Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan – Faktor Yang Mempengaruhi

Posted on

Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuha

Ekosistem.co.id – Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sangatlah penting untuk dibahas agar sahabat biologi tahu apa itu pertumbuhan dan juga perkembangan pada tumbuhan.

Tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup makhluk lain yang hidup di bumi.

Setidaknya bumi memiliki lebih dari 310 jenis tumbuhan yang di antaranya ada 260 tumbuhan tanaman hijau dan memiliki kemampuan untuk mereproduksi oksigen yang kita butuhkan untuk bertahan hidup.

Maka tak heran jika tumbuhan dianggap sebagai dasar dari ekosistem di Bumi.

Tumbuhan juga merupakan sumber makanan utama bagi sebagian makhluk hidup, dari mulai biji bijian, pada, buah hingga sayur.  Semua bisa didapatkan dari tumbuhan dan kita konsumsi setiap hari.

Tak hanya memiliki manfaat untuk dikonsumsi beberapa tumbuhan juga memiliki kelebihan karena bisa digunakan sebagai obat-obatan dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sehingga kini, tumbuhan tak hanya hadir sebagai bahan pokok makanan tapi juga menjadi hiasan yang tanam untuk keindahan. Apalagi jika menanam tumbuhan tak hanya bisa dimanfaatkan fungsi untuk dikonsumsi, sebagai obat dan keindahan tapi juga membantu melestarikan lingkungan.

Apa jadinya jika tumbuhan musnah di muka bumi ini, sumber pagan menghilang dan sumber oksigen pun juga musnah. Lalu makhluk hidup di dunia ini juga akan terancam punah.

Begitu pentingnya fungsi tumbuhan bagi kehidupan, sehingga sudah sepantasnya kita manusia mulai menjaga tumbuhan agar tak punah. Untuk itu, wajib bagi kita mengetahuin tentang pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

 

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Secara pengertian kedua istilah ini sendiri memiliki perbedaan, berikut ini penjelasannya :

Baca Juga :  Minyak Bumi - Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah

Pengertian Pertumbuhan pada Tumbuhan

Pertumbuhan sendiri adalah perubahan pada bentuk yang ada pada tumbuhan dan terjadi akibat adanya jumlah sel yang bertambah. Pertumbuhan juga disertai dengan pembesaran ukuran sel sehingga juga membuat ukuran tumbuhan menjadi membesar.

Pertumbuhan bisa dibilang sebagai suatu proses yang bersifat irreversible sehingga tidak bisa kembali ke bentuk semula. Jadi tumbuhan yang sudah bertumbuh besar tidak akan berubah ke bentuknya semula.

Pertumbuhan yang terjadi pada mahluk hidup biasanya dapat dilihat dari ukuran tubuh yang semakin membesar dan ditandai dengan ukuran yang semakin bertambah. Akan dan batang yang semamin besar dan kuat.

Pertumbuhan tumbuhan dibagi menjadi dua yakni, pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Berikut ini adalah penjelasannya:

1.) Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan Primer adalah pertumbuhan yang sangat dasar yang biasa terjadi pada tumbuhan, biasanya terjadi akibat sel sel pada jaringan meristem yang melaklukan pembelahan secara terus menerus.

Jaringan meristem juga ada pada ujung akar dan juga ujung batang. Oleh sebab itu, pertumbuhan primer juga mempengaruhi ukuran akar serta ujung batang.

Pembentukan lapisan epidermis, korteks, xylem primer, floem primer dan juga empelur merupakan pertumbuhan primer.

2.) Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan Sekunder atau yang juga disebut dengan meristem sekunder adalah pertumbuhan yang ditandai dengan pelebaran batang dan juga penambahan lingkar tahun.

Serta jaringan parenkim yang mampu menghubungkan empelur dan juga kulit kayu atau yang biasa disebut juga dengan jari-jari empelur.

Terdapat sel sel cambium pada xylem dan floen yang sanggup membelah aktif ke dalam bentuk xylem sekunder sementara yang membelah ke luar membentuk floem sekunder.

Pertumbuhan sekunder sangat sering dipengaruhi oleh musim dan aktifitas kambium juga akan meningkat pada saat musim penghujan serta bisa menurun saat kemarau tiba.

Baca Juga :  Jaringan Dewasa - Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Gambar

Pertumbuhan primer dan sekunder ini akan terus berlangsung selama tumbuhan tersebut masih hidup sehingga tak jarang jika ada tumbuhan yang memiliki ukuran besar setelah hidup puluhan tahun lamanya.

 

Pengertian Perkembangan pada Tumbuhan

Sementara itu perkembangan merupakan perubahan fungsi dari pada organ-organ yang menjadi lebih kompleks dari sebelumnya.

Perkembangan biasanya akan terjadi karena adanya diferensiasi sel, diferensiasi sel sendiri merupakan proses mekanisme yang bisa membuat sel dengan struktur ataupun fungsi yang sama menjadi berbeda dan menjadi jaringan yang lebih dewasa.

 

Salah satu contoh perkembangan pada tumbuhan adalah munculnya bunga sebagai alat reproduksi tumbuhan itu sendiri.

 

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, adapun  faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan ini dibagi menjadi dua golongan, yakni:

1.) Faktor Dalam

Faktor pertama yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah faktor dalam, faktor ini tergantung pada gen dan juga hormon.

Gen merupakan unit yang memiliki fungsi untuk pewarisan sifat, gen sendiri terbentuk susunan DNA yang menentukan pewarisan yang sama dengan induknya.

Sementara hormon merupakan pembawa pesan kimia antara sel. Berikut ini adalah macam-macam hormone tumbuhan:

– Auksin

– Giberelin

– Sitokinin

– Asam Absistat atau Dormin

– Gas Etilen

– Kalin

– Asam Traumalin

 

2.) Faktor Luar

Selain faktor dalam ada faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang akan berdampak pada tumbuhan itu sendiri.

Berikut ini adalah faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan :

– Nutrisi

– Cahaya Matahari

– Suhu

– Kadar Air

 

 

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Secara umum pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang sangat berbeda. Meski sama sama memberikan perubahan pada tumbuhan namun berikut ini adalah perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan.

Baca Juga :  Limpa Adalah – Pengertian, Fungsi Beserta Penyakit Limpa

1.) Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah sebuah proses perubahan yang terjadi bersamaan dengan bertambahnya ukuran. Pertumbuhan sendiri disebabkan oleh adanya pembelahan dan pembesaran sel.

Pertumbuhan juga bersifat kuantitati dikarenakan dapat diukur dan dilihat. Selain itu pertumbuhan bersifat irrevesible atau tetap. Sehingga tidak bisa kembali ke keadaan semula jika sudah mengalami pertumbuhan.

 

2.) Perkembangan

Perkembangan adalah sebuah perubahan bentuk mau pun tipe sel yang terjadi secara lebih spesifik atau terpesialisasi atau diferensial. Perkembangan juga merupakan sebuah proses menuju kedewasaan yang terjadi karena adanya perubahan pada struktur serta pada fungsi sel.

Seperti pembentukan jaringan dan organ atau morfogenesis. Berbeda dengan pertumbuhan yang bisa dilihat dan diamati. Perkembangan tidak bisa diukur sehingga bersifat kualitatif.

 

Sudah jelas kan apa saja yang dapat mempengaruhi faktor pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar…

 

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Lambung – Meliputi Bagian Dan Strukturnya
  2. Fungsi Epidermis – Epidermis Atas, Epidermis Pada Kulit Dan Epidermis Pada Akar
  3. Simbiosis Parasitisme : 20 Contoh, Pengertian, dan Gambar Lengkap
  4. Daur Hidup Kecoa – Penjelasan, Contoh, Beserta Gambarnya