Persamaan Dan Perbedaan Otot – Otot Lurik, Otot Polos Dan Otot Jantung

Posted on

Persamaan dan Perbedaan Otot

 

Ekosistem.co.id – Persamaan dan perbedaan otot memang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Namun hal ini tetap dapat dipelajari untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu biologi.

Otot sendiri merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh kita, dan otot memiliki beberapa jenis dengan persamaan dan perbedaannya.

Sebelum melihat perbedaan dan persamaannya, kita lihat terlebih dahulu yuk, pengertian otot melalui ulasan di bawah ini.

 

Pengertian Otot

Otot adalah salah satu bagian tubuh yang mmemiliki fungsi penting dan sangat krusial peranannya bagi tubuh kita. Otot bisa ditemukan pada setiap jaringan di dalam tubuh. Otot pun tidak hanya dapat ditemukan di tubuh manusia saja, namun makhluk lain seperti hewan juga memilikinya.

Hewan juga memiliki jaringan otot dengan fungsi yang sama dengan yang dimiliki oleh manusia.

Fungsi utama otot adalah sebagai pendukung aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Baik aktifitas ringan seperti berjalan, duduk, minum dan makan. Mau pun aktifitas yang sangat berat seperti berlari, berenang dan berolahrga.

 

Jenis-Jenis Otot

Otot terbagi ke dalam tiga jenis yakni otot lurik, otot polos dan otot jantung. Setiap jenis otot memiliki fungsi yang berbeda-beda dan sangat penting peranannya bagi tubuh manusia.

Tidak hanya fungsinya saja yang berbeda, namun bentuknya pun juga berbeda. Namun meski begitu ada beberapa persamaan yang ada pada ketiga jenis otot ini.

Nah, persamaan yang ada pada otot bisa dilihat dari setiap kriteria yang dimiliki oleh jenis jenis otot di bawah ini.

 

Persamaan Otot Lurik, Otot Polos dan Otot Jantung

 

1.) Otot Lurik

 

Baca Juga :  Sel Epitel – Pengertian dan Penyebabnya Beserta Gambar

Otot lurik memiliki pola dengan warna yang terang dan gelap dan bermotif lurik, atau selang seling sesuai dengan nama dari otot ini. Letak otot lurik berada di bagian rangka manusia dan menempel di dalamnya. Hal inilah yang membuat otot lurik biasa disebut juga dengan nama otot rangka.

Otot lurik dapat ditemukan di seluruh bagian tubuh manusia dan juga hewan karena otot ini sifatnya menyebar. Cara kerja dari otot lurik adalah di bawah sadar atau memiliki gerak reflek.

Artinya otot ini dapat digerakkan secara tanpa sadar, cara kerjanya pun baik pada hewan dan manusia hampir sama.

Ciri ciri dari otot lurik adalah asam laktat yang menumpuk di bagian sel nya sehingga membuat tubuh cepat lelah. Jika kita menggunakan otot ini secara terus menerus dalam waktu lama.

Otot lurik bisa ditemukan dip aha, betis, lengan hingga bagian perut.

 

2.) Otot Polos

 

Otot polos adalah otot yang masuk dalam kategori otot tidak sadar atau otot reflek yang bekerja di bawah alam sadar. Otot ini dibentuk oleh jaringan otot otot yang aktip

Otot polos membentuk lapisan yang ada pada alat alat tubuh manusia, seperti pembuluh darah, dinding rahim, dinding usus hingga saluran kelamin. Sehingga otot ini juga disebut dengan nama otot alat dalam.

Cara kerja otot polos adalah secara otonom atau di bawah sadar. Otot ini pun dapat ditemukan di usus, nadi dan lambung.

 

3.) Otot Jantung

 

Otot jantung merupakan jenis otot lurik dengan segmen yang dapat berubah-ubah dan berasal dari serat karbon yang tebal. Serat tipis dari otot ini biasa disebut dengan myosin dan aktin.

Baca Juga :  Jaringan Epitel – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Fungsinya

Otot ini berfungsi untuk memompa jantung agar dapat mengedarkan darah ke seluruh tubuh kita. Salah satu keistimewaan dari otot ini adalah, sifatnya yang tidak akan pernah merasa lelah. Dan baru akan berhenti ketika detak jantung manusia berhenti.

Salah satu faktor yang membuat otot jantung tidak pernah lelah adalah pasokan oksigen yang sangat banyak

Otot jantung hanya bisa ditemukan di jantung saja dan tidak ada di bagian tubuh lainnya.

 

Persamaan otot lurik, otot polos dan otot jantung terletak pada fungsinya yang menunjang segala kegiatan manusia.

 

 

Perbedaan Antara Otot Lurik, Otot Polos, Serta Otot Jantung

 

 

Sedangkan perbedaan dari semua jenis otot ini cukup banyak, dan berikut adalah penjelasannya. Coba disimak ya!

1.) Letak

Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung
Menyusun oto yang terletak di tulang. Menyusun organ dalam manusia, seperti usus, lambung, dan pembuluh darah. Menyusun otot otot yang terdapat di dinding jantung.

 

2.) Bentuk Sel

Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung
Sel bulat dan sedikit memanjang dan memiliki banyak inti yang letaknya ada di tepi. Memiliki ujung sel yang bentuknya meruncing dan memiliki satu inti yang letaknya ada di tengah. Berbentuk bulat memanjang, memiliki ujung bercabang dengan banyak inti sel yang letaknya di tengah.

 

3.) Kontrol Syaraf

Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung
Menggunakan kontrol sadar karena kontraksi yang dilakukan dikontrol oleh sistem syaraf secara sadar. Bekerja secara tidak sadar, karena otot bekerja secara tanpa sadar dan dikendalikan oleh syaraf. Otot tidak sadar dan dapat bekerja tanpa henti serta tidak merasa lelah.

 

4.) Reaksi

Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung
Cepat Lambat Lambat
Baca Juga :  Ovum – Pengertian, Proses Pembentukan Dan Fungsinya

 

5.) Sifat Kerja

Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung
Mudah dan cepat lelah. Tidak Cepat lelah. Tidak pernah merasa lelah.

 

Demikian penjelasan yang dapat Guru sampaikan mengenai persamaan dan perbedaan otot lurik, otot polos dan juga otot jantung. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat biologi, sampai jumpa dan selamat belajar di rumah.

Artikel Lainnya :