Rotasi Bumi – Pengertian, Penyebab dan Akibatnya

Posted on

Rotasi Bumi – Pengertian, Penyebab dan Akibatnya

Tata surya merupakan kumpulan dari benda-benda yang ada dilangit yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. Tata surya sendiri berpusat pada matahari yang di kelilingi oleh planet-planet dan asteroid yang terlintas di antara planet Mars dan Jupiter.

Salah satu planet yang ada di sistem tata surya adalah bumi. Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditinggali oleh makhluk hidup dan cocok untuk di tempati dan di isi oleh kehidupan.

Bulan adalah satelit alam yang dimiliki oleh bumi kita. Peristiwa-peristiwa yang sering terjadi di tata surya adalah revolusi dan rotasi. Lalu apa yang dimaksud dengan rotasi bumi?

Pengertian dari Rotasi Bumi

Apa itu rotasi? Rotasi artinya adalah perputaran pada porosnya. Planet, asteroid dan benda angkasa lainnya biasanya melakukan rotasi. Bumi juga melakukan rotasi. Jadi, rotasi bumi adalah perputaran planet bumi pada porosnya dan rotasi bumi ini terjadi harian. Sebagai satelit alami bumi, bulan sendiri melakukan rotasi atau mengelilingi bumi.

Untuk mengelilingu bumi, bulan biasanya membutuhkan waktu sekitar 23 jam 56 menit yang biasa kita genapkan menjadi 24 jam. Adanya rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam, namun perlu anda ketahui bahwa rotasi bumi tidak menyebabkan makhluk yang ada di dalamnya terlempar, mengapa demikian? Karena gaya gravitasi yang ada di bumi begitu besar sehingga makhluk hidup dan semua isinya yang ada di bumi tidak merasakan efek guncangan apapun saat bumi sedang berotasi.

Baca Juga :  Jaringan Tumbuhan - Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Contoh dan Gambar

Penyebab Terjadinya Rotasi Pada Bumi Kita

Apa ya, yang dapat menyebabkan rotasi atau bulan mengelilingi bumi dan bumi yang mengelilingi matahari. Rupanya, ada beberapa faktor yang menyebabkan rotasi dapat terjadi, seperti berikut ini.

  1. Faktor internat

Faktor dari dalam yang menyebabkan terjadinya rotasi bumi adalah:

  • Adanya aliran logam panas di dalam inti bumi
  • Adanya redistribusi pada massa bumi

 

  1. Faktor eksternal

Faktor dari luar yang menyebabkan terjadinya rotasi bumi adalah:

  • Interaksi antara planet lainnya, matahari dan bumi itu sendiri
  • Adanya dorongan dan tumbukan yang terjadi di saat awal proses terbentuknya bumi
  • Adanya atmosfer dan pergerakan arus laut

 

Akibat dari Terjadinya Rotasi Bumi

Selain adanya penyebab, rotasi bumi juga memiliki dampak atau akibat bagi kehidupan dan keadaan yang terjadi selama ini. Lalu apa sajakah dampak atau akibat dari terjadinya rotasi bumi?

  1. Terjadinya siang dan malam

Rotasi bumi mengakibatkan sebagian daerah terkena matahari mengalami waktu siang dan sebagian daerah yang tidak terkena matahari mengalami malam. Fenomena ini sudah terjadi dan merupakan hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Porsi masing-masing siang dan malam di bumi ini sama yaitu 12 jam.

  1. Perbedaan zona waktu

Perbedaan waktu di berbagai tempat juga dipengaruhi oleh rotasi bumi. Sementara Indonesia, pembagian zona waktu memiliki 3 bagian. Ya, Waktu Indonesia Timur atau WIT, Waktu Indonesia Barat atau WIB  dan Waktu Indonesia Tenggara atau WITA.

  1. Gerak semu harian matahari

Yang dimaksud dengan gerak semu harian matahari adalah matahari yang seolah-olah memutari bumi karena terbit dari timur dan terbenam di barat, namun ternyata bumilah yang mengitari matahari sehingga terjadilan fenomena matahari terbit dan terbenam tersebut.

  1. Adanya perubahan pada arah mata angin
  2. Adanya perbedaan pada ketebalan lapisan atmosfer
  3. Adanya perbedaan kecepatan gravitasi yang terdapat pada beberapa daerah
  4. Dipengaruhi oleh adanya rotasi serta revolusi yang terjadi pada bulan
  5. Terjadinya jetlag saat kita menaiki pesawat
  6. Bentuk dari bumi menjadi bulat dan pepet di kedua kutubnya
  7. Pembagian waktu dunia
  8. Satelit buatan menjadi berfungsi

 

Baca Juga :  Radiasi Benda Hitam – Pengertian, Hukum, Sifat dan Contohnya

Nah, itulah pembahasan mengenai rotasi bumi. Jadi, bumi yang berputar pada porosnya ini mengakibatkan berbagai macam fenomena yang sudah biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti hal yang paling umum yaitu terjadinya siang dan malam dan zona waktu yang berbeda di tiap daerah. Adanya gaya gravitasi pada bumi juga membuat makhluk di bumi menjadi tidak merasakan pusing ataupun ikut berputar-putar dan tetap stabil. Kita sebagai manusia harus mensyukuri dan takjub akan kuasa Tuhan yang bisa membuat semua hal yang terjadi di bumi dan tata surya ini menjadi sebagaimana mestinya dan tertib.

Semoga ulasan mengenai rotasi bumi mulai dari pengertian, penyebab dan akibatnya dapat bermanfaat untuk Anda semua, sampai jumpa pada refrensi belajar berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Sumber Daya Alam yang Dapat Di Perbaharui
  2. Sumber Daya Alam
  3. Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat