Reptil – Pengertian, Ciri-ciri Beserta Contohnya

Posted on

Reptil 

Ekosistem.co.id – Reptil adalah salah satu hewan yang memiliki ciri dan bentuk khusus yang unik. Hewan ini ada banyak di sekitar kita dan beberapa di antaranya mudah ditemukan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai reptile secara lengkap agar bermanfaat bagi sahabat biologi. Simak ulasannya berikut ini!

 

Pengertian Reptil

Reptil atau yang juga biasa disebut dengan Hewan Melata merupakan hewan yang memiliki ciri unik yakni berjalan dengan cara melata atau merayap menggunakan kaki dan sebagian tubuh mereka.

Reptil sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari reptans dan memiliki arti merayap atau melata sehingga secara umum reptil merupakan sekelompok hewan vertebrata berdarah dingin.

Dengan ciri tubuh bersisik di sekujur tubuhnya untuk melindungi tubuhnya. Hewan ini memiliki ciri fisik yang sangat khas dan bisa dilihat dengan mudah.

 

Ciri-ciri Reptil

Secara umum hewan melata dapat dengan diketahui dengan cara melihanya dari ciri ciri khusus yang dimiliki seperti di bawah ini :

1.) Hawan melata merupakan hewan yang memiliki tulang belakang atau biasa disebut dengan vertebrata.

2.) Semua hewan melata berkembang biak dengan bertelur atau ovipar, meskipun ada beberapa hewan melata dari golongan spesie squamata yang melahirkan.

3.) Semua hewan melata memiliki ciri khusus yakni tubuh yang bersisik.

4.) Hewan melata merupakan hewan berdarah dingin dengan artian mereka mamou mengontrol suhu tubuh mereka sendiri.

5.) Memiliki atat ekskresi yaitu sepasang ginjal metanephros, dan hasil dari proses ekskresi yang dilakukan adalah asam urat dan asam nitrogen.

6.) Memiliki sistem saraf yang dilengapi dengan lobus optik yang ada di bagian dorsal otak, yaitu 12 pasang saraf cranial yang merupakan tambahan dari saraf terminalis.

Baca Juga :  Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan – Faktor Yang Mempengaruhi

7.) Reptil merupakan hewan ektothermal yang mempunyai kemampuan untuk menjaga suhu tubuh mereka.

 

 

Contoh Hewan Reptil

Setelah mengetahui apa saja ciri hewan melata, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja contoh hewan yang termasuk ke dalam hewan melata atau reptil.

1.) Penyu

Hewan yang pertama adalah penyu hijau yang merupakan salah satu jenis penyu laut yang mempunyai tubuh dengan ukuran yang cukup besar. Hewan satu ini memiliki kemampuan untuk berenang dilaut dan juga bertelur di darat.

Penyu sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis penyu yang ada di dunia, yang paling populer adalah penyu hijau dan jumlahnya sudah semakin langka. Lalu ada penyu sisik, penyu belimbing hingga penyu lekang.

Habitnya sendiri berbeda-beda, jika penyu hijau yang memiliki ciri fisik tubuh sebesar 80 cm hingga 150 cm ini bisa hidup di perairan tropis dan subtropics.

Dan bisa ditemukan di wilayah Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. namun ada satu penyu unik yang hanya ada di Samudera Pasifik yakni penyu sisik.

Sementara itu penyu langkang yang memiliki tubuh yang hampir mirip dengan penyu hijau ini bisa hidup di laut maupun di perairan tawar seperti sungai.

 

2.) Buaya

Buaya adalah salah satu reptile yang dikenal dengan keganasannya karena buaya memiliki rahang yang kuat dan mampu memangsa dalam sekejap. Buaya sendiri memiliki banyak jenis, yang paling terkenal di Indonesia adalah buaya muara, buaya irian, buaya Mindoro dan juga buaya siam.

Buaya muara sendiri adalah reptil yang memiliki populasi paling banyak di Indonesia, jenis buaya ini tersebar luas di kawasan Indonesia. Bahkan bisa ditemukan hingga ke Australia loh.

Baca Juga :  Manfaat Energi Matahari – Bagi Hewan, Tumbuhan Dan Manusia

Bisa dibilang buaya muara memiliki tubuh paling besar dari jenis lainnya dan ukuran tubuhnya pun juga panjang.

Selain buaya muara, buaya lain yang juga cukup populer adalah buaya sungai nil.

 

3.) Ular

Ular adalah hewan yang memiliki area penyebaran yang terbilang cukup luas loh. Dikarenakan ular juga bisa ditemukan dari dataran rendah hingga dataran tinggi, jenis reptil ini juga bisa ditemukan di daerah bersalju hingga di daerah guru.

Ular banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis dan masuk ke dalam kelompok melata karena tidak memiliki kaki. Namun memiliki tubuh panjang dengan sisik di sekujur tubuhnya.

 

4.) Kadal

Hewan melata selanjutnya yang bisa ditemukan dengan mudah adalah kadal, hewan ini merupakan reptil yang memiliki sifat seluruh tubuh ditutupi oleh sisik.

Sehingga membuat banyak kadal memiliki kemampuan untuk dapat tinggal di bagian atas tanah atau berjalan dengan cara merayap.

Tak seperti kebayakan reptile lainnya, kadal merupakan hewan pemakan segala yang tak hanya bisa memakan serangga tapi juga bisa makan buah-buahan. Hewan ini masuk ke dalam golongan amfibia dan memiliki kemampuan mamalia.

 

5.) Iguana

Hewan melata satu ini merupakan hewan yang tinggal di daerah tropis seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Hewan ini memiliki kelebihan pada indra penglihatannya yang tajam sehingga membuat iguana bisa melihat bayangan dan mampu untuk melihat dalam jarak yang cukup jauh.

Keistimewaan lain yang dimilikinya adalah hewan ini memiliki kemampuan untuk berkamuflasi karena warna kulitnya bisa digunakan untuk mengelahui musuh.

 

6.) Tokek

Hewan melata satu ini sering sekali ditemukan hidup di hutan maupun di lingkungan rumah. Tokek berkembang biak dengan cara ovovivipar, bertelu dan melahirkan.

Baca Juga :  Pembelahan sel - Pembelahan Mitosis Dan Meiosis, Dilengkapi dengan Prosesnya

Meski sering ditemui di lingkungan rumah, tapi hewan ini merupakan hewan pemalu yang jarang menampakkan dirinya.

Hanya seringkali hewan ini mengeluarkan suara khas yang menjadi ciri khasnya. Makanan tokek sendiri adalah serangga atau hewan yang lebih kecil dari tubuhnya.

 

 

Itu dia contoh hewan yang termasuk golongan hewan reptil dan bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya.

 

Artikel Lain :