Poaceae – Penjelasan Beserta ContohnyaPoaceae

Posted on

Poaceae – Penjelasan Beserta Contohnya

Poaceae atau suku rumput-rumputan merupakan salah satu suku tumbuhan yang memiliki bunga. Poaceae yang memiliki sebutan gramineae ini berakar serabut sehingga tumbuhan poaceae mudah dicabut, batangnya beruas-ruas dan memiliki rongga serta tumbuh tegak, daunnya berbentuk pita dan  tulang daun sejajar, pada ujung batang terdapat bunga yang tersusun membentuk malai atau bulir majemuk.

Poaceae banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Kita dapat menemukan tumbuhan ini dengan mudah karena kebanyakan poaceae ditanam oleh manusia. Mereka menanam poaceae karena kebanyakan sangat menguntungkan bagi kehidupan mereka terutama sebagai bahan pangan, papan, bahkan bisa digunakan sebagai obat.  Beberapa poaceae yang menguntungkan misalnya oryza sativa (padi), zea mays(jagung), dan saccharum officinarum(tebu). Beberapa poaceae juga merugikan bagi manusia, biasanya poaceae ini berperan sebagai gulma, yaitu tumbuhan yang tidak diinginkan kehadirannya di lahan pertanian karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksi.

Penyerbukan poaceae atau suku rumput-rumputan ini dibantu oleh angin, misalnya pada tanaman padi, jagung, gandum, dan rerumputan. Tumbuhan-tumbuhan tersebut membutuhkan bantuan angin karena mahkota bunga berukuran kecil, memiliki tangkai sari yang panjang, tidak memiliki nektar sehingga tak ada serangga yang hinggap, serbuk sarinya ringan. Angin membantu dengan cara meniup serbuk sari sehingga terlepas dari tangkainya sehingga ia dapat masuk ke dalam kepala putik.

Contoh – Contoh Tumbuhan Poaceae Atau Suku Rumput-Rumputan

1.Jagung (Zea mays)

Jagung atau zea mays merupakan salah satu dari anggota Poaceae atau suku rumput-rumputan. Tanaman ini menghasilkan banyak karbohidrat sehingga bisa digunakan untuk bahan pangan untuk kebutuhan manusia. Jagung adalah makanan pokok bagi penduduk amerika tengah, amerika selatan, dan afrika. Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang makanan pokoknya berupa jagung, yaitu daerah Madura dan Sulawesi.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat di Perbaharui

2.Padi (Oryza sativa)

Padi atau oryza sativa termasuk tumbuhan terpenting di dunia. Padi yang merupakan salah satu poaceae menjadi bahan pangan bagi penduduk di kawasan Asia dan Amerika Latin. Untuk mengonsumsi padi, kita harus mengolahnya dulu menjadi besar kemudian dimasak menjadi nasi dan selanjutnya siap untuk dihidangkan.

3.Gandum (Tritium sativum)

Gandum atau tritium sativum merupakan anggota suku poaceae yang kaya akan karbohidrat. Gandum menjadi bahan pangan utama bagi masyarakat Uni Eropa. Gandum biasanya diolah menjadi tepung terigu sebagai bahan dasar untuk membuat kue, mie, dan roti. Di Indonesia, gandum banyak dibudidayakan di daerah Bengkulu dan Sumatra Barat. Gandum sangat baik bagi kesehatan tubuh. Gandum membantu pencernaan, menurunkan tingkat kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah, mengontrol berat badan dan mencegah perut buncit.

Tebu (Saccharum officinarum)

Tebu atau saccharum officinarum adalah tumbuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena tebu adalah bahan dasar dari pembuatan gula pasir. Batang tebu diolah kemudian  dijadikan butiran-butiran gula pasir. Negara Brasil adalah penghasil tebu terbanyak di dunia. Daerah-daerah penghasil tebu terbesar di Indonesia adalah Aceh Barat, Bengkulu, D.I. Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Bambu betung (Dendrocalamus asper)

Bambu betung atau dendrocalamus asper merupakan suku rumput-rumputan atau poaceae yang menguntungkan bagi masyarakat. Bambu ini memiliki ukuran lingkar yang besar sekitar 20 cm dan tingginya bisa mencapai 25 m. Bambu betung biasanya digunakan sebagai bahan bangunan. Selain itu bambu betung juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, peralatan rumah tangga, dan alat musik.

Jelai (Hordeum vulgare)

Jelai atau yang dalam bahasa Inggrisnya adalah barley ini memiliki nama ilmiah Hordeum vulgare dan merupakan sejenis serealia yang biasa digunakan untuk pakan ternak dan sebagai makanan untuk kesehatan. Jelai sendiri berasal dari anggota suku padi-padian atau poaceae.

Baca Juga :  Sistem Reproduksi Manusia - Pada Pria Dan Wanita

Haver (Avena sativa L.)

Haver atau dikenal juga dengan oat merupakan serealia yang cukup penting di daerah yang memiliki iklim sub tropis dan sedang. Bulir yang dihasilkan dan disebut dengan haver juga ini dimanfaatkan sebagai salah satu makanan atau pakan ternak kuda, di Indonesia sendiri produk ini dikenal dengan nama havernut dan merupakan sejenis bubur yang diintroduksi oleh penjajahan Belanda.

Sorgum (Sorghum spp.)

Merupakan tanaman serbaguna yang bisa digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan juga bahan baku untuk industri. Sebagai bahan pangan sorgum sendiri berada di urutan ke 5 setelah gandung, jagung, padi dan jelai dan merupakan salah satu makanan pokok. Tak hanya di Amerika saja Sorgum juga menjadi makanan pokok yang penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

 

Itulah penjelasan mengenai poaceae atau suku rumput-rumputan beserta contohnya. Semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita mengenai poaceae beserta penjelasan lengkapnya, selamat bertemu lagi di artikel yang berikutnya.

Artikel Lainnya :