Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Posted on

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Ekosistem.co.id – Jika berbicara mengenai perkembang biakan, tumbuhan memiliki dua cara perkembang biakan yakni secara genetratif dan juga vegetatif.  Apakah kamu tahu, apa itu perkembangan generatif dan perkembangan vegetatif. Akan tetapi pada kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan generatif pada tumbuhan. Nah, apa itu perkembangan generatif dan bagaimana saja prosesnya? Yuk, simak di bawah ini ya.

Sudah bukan rahasia lagi jika makhluk hidup yang ada di dunia ini hidup bukan hanya untuk bertumbuh saja namun juga untuk melindungi diri dari musuh, bertahan hidup dan yang tak kalah penting yang harus dilakukan oleh tumbuhan adalah berkembang biak dan memperbanyak dirinya agar makhluk tersebut tak mati dengan sia – sia dan menghasilkan spesiesnya dari jenisnya.

Baik manusia, hewan dan tumbuhan membutuhkan perkembang biakan untuk melestarikan jenisnya. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai proses perkembang biakan yang dilakukan oleh tumbuhan.

Seperti yang sudah dijelakan di atas jika perkembang biakan pada tumbuhan memiliki dua jenis yakni secara generatif dan vegetatif, sementara pada artikel ini akan dibahas mengenai perkembang biakan tumbuhan secara generatif.

Secara umum perkembang biakan secara generatif merupakan perkembang biaakan yang terjadi secara seksual atau kawin yang umumnya dilakukan oleh tumbuhan berbiji.

Proses perkembang biakan ini sendiri biasanya diawali dengan penyerbukan lalu diikuti dengan pembuahan, karena perkembang biakan ini sendiri memang dilakukan secara seksual sehingga tumbuhan berbiji juga mempunyai kelamin jantan dan juga kelamin betina.

Penyerbukan sendiri adalah proses jatuhnya sebuk sari pada kepala putik dan juga pembuahan merupakan proses pelebuhan gamet betina dan juga gamet jantan.

Baca Juga :  Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Perkembang biakan secara generatif yang terjadi pada tumbuhan biji tertutup ini sendiri diawali dengan penyerbukan yakni sebuah proses atau peristiwa menempelnya serbuk yang terjadi di kepala putik, dan berikut ini adalah contoh perkembang biakan generatif yang terjadi pada tumbuhan.

  1. Penyerbukan yang Dilakukan Sendiri atau Autogami

Penyerbukan merupakan suatu proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dengan sendirinya, proses ini sendiri hanya bisa dilakukan oleh bunga yang lengkap dikarenakan proses ini adalah ciri ciri dari penyerbukan, contoh tumbuhan yang melakukan outogami ini seperti bunga kembang sepatu, bunga terompet dan bunga pacar air.

  1. Penyerbukan Geitonogami

Penyerbukan ini merupakan sebuah proses terjatuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga lain yang memang masih di dalam satu pohon atau masuk dalam satu batang tumbuhan tersebut, contoh tumbuhan yang melakukan proses geitonogami adalah beberapa bunga yang tidak lengkap seperti bunga biji matahari, bunga aster dan bunga lainnya.

  1. Penyerbukan Silang atau Alogami

Penyerbukan alogami ini disebut juga dengan penyerbukan silang merupakan proses terjadinya serbuk sari ke kepala putik bunga lain. Bunga tersebut adalah bunga tumbuhan lain yang merubapak bunga yang berasal dari batanga atau pun pohon yang berbeda dengan tumbuhan tersebut akan tetapi masih satu jenis.

  1. Penyerbukan Bastar atau Hybrid

Penyerbukan bastar atau bisa juga disebut dengan hybrid merupakan proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga yang lain yang berbeda jenis dengan bunga yang menjatuhkan serbuk sari tesebut dan bagian bagian bunga sempurna atau lengkap merupakan bunga yang mempunyai dua jenis alat kelamin yakni putik dan benang sari.

Jenis bunga ini biasanya melakukan penyerbukan dengan cara autogami sementara bunga yang tidak lengkap merupakan bunga yang hanya mempunyai satu alat kelamin saja yakni salah satu dari benang sari atau pun kepala putik.

Baca Juga :  Bonsai Kelapa - Cara Cepat Menumbuhkan Tunas Dan Merawatnya

 

Sekarang sudah tahu kan, apa itu perkembang biakan generatif yang terjadi pada tumbuhan dan bagaimana saja prosesnya hingga contohnya yang sudah kami ulas di atas. Semoga dengan begini kamu menjadi lebih tahu mengenai perkembang biakan pada tumbuhan terutama perkembang biakan generatif. Apalagi perkembang biakan merupakan proses yang sangat penting yang harus dilalui oleh setiap makhluk hidup termasuk tumbuhan. Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Hewan Paling Beracun Sedunia – Gambar Beserta Penjelasannya
  2. Hewan Langka – Yang dilindungi di Indonesia dan Yang hampir punah, Beserta gambarnya
  3. Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek di Dunia