Ruang Lingkup Biologi Beserta Dengan Penjelasannya

Posted on

Hai sahabat biologi, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai ruang lingkup biologi. Pastinya sahabat biologi sudah sering dong, mendengar istilah biologi. Sebab biologi sendiri merupakan suatu cabang mata pelajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam yang fokus membahas mengenai alam dan kehidupan di sekitarnya.

Tapi apakah sahabat biologi sudah tahu apa arti kata biologi? Biologi sendiri berasal dari dua kata loh.

Yang pertama adalah kata bios yang artinya hidup.

Dan kata kedua adalah logos yang artinya ilmu.

Nah, jika digabungkan maka biologi artinya adalah ilmu yang secara khsusu mempelajari mengenai makhluk hidup.

Makhluk hidup sendiri adalah seluruh makhluk yang hidup dan tinggal di atas bumi, meliputi manusia, hewan hingga tumbuhan loh.

Bahkan sahabat biologi, saya dan orang orang lain di sekitar kita seperti orang tua, keluarga dan saudara juga termasuk sebagai makhluk hidup loh. Begitu pula hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Semuanya ini adalah makhluk hidup.

Mulai dari paus yang memiliki ukuran raksasa dan tinggal di lautan luas, hingga kuman yang memiliki ukuran super kecil yang hinggap di tangan anda, semuanya adalah mahkluk hidup. Mahkluk hidup bisa ditemukan hidup di atmosfer yang ada di sekitar kita hingga di dasar lautan yang tak bisa dengan mudah dijangkau oleh manusia.

Sehingga jika diartikan secara menyeluruh dan secara pengertian umumnya biologi merupakan ilmu yang memperlajari mengenai keadaan dan sifat makhluk hidup yang meliputi manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan. Ilmu biologi juga dikenal dengan ilmu hayat. Ruang lingkup bilogi pun memiliki banyak variasi dan mencakup struktur kehidupan makhluk hidup dan organisme secara keseluruhan, mulai dari yang terendah hingga yang paling tinggi.

Baca Juga :  Mekanisme Kerja Otot - Penjelasan Secara Lengkap

Sesuai dengan fakta, memang ada banyak sekali cabang biologi mulai dari taksonomi, ekologi klimatologi, morfologi, evolusi, neurosains, anatomi, oseanografi, fisiologi, biofisika, genetika, botani, zoologi, ortopedi dan masih banyak yang lainnya. Karena ada lebih dari 200 cabang ilmu biologi yang bisa dipelajari.

Jika difokuskan maka objek biologi mempelajari mengenai struktur kehidupan organism yang ada pada berbagai tingkatan dari yang paing rendah hingga yang tertinggi, yaitu unsur molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.

 

Ruang Lingkup Biologi

Kira-kira apa saja ya, yang masuk ke dalam objek-objek kajian  biologi? Secara umum biologi memang mempelajari organism pada berbagai tingkatan dan juga struktur dari mulai yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Yakni mulai unsur yang paling rendah hingga biosfer yang merupakan unsur paling rendah.

 

1.) Unsur

Unsur merupakan zat tunggal yang tidak bisa lagi dibagi menjadi zat yang lebih kecil, unsur ini merupakan struktur kehidupan dari organisme yang paling kecil.

 

2.) Molekul

Molekul adalah zat kimia murni yang terdiri dari beberapa unsur dan dapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur pembetukannya. Misalnya saja adalah H20, yang merupakan senyawa yang terdiri dari 2 atom yakni Hidrogen untuk satu atom yaitu Oksigen.

 

3.) Sel

Sel merupakan unit terkecil dan paling kecil serta fungsional penyusun tubuh makhluk hidup. Setiap organisme merupakan hidup terdiri dari sel-sel penyusunnya.

Baca Juga :  Hormon Giberelin–Pengertian, Letak, dan Fungsinya

 

4.) Jaringan

Jaringan sendiri adalah kumpulan sel dengan fungsi mau pun bentuk yang sama. Selain itu semua organisme sudah bisa dipastikan akan memiliki jaringan sel di dalamnya, dan jaringan ini cenderung berbeda-beda.

 

5.) Organ

Organ sendiri adalah jaringan jaringan yang berkumpul menjadi satu dan disebut dengan organ. Jaringan ini tidak hanya saling bersatu, namun juga saling bekerja sama. Hingga akhirnya meneciptakan suatu fungsi khusus yang ada pada setiap organ. Organ bisa ditemukan pada semua makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan mau pun tumbuhan.

Kita sendiri memiliki banyak sekali organ di dalam tubuh kita, baik organ luar seperti mata untuk melihat, hidung untuk merasakan aroma, telinga untuk mendengar. Mau pun organ yang ada di dalam tubuh seperti jantung, ginjal, paru paru dan masih banyak yang lainnya.

Ya, karena organ di dalam tubuh makhluk hidup jumlahnya sangat banyak dengan fungsi masing masing.

 

6.) Sistem Organ

Sistem organ adalah sekumpulan dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk fungsi yang lebih luas di dalam tubuh. Misalnya saha seperti sistem pencernaan, sistem peredaan darah, sistem eksresi dan masih banyak yang lainnya.

 

7.) Organisme

Organisme adalah makhluk hidup tunggal atau pun individu yang merupakan sekumpulan dari seluruh sistem organ yang saling bekerja sama untuk menjalankan fungsi sebuah kehidupan.

 

8.) Populasi

Populasi merupakan sekumpulan invidu yang memiliki jenis sama dan tinggal di suatu tempat, contohnya saja populasi manusia atau pun populasi hewan tertentu yang hidup di suatu tempat.

 

10.) Komunitas

Komunitas merupakan sekumpulan dari beberapa populasi makhluk hidup yang saling berinterakdi si suatu habitat tertentu.

Baca Juga :  Kingdom Protista

 

11.) Ekosistem

Ekosistem memiliki arti sebagai sebuah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya dan membentuk hubungan serta interakhi atau saling memiliki ketergangungan. Misalnya saja, ekosistem hutan, ekosistem air tawar dan masih banyak yang lainnya.

 

12.) Bioma

Bioma merupakan bagian terkedil dari sebuah ekosistem yang ada di dasaratan. Contohnya saja seperti bioma hutan hujan tropis, bioma gurun dan masih banyak yang lainnya.

 

13.) Biosfer

Biosfer memiliki pengertian sebagai tempat makhluk hidup dan juga tinggal dan melangsungkan hidupnya yakni di planet bumi yang kita huni bersama dengan makhluk lainnya ini.

 

 

Kira-kira itulah dia ruang lingkup biologi beserta dengan penjelasannya. Semoga dengan artikel ini bisa membuat anda lebih memahami apa itu biologi beserta dengan ruang lingkup dan penjelasnnya secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :