Ribosom – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Posted on

Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambar Ribosom

Ribosom – Kupas tuntas tentang ribosom ! sekarang ekosistem.co.id akan masuk dalam pembahasan inti tentang pengertian ribosom, struktur ribosom, dan disertakan gambarnya. Simak penjelasan dibawah ini !

 

A.Pengertian Ribosom

ribosom
ribosom

 

Ribosom adalah salah satu organel yang berukuran kecil dan padat dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.
Ribosom adalah komponen sel yang membuat protein dari semua asam amino. Salah satu prinsip utama biologi, sering disebut sebagai “dogma sentral,” adalah DNA yang digunakan untuk membuat RNA, yang, pada gilirannya, digunakan untuk membuat protein.

Ribosom terbuat dari kompleks dari RNA dan protein. Ribosom dibagi menjadi dua sub unit, satu lebih besar daripada yang lain. Mengikat subunit kecil untuk mRNA, sedangkan mengikat subunit yang lebih besar kepada tRNA dan asam amino.

 

B.Struktur Ribosom

Sub unit besar & kecil Ribosom
Sub unit besar & kecil Ribosom

 

Kedua Komponen Struktur ribosom yaitu subunit kecil dan subunit besar. Subunit masih saling berkaitan atara satu dan lainnya dalam pembentukan protein baru yang akan dihasilkan dan kedua subunit terdiri dari untaian beberapa RNA dan berbagai macam protein.

 

Subunit kecil:

subunit ini sebenarnya tidak memiliki ukuran yang terlalu kecil, hanya lebih kecil dibandingkan dengan subunit besar. Subunit kecil berguna untuk mengalirkan/menyampaikan informasi selama sintesis protein. Hal ini disebut dengan sebutan “40S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prkariotik.

 

Subunit besar:

subunit besar berisi sebuah lokasi/tempat dimana ikatan baru yang akan dibuat untuk membuat protein. Hal ini disebut dengan “60S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prokariotik
sedangkann Hruf “S” maksudnya adalah satuan ukuran dan singakatan dari unit Sverdberg.

Baca Juga :  16 Bakteri Yang Menguntungkan Manusia – Penjelasan Terlengkapnya

 

1. Sintesis Protein

Tugas utama dari ribosom adalah untuk membuat protein untuk sel. Ada banyak jumlah/ratusan protein yang sangat diperlukan untuk sel, sehingga ribosom memberikan perunjuk khusus cara untuk membuat setiap protein, hal ini datang dari inti dalam bentuk RNA. MRNA (Massenger RNA) memberi pesan khusus dalam bentuk kode-kode tertentu bertujuan agar ribosom dapat tahu bagai mana membentuk protein

 

2. Translasi

Translasi adalah proses mengambilnya informasi dari MRNA dan mengubahnya menjadi dalam bentuk protein. Berikut ada beberapa langkah ribosom untuk membuat protein adalah sebagai berikut:

Kedua subunit digabungkan bersama dengan MRNA (Messenger RNA).
Ribosom menemukan starter (memulai) tempat yang benar pada RNA disebut Kolon.
Ribosom bergerak kebagian bawah RNA, kemudian membaca petunjuk tentang asam amino untuk melekatkan protein. Setiap tiga huruf tersebut pada RNA merupakan asam amino baru.
Ribosom akan menempel pada asam amono untuk membentuk dan membangun protein.
Ribosom akan berhenti membentuk protein ketika sudah mencapai kode “stop” dalam RNA ini akan mengatakan bahwa protein sudah siap.

 

C. Fungsi Ribosom

Fungsi utama ribosom adalah sebagai berikut:

Sebagai tempat sintesi protein.
Sebagai mesin yang mengatur dan memiliki komponen-komponen yang terlibat dalam sintesis protein.
Digunakan untuk mengikat asam-asam amino yang ada di sitiplasma.

 

Demikian penjelasan ribosom dari kami ekosistem.co.id, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan ilmu biologi kita.

 

Baca Juga artikel kami :