses ini sendiri didukung oleh sinar matahari yang apabila semakin terik sinar mataharinya maka akan besa pula molekul air yang akan terangkat.

  1. Transpirasi Atau Penguapan Air Di Jaringan Makhluk Hidup

Proses ini merupakan penguapan yang terjadi di bagian tubuh makhluk hidup khususnya tumbuhan dan juga hewan dengan proses yang sama dengan tahap evaporasi yang akan membuat molekul cair yang berasal dari tumbuhan dan hewan berubah menjadi uap dan molekul gas.

  1. Evapotranspirasi

Evotranspirasi adalah suatu proses gabungan dengan tahap evaporasi dan juga tahap transporasi dan di tahap ini air akan menguap banyak sekali sehingga terjadi suatu penguapan yang mana molekul cair yang menguap merupakan seluruh air dan juga jaringan makhluk hidup.

  1. Sublimasi

Sublimasi adalah perubahan molekul cair menjadi molekul gas kea rah atas yakni atmosfer akan tetapi penguapan yang sebenarnya terjadi adalah perubahan es yang berada di kutub dan juga gunung yang tak pernah melewati proses cair.

  1. Kondensasi

Kondensasi adalah proses penguapan yang menjadi partikel es yang dihasilkan sangat kecil hal ini dikarenakan suhu dingin yang ada pada ketinggian yang ada di atmosfer bagian atas, kemudian es tersebut akan berubah menjadi awan dan semakin banyak partikel es dan  awan semakin hitam.

  1. Adveksi

Adveksi adalah tahap yang hanya berada pada siklus hidrologi panjang dan tak akan terjadi di siklus hidrplogi pendek karena pada tahap ini yang terjadi ialah dikarenakan perpindahan awan dari satu titik ke titik lainnya mau pun dikatakan awan di langit menyebar.

  1. Presipitasi
Baca Juga :  Cabang Cabang Biologi – Penjelasan, Pengertiannya

Presipitasi merupakan proses mencairnya awan dikarenakan sudah tak mampu lagi untuk menahan suhu yang semakin meningkap, sehingga di tahap ini akan terjadi salah satu gejala alam yang dinamakan hujan dengan ciri jatuhnya butiran air di permukaan bumi.

  1. Run Off

Run Off adalah proses air hujan yang telah turun dan akan bergerak ke permukaan yang lebih tinggi menuju ke permukaan yang lebih rendah melalui berbagai saluran, run off ini sendiri juga bisa disebut dengan limpasan.

  1. Infiltrasi

Infiltrasi adalah tahap terakhir di dalam siklus ini yang adalah tahap di mana air hujan menjadi tanah pada saat air turun ke bumi maka tak semuanya akan mengalir seperti pada tahap run off tapi air akan mengalir pula ke tanah. Proses merembesnya air hujan ke pori tanah ini yang disebut dengan infiltrasi.

Demikian pembahasan kali ini mengenai siklus hidrologi yang diulas secara lengkap dan jelas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Rate this post