Proses Fotosintesis – Rumus, Proses Secara Sederhana, dan Proses Secara Lengkap

Posted on

Proses Fotosintesis

Ekosistem.co.id – Proses fotosintesis merupakan salah satu proses yang sangat penting bagi tumbuhan. Proses ini juga sangat wajib untuk kita pelajari mengingat tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat penting peranannya di muka bumi ini.

Tidak hanya memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan hewan, tumbuhan juga sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai proses fotosintesis secara lengkap. Termasuk faktor apa saja yang mempengaruhi dan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh proses ini hingga persamaan reaksi di dalam rumus fotosintesis.

Karena tumbuhan termasuk dalam organisme autrotof, maka tumbuhan mampu untuk membuat dan memproduksi makanan bagi dirinya sendiri. Nah, caranya adalah dengan melakukan proses fotosintesis ini.

Fotosintesis sendiri merupakan sebuah reaksi kimia yang berlangsung dengan cara memanfaatkan cahaya matahari untuk dapat menproduksi makanan.

Bisa dibilang tumbuhan memiliki perbedaan yang sangat mendasar dengan organisme atau makhluk hidup lain yang ada di muka bumi. Sebab tumbuhan mampu menghasilkan makanannya sendiri.

Caranya adalah dengan melakukan proses fotosintesis dan reaksi ini terjadi disebabkan adanya beberapa faktor. Antara lain seperti cahaya matahari dan klorofil yang ada di tumbuhan sebagai bahan bakar proses ini.

Tumbuhan juga dianggap memiliki syarat untuk melakukan proses fotosintesis dan juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lain. Yakni, berkembangbiak, bernapas dan juga bergerak.

Hanya saja yang menjadi pembeda antara tumbuhan dan makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan terletak pada kemampuannya untuk membuat memproduksi makanannya sendiri. Karena kemampuan ini tidak dimiliki oleh hewan dan manusia.

Hewan dan manusia membutuhkan makhluk hidup lain sebagai sumber makanannya, seperti manusia yang mendapat sumber makanan lewat tumbuhan dan hewan. Dan hewan karnivora yang mendapatkan asupan makanan dari hewan lain. Sedangkan hewan herbivora mendapatkan makanan dari tumbuhan.

Baca Juga :  Penggolongan Tanaman Contoh Beserta Penjelasannya

Coba simak gambar yang menunjukkan proses fotosintesis di bawah ini :

 

Pengertian Fotosintesis

Jika dilihat dari pengertiannya, maka fotosintesis sendiri merupakan sebuah proses biokimia. Proses ini berlangsung untuk membentuk zat makanan seperti karbohidrat yang mana sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

Proses fotosintesis dilakukan oleh hampir semua tumbuhan terutama tumbuhan berwarna hijau karena tumbuhan hijau mengandung klorofil. Sebab klorofil sendiri merupakan komponen utama proses fotosintesis selain cahaya matahari.

Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang KBBI, fotosintesis merupakan proses pemanfaatan energi yang berasal dari cahaya matahari.

Definisi fotosintesis secara umum adalah proses tumbuhan dalam membuat makanan sendiri dengan memanfaatkan cahaya matahari.

 

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Bisa dibilang hanya tumbuhan hijau yang sanggup melalukan fotosintesis karena di dalamnya terdapat klorofil. Sebab selain cahaya matahari, klorofil juga sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dalam proses ini.

Selain cahaya matahari, air dan karbondioksida juga sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis untuk menciptakan reaksi kimia.

Untuk mendapatkan karbondioksida (CO2), tumbuhan bisa mendapatkannya dari udara yang masuk lewat daun lalu melalui stomata atau mulut daun. Sementara air (H20) didapatkan oleh tumbuhan dengan bantuan akar. Akar akan menyerap air dari dalam tanah dan menyalurkannya menuju batang lalu ke seluruh tumbuhan.

Klorofil yang ada di daun akan menangkap energi yang berasal dari cahaya sinar matahari dengan cara melewati lapisan epidermis yang transparan. Untuk kemudian diteruskan menuju ke mesofil untuk melakukan proses fotosintesis.

Energi yang didapatkan dimanfaatkan untuk mengubah air menjadi glukosa atau gula  (C6H12O6). Dan juga diubah menjadi oksigen (O2) yang kemudian dari proses ini terciptalah makanan yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

Baca Juga :  Kalin – Penjelasan, Letak Dan Fungsi Hormonnya

Oksigen yang didapatkan oleh tumbuhan ini akan dikeluarkan melalui stomata di siang hari. Hal inilah yang membuat tumbuhan menjadi makhluk paling dibutuhkan di muka bumi, sebab proses fotosintesis tak hanya berguna bagi tumbuhan saja.

Namun seluruh makhluk hidup termasuk manusia dan hewan.

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Terdapat beberapa faktor yang secara aktif berperan pada proses fotosintesis, di antaranya adalah :

1.) Klorofil

Klorofil adalah salah satu komponen utama dalam proses fotosintesis dan klorofil bisa ditemukan pada tumbuhan hijau. Sebab klorofil sendiri berarti zat hijau pada tumbuhan terutama di bagian daun.

Sedangkan organisme mau pun tumbuhan yang di dalamnya tidak ditemukan zat hijau atau klorofil ini maka tidak akan mampu melakukan proses fotosintesis.

2.) Cahaya Matahari

Salah satu alasan mengapa tumbuhan melakukan proses fotosintesis di siang hari, karena adanya cahaya matahari yang merupakan komponen utama proses ini. Pengaruh cahaya matahari pun terbilang besar karena jika intensitas matahari tinggi maka proses fotosintesis pun berjalan dengan cepat.

Sebaliknya daerah dengan intensitas cahaya matahari rendah biasanya membuat tumbuhan sulit bertumbuh dan berkembang karena proses fotosintesis berjalan lambat.

3.) Air (H2O)

Air merupakan bahan utama dalam pembuatan makanan dari proses fotosintesis, sehingga jika tidak ada air, proses ini tidak bisa dilakukan.

Akar akan menyerap air dari dalam tanah dan dibawa ke batang lalu ke daun dan melakukan proses fotosintesis.

Hal ini membuat tumbuhan yang mendapatkan sedikit asupan air akan mudah layu dan menjadi mati sebab tidak bisa memproduksi makanan untuk dirinya sendiri.

4.) Karbondioksida (CO2)

Air dan karbondioksida adalah bahan dalam proses fotosintesis ini dan karbondioksida didapatkan dari udara bebas dengan diserap menggunakan stomata. Karbondioksida bisa berasal dari respirasi manusia dan hewan di sekeliling tumbuhan.

Baca Juga :  Gambar Sel Tumbuhan dan Fungsinya

 

Rumus Reaksi Fotosintesis

Secara umum tumbuhan menggunakan karbondioksida dan air untuk menghasilkan glukosa atau gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya dalam proses fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Berikut ini adalah persamaan reaksi fotosintesis.

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 + 6O2

 

Keterangan :

H2O = air

CO2 = karbondioksida

C6H12O6 = gula/glukosa

O2 = oksigen

 

Tabel Rumus Fotosintesis Tumbuhan

Tabel Rumus Fotosintesis Tumbuhan

Demikian penjelasan tentang proses fotosintesis pada tumbuhan yang disertai juga gambarnya,semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita tentang ilmu biologi.

 

Artikel Lainnya :