Pola Aliran Sungai – Bentuk dan Gambarnya

Posted on

Pola Aliran Sungai – Bentuk dan Gambarnya

Bumi terdiri dari daratan dan perairan. Berbagai macam makhluk hidup dimulai dari manusia, tumbuhan, hewan beserta hal lainnya mengisi bumi. Perairan di bumi ada berbagai macam, ada daerah perairan yang disebut dengan laut, danau, waduk ataupun sungai.

Bentuk Pola Aliran Sungai

Sungai adalah sebuah aliran air yang memanjang dan mengalir secara terus menerus dari hulu ke hilir atau dari sumber air tersebut ke muara. Perlu kalian ketahui bahwa sungai memiliki pola aliran yang unik dan diberi nama masing-masing dari setiap polanya tersebut.

Aliran sungai adalah air yang mengalir di sungai yang akan membentuk sebuah pola dan aliran tersebut berasal dari berbagai saluran utama atau cabang-cabang sungai yang mengarah ke suatu tempat tertentu.

Untuk melihat pola aliran air dari sebuah sungai dibutuhkan data seperti citra foto, citra non foto dan foto dari udara, agar bentuk dari pola aliran air dari sebuah sungai tersebut bisa dilihat dan dibagi menjadi beberapa macam pola aliran.

Sungai memiliki berbagai macam pola aliran dan tidak hanya lurus memanjang saja seperti yang kita ketahui selama ini. Pola aliran sungai yang ada di beberapa daerah memiliki pola aliran yang berbeda. Biasanya hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor seperti adanya perbedaan struktur, kemiringan, topografi hingga lotologi yang menjadi batuan dasarnya.

Berikut ini adalah bentuk dari pola aliran sungai yang biasa ditemukan di sekitar kita :

  1. Pola aliran sungai Dendritik

Pola aliran sungai yang paling sederhana adalah pola aliran dendritik, karena pola aliran ini berbentuk seperti cabang-cabang pohon atau urat yang ada di daun. Pola aliran ini di kendalikan oleh litologi batuan yang homogen dan memiliki tekstur atau kerapatan sungainya dari jenis batuan yang ada disungai tersebut.

  1. Pola aliran sungai Paralel

Pola aliran sungai jenis ini terbentuk karena adanya lereng yang curam atau terjal. Karena aliran sungai dipengaruhi oleh adanya lereng maka pola aliran yang terbentuk adalah lurus mengikuti arah lereng tersebut.

  1. Pola aliran sungai Radial Sentrifugal

Pada pola ini, aliran airnya akan menyebar dengan cara radial. Maksudnya air akan menyebar dari satu titik ke titik lain yang merupakan suatu ketinggian tertentu. Misalnya seperti puncak gunung berapi. Pola aliran ini bersifat menyebar ke segala arah yang berasal dari satu pusat.

  1. Pola aliran sungai Radial Sentripetal

Pola aliran ini merupakan kebalikan dari pola radial sentrifugal. Jika radial sentrifugal air dari satu titik menyebar ke segala arah, di pola aliran sentripetal pola aliran tersebut dari berbagai arah menuju satu titik pusat. Pola aliran jenis ini biasanya di temui di daerah barat dan barat laut Amerika.

  1. Pola aliran sungai Rektangular

Pola aliran jenis rektangular di kendalikan oleh struktur geologi seperti rekahan dan patahan. Sungai aliran jenis ini biasanya terjadi di struktur batuan beku. Pola aliran sungai ini bisa dilihat dari cirinya yang berbentuk tegak lurus. Pola ini juga adalah sekumpulan dari saluran air yang memgikuti struktur geologi.

  1. Pola aliran sungai Trellis

Bentuk yang berikutnya adalah pola aliran sungai yang mana anak sungainya biasanya nyaris sejajar dengan keberadaan dari sungai induknya. Aliran ini biasanya terjadi pada daerah patahan, selain itu pola airnya juga hampir sama dengan pagar yang berada pada kontrol yang dilakukan oleh struktur geologi.

Baca Juga :  Fungsi Protein – Untuk Kebutuhan Hidup Manusia

Biasanya pola aliran sungai jenis ini umum di jumpai di daerah perkebunan sawit dan padi.

  1. Pola aliran sungai Annular

Ciri ciri dari pola ini adalah terletak pada arah alirannya. Arah aliran dari pola ini biasanya akan menyebar dengan cara radial. Arahnya sendiri akan menuju ke hilir aliran air asalnya dan kemudian akan bersatu kembali. Pola aliran ini biasanya dijumpai pada dome dan kaldera stadium dewasa.

  1. Pola aliran sungai Pinnate

Pola aliran sungai pinnate adalah pola aliran yang dimana muara anak sungai tersebut berbentuk sudut lancip dengan sungai induk, biasanya pola aliran jenis ini terdapat di lereng bukit yang terjal.

 

Itulah berbagai jenis pola aliran sungai yang tersebar di dunia. Ternyata sebuah sungai memiliki berbagai macam pola alirannya tersendiri dan hal itu disebabkan oleh keadaan geologi dari masing-masing wilayah. Oleh karena itu, hal yang biasa kita ketahui bahwa sungai hanya berbentuk panjang saja ternyata memiliki beragam jenis bentuk yang unik dan berbeda.

 

Artikel Lainnya :

  1. Sumber Daya Alam yang Dapat Di Perbaharui
  2. Sumber Daya Alam
  3. Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat