Sel Prokariotik – Ciri Ciri, Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Posted on

Sel Prokariotik

Ekosistem.co.id – Sel Prokariotik merupakan salah satu sel yang juga disebut dengan sel tidak berorganel. Mau tahu penjelasan lengkap mengenai sel ini, berikut kami sudah menyiapkan ulasannya bagi sahabat semua.

 

 

Pengertian Sel Prokariotik

Adalah sel yang tidak memiliki inti sel dan terbungkus oleh nukleus dan jika dilihat secara umum pengertian sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki organel. Dan dibungkus dengan membrane serta merupakan sel penyusun dari jenis organisme yang ada.

 

 

Ciri – Ciri Sel prokariotik

Ciri khas dari sel prokariotik ialah tidak adanya retikulum endoplasma dan juga komplek golgi yang adalah membran inti serta sistem endomembran.

Sel ini juga tak memiliki kloroplas dan mitokondria, dan sel ini sendiri bisa kamu temukan pada alga biru atau pun bakteri, nah untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah ciri ciri Sel prokariotik beserta denga penjelasan lengkapnya khusus untuk sahabat biologi semua.

1.) Ciri ciri pertama yang dimiliki oleh Sel prokariotik ini adalah sitoplasma dan materi genetiknya tidak bercampur sehingga membuat materi inti tidak dibatasi oleh membran ini tapi hanya mengumpul saja di daerah nukleoid.

Baca Juga :  Protista – Klasifikasi, Cara Hidup, Tabel dan Gambar

2.) Bahan gen atau DNA yang terletak di dalam sel ini memiliki bentuk cicin bulat.

3.) Sel prokariotik hanya memiliki ribosom dan tidak memiliki organel sel yang lainnya.

 

 

Struktur Sel Prokariotik dan Fungsinya

1.) Pili

Berfungsi sebagai temat masuknya materi genetik selama masa perkawinan serta membantu proses melekatkan diri pada jaringan baik hewan mau pun tumbuhan.

2.) Plasmid

Berfungsi untuk membawa sifat non esensial yang berasal dari DNA dan memberikan keuntungan bagi sel prokariotik.

3.) Ribosom

Melakukan proses translasi di dalam proses sintesis protein yang digunakan untuk mengubah kode genetik DNA agar menjadi protein.

4.) Sitoplasma

Sitoplasma berfungsi menjadi tempat berlangsungnya reaksi metabolisme serta digunakan untuk menyimpan cadangan makanan di dalam bentuk granula.

5.) Membran sel

Berfungsi sebagai pelindung sel dari lingkungan ekstraseluler serta bertugas menjadi pengatur lalu lintas zat zat keluar masuk ke sel.

6.) Dingding Sel

Berfungsi sebagai pemberi bentuk serta memberikan perlindungan organel internal sel.

7.) Kapsula

Kapsula berfungsi sebagai pelindung sel, melekatkan diri dengan bakteri dan organisme lain, mencegah kekeringan pada sel. Hingga melindungi bakteri patogen dari pengaruh antibodi sel inang.

8.) Flagela

Berfungsi sebagai alat gerak pada sel seperti memutar dan melakukan gerakan lainnya.

9.) Nukleoid

Nukleoid bertugas sebagai inti sel tanpa adanya membran inti dan mengalami kontak langsung dengan sitoplasma.

 

 

Pengertian Sel Eukariotik

Sel eukariotik mempunyai membran nukleus dengan sistem endomembrane yang secara umum lebih besar dan kompleks dari sel prokariotik. Sel ini bisa ditemukan di organisme multiseluerdan bisa ditemukan pada fungi, kingdom protista, animalia hingga plantae.

 

 

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

1.) Inti sel

Perbedaan yang pertama terletak pada inti sel karena pada sel prokariotik tidak mempunyai membran inti atau yang biasa disebut dengan nucleus yang dapat sahabat biologi temukan di dalam sitoplasma sementara pada sel eukariotik mempunyai sebuah inti sel yang nyata dikarenakan sel tersebut mempunyai nukleus atau membran inti.

Baca Juga :  Keragaman Hayati - Penjelasan, Manfaat, Macam dan Jenisnya, Beserta Contoh

2.) Ukuran sel

Untuk ukurannya sendiri kedua sel ini memiliki ukuran yang berbeda yang mana pada sel prokariotik memiliki ukuran sekitar 0,2 – 2.0 µm sementara pada sel eukariotik ukurannya adalah sekitar 10 – 100 µm.

3.) Organel terbungkus membran

Mitokondria, lisosom, retikulum endoplasma serta organel sel yang lainnya hanya bisa ditemukan pada sel eukariotik saja sementara pada sel prokariotik tidak ditemukan organel sel yang dibungkus dengan membran tersebut.

4.) Flagela

Flagella yang terdapat pada sel eukariotik tersusun oleh mikrotubula yang banyak sementara sel prokariotik hanya mempunyai kandungan dua protein saja.

5.) Glikokaliks

Glikokaliks yang dimiliki oleh sel prokariotik memiliki bentuk seperti sebuah kapsul atau lapisan lendir sementara untuk sel eukariotiknya hanya memiliki sel namun tidak mempunyai dinding sel.

6.) Dinding sel

Dinding sel pada sel prokariotik sangat kompleks mempunyai kandungan peptidoglycan sementara untuk sel eukariotik pada dinding sel nya hanya mempunyai bentuk biasa dan komposisi sederhana.

7.) Membran sel

Membran sel pada sel prokariotik memiliki kandungan karbohidrat dan sedikit kandungan steroid namun pada sel eukariotik mempunyai kandungan steroid dan karbohidrat dengan fungsi sebagai reseptor.

8.) Sitoplasma

Sel eukariotik mempunyai sitokeleton dan juga memiliki aliran sitoplasma namun apabila sel prokariotik tidak mempunyai sistem sitoskeleton.

9.) Ribosom

Ribosom memiliki ukuran sel eukariotik yang jika dilihat lebih besar jika dibandingkan dengan sel prokariotik.

10.) Susunan Kromosom (ADN/DNA)

Sel prokariotik mempunyai jumlah kromosom sirkular namun tidak mempunyai kandungan histon sementara pada sel eukariotik mempunyai bentuk yang multiple linear dan mempunyai kandungan histon.

Itu lah perbedaan dari sel prokariotik dan sel eukariotik yang wajib untuk sahabat biologi ketahui. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tabel perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Pergelangan Tangan - Penjelasan Terlengkap

 

 

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Organel atau Bagian Sel Sel Prokariotik Sel Eukariotik
Inti Sel Tanpa membran atau selaput yang disebut dengan nukleoid Selaput inti yang disebut dengan inti sel atau nukleus
Penutup Sel Berupa kapsul tapi fungsinya berbeda dengan dinding yang ada pada tumbuhan Pada hewan tidak ada penutup sel namun pada tumbuhan terdapat dinding sel.
Retikulum Endoplasma Tidak Ditemukan Ada
Badan Golgi Tidak Ditemukan Ada
Lisosom-Sentriol Tidak Ditemukan Ada
Ribosom Terdapat di Sitoplasma Ada dan ditemukan pada sitoplasma dan retikulum endoplasma
DNA atau Bahan Gen Bentuknya seperti cincin yang bercampur dengan sitoplasma Memiliki bentuk pita spiral ganda atau doble helix yang ada pada inti mitokondria serta kloroplas pada tumbuhan

 

 

Nah, itu dia penjelasan dari sel prokariotik mulai dari pengertian, ciri ciri hingga tabel perbedaan antara sel prokariotik dan sel eukariotik yang bisa kami suguhkan sebagai refrensi belajar untuk sahabat biologi semua.

Artikel Lainnya :

Kondensasi – Pengertian, Proses, Contoh dan Gambar

Anatomi Mata – Manusia, Hewan, Ikan

Etiologi – Pengertian, Macam dan Contoh