Proses Aliran Darah – Urutan, Sistem, Beserta Gambar

Posted on

Proses Aliran Darah – Urutan, Sistem, Beserta Gambar

Ekosistem.co.id – Pernahkah sahabat biologi berpikir bagaimana proses aliran darah terjadi? Padahal darah adalah satu satu bagian paling penting yang dimiliki oleh manusia ya, sehingga pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai proses aliran darah mulai dari urutan hingga sistem peredaran darah.

Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Proses Aliran Atau Peredaran Darah?

Proses ini merupakan proses yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh sangat membutuhkan zat zat yang sangat diperlukan dan juga membuang zat zat yang sudah tidak lagi dibutuhkan dengan bantuan proses peredaran darah. Selain itu proses ini juga ikut membantu untuk mengatur suhu tubuh serta mendistribusikan hormone yang ada pada organ yang sangat membutuhkannya.

Proses ini tak lepas dari peran organ jantung, maka dari itu jantung yang sehat akan membantu proses peredaran darah agar lancar. Jantung yang berdenyut tandanya sedang memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Detak jantung orang dewasa biasanya akan berdetak sekitar 72 denyut permenit dan akan mulai melemah seiring bertambahnya usia.

 

Urutan Peredaran Darah Pada Manusia

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah urutan peredaran darah :

  1. Peredaran Darah Besar

Adalah peredaran darah yang komplek dan dimulai dari bilik kiri yang mengalirkan darah ke oarta yang menerima darah yang memiliki kandungan oksigen yang nantinya akan mengalirkannya di arteri yang nantinya akan mengalir ke seluruh tubuh. Hingga akhirnya darah memasuki pembuluh vena dan juga mengangkut darah yang memiliki kandungan karbondioksida yang nantinya akan dialirkan ke pembuluh vena yang di antaranya akan melewati  vena remur, vena renal, vena portal hepar yang akhirnya akan tembus ke hati.

Baca Juga :  Pengertian Bioma – Jenis, Fungsi, Faktor, Ciri-cirinya

Dan kemudian dari hati darah akan dialirkan ke vena hepar, yang merupakan pembuluh vena yang membawa darah yang memgandung karbondioksida dari bagian bawah tubuh manusia. Pada bagian bawa dan vena yang ada di bagian atas akan dibawa oleh vena yang bernama subklavika dan juga vena jagulum.

Kedua vena ini sendiri akan bertemu di satu vena yaitu vena cava yang nantinya akan mulai memasuki jantung sebelah kanan yakni serambi kanan dan juga bilik kanan.

  1. Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang memiliki rute ke paru paru ke jantung sehingga darah yang memiliki kandungan karbondioksida akan dikeluarkan oleh jantung yang ada di sebelah kanan yaitu pada bilik kanan yang ada pada arteri pulmonalis. Darah yang memiliki kandungan karbondioksida akan mengalir ke pembuluh ini sehingga akan sampai di paru paru yang selanjutnya akan dikeluarkan oleh karbondioksida serta akan menghirup lagi udara yang memiliki kandungan oksigen.

Oksigen yang akan dihirup oleh paru paru hingga penuh setelah darah yang mengandung oksigen tersebut kemudian akan diikat oleh darah dan akhirnya dibawa kembali ke jantung dan melewati vena pulmonary dan memasuki serambi kiri hingga akhirnua sampai ke bilik kiri.

Peredarah darah kecil ini sendiri adalah peredarah darah yang ada di dalam rure pendek sehingga proses ini adalah proses yang sangat penting untuk tubuh.

 

Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah mekanisme sistem peredaran darah manusia yang wajib untuk sahabat belajar ketahui :

  1. Peredaran Darah Sistemik

Yang pertama adalah peredaran darah sistemik yang biasa disebut dengan nama peredaran darah besar yang dimulai pada saat darah yang mengandung oleh oksigen yang akhirnya dipompa dari bilik kiri jantung menuju ke seluruh tubuh hingga akhirnya akan kembali ke jantung lagi.

  1. Peredaran Darah Pulmonal

Yang kedua adalah darah pulmonal yang secara umum disebut juga dengan peredaran darah kecil yang dimulai pada saat darah yang memiliki kandungan CO2 atau karbon dioksida yang dipompa dari bilik kanan jantung menuju ke paru paru.

Baca Juga :  Gambar Aliran Energi – Di dalam Ekosistem Beserta Contohnya

Pada paru paru sendiri terjadi pertukaran gas yang akhirnya akan mengubah karbon dioksida agar menjadi oksigen pada saat dikeluarkan oleh paru paru dan akan kembali lagi ke jantung.

 

Nah, itu dia proses aliran darah beserta dengan penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan artikel yang lainnya, selamat belajar.

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Kultur Jaringan – Lengkap Dengan Penjelasannya
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Daur Air, Pengertian, Proses dan Gambar
  3. Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh