Persamaan Dan Perbedaan Otot – Otot Lurik, Otot Polos Dan Otot Jantung

Posted on

Hai sahabat Biologi, hari ini kami akan memberikan pembahasan yang sangat menarik mengenai salah satu bagian yang ada di dalam tubuh kita. Yakni, persamaan dan perbedaan otot. Otot adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Bayangkan jika sahabat Biologi tidak memiliki otot di dalam tubuh kalian?

Pastinya kalian tidak akan bisa beraktifitas seperti biasanya bukan, atau bahkan sangat kesulitan saat melakukan aktifitas sehari-hari. Misalnya ketika akan duduk, makan dan mengangkat barang. Semua kegiatan ini memiliki keterkaitan dengan kerja otot kita loh.

Otot sendiri memiliki banyak jenis dan salah satu jenis yang akan kita bahas adalah oto lurik, otot polos hingga otot jantung.

Kami akan beberkan persamaan beserta dengan perbedaan di antara otot otot tersebut. Sekaligus akan mengajak sahabat biologi untuk mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis otot ini.

Langsung saja sahabat biologi simak ulasan lengkap mengenai apa saja persamaan hingga perbedaan yang ada pada otot yang terdapat di dalam tubuh kita ya!

 

Pengertian OTOT

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jika otot merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup krusial peranannya. Otot sendiri bisa sahabat biologi temukan pada jaringan yang letaknya berada di dalam tubuh kita. Tapi bukan hanya manusia saja yang punya otot loh.

Sebab hewan juga memiliki jaringan otot di dalam tubuhnya. Fungsinya pun sama dengan otot yang sahabat belajar miliki. Yakni untuk mendukung segala aktifitas baik aktifitas ringan seperti berjalan, duduk dan makan. Hingga aktifitas berat seperti berlari.

Baca Juga :  Proses Pencernaan Pada Manusia

Tadi kami sudah menyinggung mengenai jenis-jenis otot yang kita semua miliki. Artinya jenis otot ini hanya bisa ditemukan pada manusia. Sedangkan pada hewan ada beberapa yang ada dan tidak ada, dengan bentuk dan fungsi yang berbeda pula.

Jenis-jenis otot ini meliputi : otot lurik, otot polos dan juga otot jantung. Salah satu manfaat dari otot yang ada di dalam tubuh sahabat biologi dan saya adalah untuk memicu gerakan. Gerakan ini sendiri bisa menjadi penyebab suatu organisme mau pun organ yang terdalam di dalam organisme tersebut menjadi bergerak.

Setiap otot pastinya memiliki perbedaan, baik dari bentuk hingga fungsinya. Namun beberapa otot juga memiliki persamaan loh. Nah, untuk lebih lengkapnya sahabat biologi bisa cek ulasan di bawah ini, agar tahu apa saja persamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh tiap-tiap otot.

 

Jenis-Jenis Otot

1.) Otot Lurik

Otot lurik adalah salah satu dari ketiga jenis otot yang akan kita bahas kali ini. Otot ini bisa sahabat biologi kenali dari bentuk dan tampilannya yang lurik-lurik, antara warna terang dan warna gelap. Dan saling berselang-seling, sesuai dengan namanya kan.

Otot ini sendiri terletak pada bagian rangka yang menempel di bagian rangka manusia atau pun hewan sehingga otot ini juga sering sekali disebut dengan otot rangka

Otot lurik ini sendiri menempati di seluruh bagian tubuh manusia mau pun hewan secara menyebar, sementara itu cara kerja dari otot lurik ini sendiri bekerja di bawah kesadaran atau pun gerak refleks yang artinya otot ini digerakkan secara sadar oleh manusia atau pun hewan.

Selain dari tampilannya yang khas, sahabat biologi juga dapat mengenali otot lurik ini dari ciri-cirinya yang cukup mudah untuk dibedakan dengan jenis otot yang lain. Yakni pada asam laktak yang terlihat menumpuk di bagian selnya.

Baca Juga :  Bakteri – Penjelasan, Dalam Ekosistem Berperan Sebagai?

Sebaran otot ini cukup luas di tubuh sahabat biologi. Cara kerjanya pun termasuk dalam jenis di bawah kesadaran atau gerak reflek. Artinya pergerakan dari otot lurik ini tidak bisa sahabat biologi rasakan secara sadar.

Asam laktat yang menumpuk pada otot lurik ini bisa membuat sahabat biologi cepat lelah. Jika otot ini digunakan untuk bergerak dalam waktu yang lama. Otot ini bisa sahabat biologi temukan pada bagian tubuh seperti otot paha, otot betis, otot lengan hingga pada otot perut.

 

2.) Otot Polos

Otot polos adalah otot yang dikelompokkan di dalam kategori otot tak sadar atau refleks yang artinya otot ini akan bekerja di bawah alam kesadaran manusia karena otot ini jaringannya dibentuk oleh otot – otot yang dibentuk otot polos seperti gelendong yang kedua ujungnya memiliki bentuk runcing sementara di bagian tengahnya menggelembung. Contoh dari otot polos ini adalah: Otot lambung, otot usus, dan otot nadi.

3.) Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang membentuk jantung dan merupakan jenis otot lurik dengan segmen yang berubah – ubah dari serat protein tebal dan serat yang tipis yang sering disebut dengan myosin dan aktin yang masing – masing menyebabkan striasi ini.

Fungsi dari otot ini sendiri adalah memompa jantung untuk bisa mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh dan otot ini memiliki keistimewaan utama yakni tak mudah mengalami kelelahan sejak awal aktif.

Otot jantung ini sendiri memulai kegiatannya sejak masih dalam tahap janin dan berakhir setelah kematian karena otot jantung tidak mengalami kelelahan dikarenakan pasokan oksigen yang sangat tinggi.

Desain dari sistem peredaran darah juga menjadi salah satu pemberi kontribusi untuk menyediakan darah dengan konsentrasi tertinggi oksigen untuk otot jantung sehingga semua permintaan akan bisa terwujud untuk dapat mencegah kelelahan.

Baca Juga :  Hutan Lingdung - Fungsi, Manfaat, dan Contoh

Otot–otot jantung ini sendiri terdiri dari sel sel otot jantung yang sering disebut dengab kardiomiosit yang di dalamnya terdapat satu atau pun dua inti akan tetapi terkadang mungkin ada juga tiga hingga empat inti di dalam satu sel. Contoh dari otot jantung adalah: Otot Jantung : Otot jantung terdapat pada jantung

 

Perbedaan Antara Otot Lurik, Otot Polos, Serta Otot Jantung

 

Demikian penjelasan mengenai persamaan dan perbedaan otot lurik, otot polos dan juga otot jantung.

Artikel Lainnya :