Retikulum endoplasma – Jenis, Fungsi Beserta Gambar

Posted on

Retikulum endoplasma – Jenis, Fungsi Beserta Gambar

Ekosistem.co.id – Retikulum Endoplasma merupakan salah satu bagian paling penting di dalam sebuah sel. Tugas utama organel ini adalah untuk membantu berlangsungnya proses sintesis.

Mulanya retikulum endoplasma ditemukan di tanaman eukariotik beserta dengan sel hewan yang ada pada sel prokariotik. Namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, rupanya di dalam sel prokariotik tidak ditemukan retikulum endoplasma.

Melainkan hanya organel yang memiliki bentuk dan sifat yang mirip dengan retikulum endoplasma.

Mau tahu apa saja fakta mengenai retikulum endoplasma? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

Pengertian Endoplasma

Retikulum endoplasma merupakan jaringan membran kompleks yang ditemukan di dalam bentuk tubular dan juga tersusun dari endoplasma, strukturnya sendiri mirip seperti kantung yang biasa disebut dengan cisrernae.

Ruang internal organel yang disebut dengan ruang cisternal ini saling berhubungan satu salam lain dan mengandung cairan. Ruang cistern ditemukan maju dengan ruang perinuklear atau ruang antara membrane inti dengan bagian yang berada di dalam struktur luar.

Retikulum endoplasma ini sendiri diatur di dalam baris regular yang berada di sepanjang keliling inti yang dikelilingi oleh sitosol. Bagian caIr dari sitoplasma ini merupakan organel yang digantung.

Diagram yang ditunjukkan di bawah ini menunjukkan ruang inti dan juga perinuklear, endoplasmaticular retikulum yang merupakan endoplasma kasar dengan ribosom serta retikulum endoplasma.

 

Jenis Jenis Retikulum Endoplasma

Organel ini memiliki 3 jenis yang wajib untuk dipelajari, berikut ini penjelasannya :

1.) Retikulum Endoplasma Kasar

Retikulum endoplasma kasar memiliki tekstur yang kasar sebab di permukaannya memiliki bintik bintik yang tersusun oleh adalah ribosom. Tugas dari retikulum endoplasma kasar ini adalah untuk menjadi tempat proses sintesis protein dilakukan.

Baca Juga :  Hewan Vertebrata

 

2.) Retikulum Endoplasma Halus

Retikulum endoplasma halus memiliki permukaan yang lebih halus karena tidak memiliki bintik bintik yang merupakan ribosom. Fungsi utama dari organel ini adalah untuk membantu proses metabolisme.

Seperti metabolisme karbohidrat, sintesis lipid, detoksifikasi obat obatan hingga konsentrasi kalsium. Retikulum endoplasma halus juga bertugas sebagai tempat melekatnya reseptor protein serta membran sel.

 

3.) Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik adalah jenis dari retikulum endoplasma halus dan bisa ditemukan di otot lurik dan otot licin.

 

Perbedaan Retikulum Endoplasma Halus dan Retikulum Endoplasma Kasar

Perbedaan mendasar dari kedua jenis organel ini adalah protein yang ada di dalamnya. Sebab pada retikulum endoplasma halus protein digunakan untuk mensitesis molekul.

Sementara protein pada retikulum endoplasma kasar digunakan sebagai penyimpanan ion kalsium. Fungsi organel ini juga adalah untuk memicu kontraksi otot dan memopa kalsium.

Selain itu perbedaan keduanya tentu bisa dilihat dengan jelas dari bentuknya.

 

Struktur Retikulum Endoplasma

Untuk lebih mengenal retikulum endoplasma, sahabat biologi juga harus mempelajari strukturnya dengan benar. Organel ini adalah jaringan membran luas cisternae dengan struktur menyerupai kantung yang tertahan oleh sitoskeleton.

Membran yang membungkus ruang organel ini adalah fosfolipid yang terdiri dari sitosol dan kontinu dengan ruang prenuklear.

Retikulum endoplasma kasar memiliki permukaan yang dipenuhi oleh ribosom dengan fungsi untuk memproduksi protein, inilah mengapa permukaan organel ini kasar. Sedangkan retikulum endoplasma halis hanya terdiri dari tubulus dan letaknya ada di dekat pinggiran sel.

Jaringan ini mampu memperbanyak luas permukaan organel sehingga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan enzim. Maka dari itu jaringan ini sangat penting peranannya bagi produksi enzim.

Baca Juga :  Sistem Pernapasan Manusia

Jika retikulum endoplasma kasar bertugas untuk mensintesis protein maka retikulum endoplasma halus mampu mensintesis steroid serta lipid. Selain itu jaringan halus ini juga mampu memetabolisme karbohidrat serta menjadi pengaur kalsium.

Jaringan ini juga mampu mendetoksifikasi obat serta menjadi tempat untuk melekatkan reseptor yang ada di protein membran sel.

Luas dari retikulum endoplasma sendiri cukup bervariasi ada yang membentang dari membrane sel lewat sitoplasma namun ada juga yang membentuk koneksi kontinu.

 

Fungsi Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma ini sendiri tentunya memiliki fungsi dan berikut adalah fungsinya utamanya :

1.) Bertanggung jawab untuk mengirimkan protein dan juga karbohidrat bagi organel lain yang meliputi dengan lisosom, apparatus golgi dan membrane plasma.

2.) Memainkan peran penting di dalam pembentukan kerangka–kerangka tulang.

3.) Memiliki luas permukaan yang dapat terus meningkat agar dapat memberikan reaksi seluler.

4.) Retikulum endoplasma memiliki fungsi untuk membantu di dalam pembentukan membrane nukleus selama proses pembelahan sel.

5.) Berperan yang sangat penting dalam sintesis protein, lipid, glikogen dan steroid lainnya sebut saja seperti kolesterol, progesterton dan juga testosterone.

 

Retikulum Endoplasma Pada Sel Tumbuhan

Retikulum endoplasma pada tumbuham bertindak sebagai saluran untuk masuknya protein di dalam membrane. Dan juga memiliki peran penting di dalam proses biosintesis serta menyimpan lipid.

Terdapat sejumlah membrane larut yang memiliki hubungan dengan enzim dan molekul pendamping. Fungsi umum retikula endoplasma pada sel tumbuhan adalah untuk mensintesis protein dan juga melakukan pematangan.

 

Retikulum Endoplasma Pada Sel Hewan

Pada sel sel hewan retikulum endoplasma ini sendiri merupakan jaringan kantung yang memiliki peran penting di dalam manufaktur. Atau pengolahan dan pengangkutan di berbagai jenis senyawa kimia untuk digunakan dalam dan luar sel.

Baca Juga :  Lapisan Matahari

Retikulum endoplasma terhubung ke selubung nukleus berlapis ganda yang mampu menyediakan pipa di antara inti dan juga sitoplasma dari sel sel hewan.

Retikulum endoplasma adalah organel yang sifatnya multifungsi yang mensintesis membrane lipid, protein serta untuk mengatur kalsium intraseluler.

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai retikulum endoplasma mulai dari pengertian, jenis-jenis hingga fungsi dan gambarnya tentu saja. Agar bisa menjadi refrensi belajar yang lengkap dan menyenangkan. Sampai jumpa.

Artikel Lainnya :