Protista – Klasifikasi, Cara Hidup, Tabel dan Gambar

Posted on

Protista – Klasifikasi, Cara Hidup, Tabel dan Gambar

Ekosistem.co.id – Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai kingdom monera, nah sekarang kita akan membahas mengenai kingdom protista. Apa itu kingdom protista? Simak saja ulasan lengkaonya di bawah ini yuk!

Pengertian Kingdom Protista

Kingdom protista merupakan kingdom yang terdiri dari satu sel atau pun banyak sel dan bersel tunggal, mempunyai membran inti atau yang disebut dengan organisme eukariot.

Protista ini sendiri bisa dikelompokkan atas 3 bagian yakni menyerupai hewan atau protozoa, menyerupai tumbuhan atau ganggang dan juga menyerupai jamur. Protista sebagian besar hidup di air dikarenakan kelompok mahkluk ini tak mempunyai pelindung untuk menjaga tubuhnya dari hawa kering.

Meskipun tak semua bagian dari kingdom protista ini yang tersusun atas satu sel, karena ada juga yang multiseluler akan tetapi strukturnya masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan organisme yang lainnya.

Ciri-Ciri Kingdom Protista

Berikut ini merupakan ciri – ciri dari kingdom protista:

  1. Mempunyai Ukuran Mikroskopis dan Makrokopis

Oragnisme ini memiliki ukuran sekitar 5μm hingga 3 mm, meski begitu ada juga yang memiliki ukuran panjang hingga mencapai 60 meter atau bahkan lebih.

  1. Umumnya Uniseluler

Kingdom ini tersusun oleh satu sel uniseluler meski ada juga yang multiseluler atau memiliki sel banyak dan hidup secara berkoloni atau berkelompok.

  1. Tipe Sel Eukariotik

Membran inti yang dimiliki oleh protista disebut dengan sel eukariotik dan merupakan makhluk hidup prokariotik yang paling sederhana meski jauh lebih kompleks struktur yang dimiliki, fungsi hingga tingkah lakunya jika dibandingkan dengan Archaebacteria dan Eubacteria.

  1. Hidup Bebas atau Simbiosis

Kingdom protista ini bisa hidup secara bebas dengan cara menggantungkan satu sama lain akan tetapi juga bisa bersifat parasit yang hidup bergantung dengan organisme lainnya, protista dengan sifat ini merupakan organisme yang bisa menyebabkan penyakit di sekitarnya.

  1. Habitat Umumnya di Tempat Lembab

Karena tidak memiliki pelindung maka organisme ini lebih banyak ditemukan hidup di daerah lembab seperti danau, laut, sungai, batu dan rawa. Untuk organisme yang hidup di laut memiliki fungsi sebagai fitoplankton yang menjadi contributor utama untuk menyediakan energi jaring – jaring makanan.

  1. Bersifat Aerob dan Anaerob

Organisme ini bisa memiliki sifat aerob yang membutuhkan oksigen untuk melakukan proses respirasi dan juga bisa memiliki sifat anaerob yang tidak membutuhkan oksigen karena bersimbiosis bersama dengan bakteri yang memiliki sifat aerob.

Baca Juga :  Homeostasis Adalah – Fungsi, Komponen, Faktor Yang Mempengaruhi dan Contoh
  1. Bersifat Heterotrof Dan Fotoaurotof

Bakteri ini memperoleh makanan dengan cara mengabsorsi molekul organik sehingga disebut memiliki sifat heterotof akan tetapi sebagian lagi memiliki sifat fotoaurotof karena mempunyai kloroplas yang digunakan sebagai tempat untuk menangkap energi matahari.

  1. Bersifat Motil

Sebagian dari organisme ini mempunyai alat gerak yang bentuknya seperti flagel atau bulu cambuk, silia atau pun rambut getar sehingga dianggap memiliki sifat motil.

Klasifikasi Kingdom Protista

Berikut ini adalah klasifikasi dari kingdom protista :

  1. Menyerupai Hewan (Protozoa)

Kingdom protista yang satu ini menyerupai hewan sehingga disebut dengan protozoa yang merupakan organisme yang memiliki sel dan berukuran mikroskopis. Organisme ini sendiri berkembang biak dengan seksual dan aseksual. Jika didasarkan dari alat gerak yang digunakan organisme ini dibedakan menjadi 4 kelas yakni :

– RhizopodA (kaki semu)

– Ciliata (bulu getar)

– Flagellata (bulu cambuk)

– Sporozoa (tidak memiliki alat gerak khusus)

  1. Menyerupai Tumbuhan (Algae)

Organisme yang satu ini bentuknya menyerupai tumbuhan dan termasuk ke dalam kelompok protista fotosintetik. Algae ini sendiri tersusun atas satu sel atau ada juga yang berkoloni dan membentuk tubuh multiseluler. Secara umum organisme ini digolongkan menjadi empat kelas, yaitu :

– Cholophyta (alga hijau)

– Chrysophyta (alga emas)

– Phaeophyta (alga coklat)

– Rhodophyta (alga merah).

  1. Menyerupai Jamur

Terdapat dua jenis jamur protista yakni jamur lendir yang disebut dengan  Myxomycota dan juga jamur air yang disebut dengan Oomycota. Namun jamur ini bukanlah jamur sesungguhnya seperti jamur sporangia atau filament.

 

Sudah jelas kan, pembahasan kali ini mengenai protista? Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda semua.

Artikel Lainnya:

  1. Sumber Daya Alam Adalah
  2. Uterus Adalah
  3. Tumbuhan Porang
Baca Juga :  Anatomi Mata - Manusia, Hewan, Ikan