Piramida Makanan Adalah – Lengkap Dengan Pengertian, Contoh, Gambar

Posted on

Piramida Makanan Adalah – Lengkap Dengan Pengertian, Contoh, Gambar

Piramida Makanan – Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai piramida makanan. Apa itu piramida makanan? Pastinya anda sudah pernah mendengar atau bahkan sering mendengar istilah piramida makanan akan tetapi belum mengetahui pun tidak mengetahui sama sekali apa itu piramida makanan. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai piramida makanan mulai dari pengertian, contoh yang disertai dengan gambarnya sehingga bisa membuat anda mengetahui apa itu piramida makanan.

Tahukah anda jika piramida makanan bisa secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah pembagian populasi hewan dan juga tumbuhan atau pun ekosistem yang dilakukan berdasarkan jumlahnya di dalam bentuk piramida. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini hingga selesai karena akan membahas materi pembelajaran ini hingga tuntas.

Pengertian Piramida Makanan

Piramida makanan merupakan sebuah gambaran yang menampilkan informasi mengenai pengelompokan ekosistem yang membandingkan komposisi dan juga jumlah biomassa. Komposisi dan jumlah biomassa itu sendiri dikelompokkan daru mulai produsen konsumen I, konsumen II, dan konsumen III.

Pada sebuah ekosistem yang normal contohnya, produsen memiliki jumlah yang paling banyak pada sebuah ekosistem untuk kemudian jumlah konsumen tingkat I lebih banyak jika dibanding jumlah konsumen di tinggal II. Untuk jumlah konsumen pada tingkat II ini sendiri lebih banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan konsumen tingkat III dan akan begitu seterusnya.

Contoh Piramida Makanan

Gambar yang ada di atas merupakan contoh dari piramida makanan dan piramida makanan sendiri bisa dikelompokkan menjadi 2 kelompok jika berdasarkan dengan ekosistem makhluk hidup. Pengelompokkannya yakni piramida makanan ekosistem air dan juga piramida makanan ekosistem darat.

Baca Juga :  Organiseme – Pengertian Lengkap dan Contoh

Piramida makanan ini sendiri dibagi menjadi 2 dikarenakan pada dasarnya habitan dan juga makanan makhluk hidup sendiri secara umum dibagi menjadi darat dan juga laut maka dari itu jenis makanan, cara hidup serta ekosistemnya sudah pasti sangat berbeda.

Piramida Makanan Ekosistem Air

Untuk piramida makanan ekosistem air merupakan contoh urutan posisi makhluk hidup yang ada pada piramida makanannya merupakan phytoplankton yang menjadi produsen, sementara itu ikan kecil dan ikan dengan ukuran sedang menjadi konsumen I, kemudian anjing laut menjadi konsumen II, dan disusul dengan paus pembunuh yang menjadi konsumen di tinggal III.

  • Phytoplankton menjadi produsen di piramida makanan ekosistem air dikarenakan jumlahnya yang amat sangat banyak dan menjadi cadangan makanan bagi sebagian besar makhluk hidup yang berada di eskosistem air.
  • Konsumen I yang terdapat pada piramida makanan ekosistem air merupakan ikan kecil dan ikan yang mempunai ukuran besar yang pada umumnya ikan ini mengkonsumsi plankton.
  • Konsumen II yang terdapat pada eksosistem air merupakan anjing laut dan ikan yang mengkonsumsi ikan yang lebih kecil.
  • Konsumen III yang ada pada piramida makanan merupakan paus pembunuh dan piramida makanan di biota air ini merupakan ikan besar yang tidak ada organisme lain yang memangsanya. Contohnya saja seperti paus pembunuh dan paus biru.

Piramida Makanan Ekosistem Darat

Piramida makanan yang terdapat pada ekosistem darat tak hanya diisi oleh hewan saja melainkan diisi oleh tumbuhan juga yang menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari piramida makanan ekosistem darat. Berikut ini adalah rincian piramida makanan untuk ekosistem darat.

  • Produsen yang terdapat pada piramida makanan ekosistem darat ini dihuni oleh berbagai tumbuhan seperti rerumputan dan juga tumbuhan yang daunnya dikonsumsi oleh sebagian besar populasi binatang yang ada di daratnya.
  • Konsumen I yang ada pada eskosistem darat contohnya seperti serangga dan tikus yang memakan tumbuhan dan juga sejenisnya yang ada di darat.
  • Konsumen II di ekosistem darat ini diisi oleh binatang seperti katak, ayam dan juga hewan sejenisnya yang mengkonsumsi serangga mau pun belalang.
  • Konsumen III yang ada pada piramida makanan ekosistem dasar seperti butung elang, ular dan hewan lainnya yang merupakan pemangsa ayam dan juga hewan sejenisnya yang ada di darat.
Baca Juga :  Fungsi Mitokondria Adalah – Lengkap Dengan Struktur Dan Gambar

Demikian pembahasan kami mengenai piramida makanan yang bisa menambah ilmu pengetahuan anda mengenai piramida makanan mulai dari pengertian hingga contohnya yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Artikel Lainnya: