Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Beserta pengertian,Dan Gambarnya

Posted on

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Dilengkapi Dengan Pengertian, dan Gambarnya

 

Pengertiannya :

ekosistem.co.id – Hewan dan tumbuhan merupakan dua jenis klasifikasi makhluk hidup yang sering kita jumpai di ruang lingkup kehidupan kita. Hewan dan tumbuhan layaknya mahluk hidup lainnya memiliki juga sel-sel penyusun. Terdapat perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang bisa kita amati dari beberapa bagian dan fungsinya.

Hewan dan Tumbuhan memiliki struktur yang sangat jauh. Dari segi fisik, cara bertahan hidup, karakteristik hingga jenis-jenisnya, jelas sekali jika hewan sangat berbeda dari tumbuhan. Tumbuhan adalah organisme yang bisa menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis, sementara hewan harus mencari makanan sendiri.

Perbedaan hewan dan tumbuhan lebih lanjut dapat dilihat dari sel-selnya. Terdapat perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang cukup mencolok. Bagian-bagian sel hewan jelas berbeda dibandingkan bagian-bagian sel tumbuhan. Dalam artikel ini akan dibahas perbedaan sel tumbuhan dan hewan beserta penjelasannya.

 

Pembahasan

Hewan dan tumbuhan dikelompokkan ke dalam Kingdom berbeda. Seperti yang telah kita ketahui, sel hewan adalah bagian terkecil dari tubuh hewan, sedangkan sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari tubuh tumbuhan.

Perlu kita ketahui bahwa meskipun sel hewan dan sel tumbuhan memiliki struktur dasar yang sama, kedua jenis sel ini mengalami perkembangan yang berbeda. Salah satu perbedaan paling mendasar antara sel hewan dan sel tumbuhan terletak pada peran ekologisnya. Hewan berperan sebagai pemakan tumbuhan dan hewan lainnya, sedangkan tumbuhan berkembang sebagai pembuat makanan.

Baca Juga :  Fungi - Pengertian, Struktur Dan Klasifikasinya

 

A. Ciri khas hewan

Sel hewan memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat dari bagian-bagian selnya. Ciri khas inilah yang paling tampak dalam membedakan sel hewan dan sel tumbuhan. Bagian sel hewan yang khas yang hanya dimiliki oleh sel hewan dan tidak dimiliki oleh sel tumbuhan di antaranya adalah sentriol dan lisosom.

Sentriol adalah sepasang struktur berbentuk seperti silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

Peran sentriol yang utama adalah mengatur polaritas (kutub) pembelahan yang terjadi pada sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan berlangsung.
Lisosom merupakan organel pada hewan yang dibentuk oleh Retikulum Endoplasma dan Badan Golgi. Lisosom berperan dalam pencernaan intrasel, serta berfungsi untuk mencerna organel sel yang rusak (autofagus) dan mencerna seluruh isi sel (autolisis).

 

B. Ciri khas tumbuhan

Bagian sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan diantaranya adalah dinding sel, vakuola, plastida, dan kloroplas.

Dinding sel adalah bagian terluar dari sel yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Fungsi dinding sel tumbuhan adalah melindungi dan menunjang pertumbuhan sel tumbuhan. Dinding sel inilah yang membuat sel tumbuhan cenderung lebih keras dibanding bagian tubuh kelompok kingdom lainnya. Nah, dinding sel yang keras ini berupa zat kayu, yakni selulosa yang tersusun dari glukosa.

Selain glukosa, dinding sel juga terbentuk dari pektin, glikoprotein, dan hemi selulosa.
Vakuola juga menjadi bagian khas yang dimiliki tumbuhan. Vakuola adalah organel bermembran yang isinya berupa cairan vakuola. Meskipun ada pula sel hewan yang memiliki vakuola, akan tetapi vakuola yang dimiliki sel tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata. Vakuola berperan penting dalam memasukkan air melalui tonoplas.

Baca Juga :  Jenis Jamur – Penjelasan Terlengkapnya

Selanjutnya, vakuola bersama dengan sitoplasma dan dinding sel akan bekerja sama dalam mendukung tumbuh kembang tumbuhan.
Plastida juga menjadi bagian penting dalam tumbuhan, yang mana merupakan organel bermembran lengkap, bentuknya bermacam-macam sesuai dengan fungsinya masing-masing. Organel plastida hanya ditemukan pada sel tumbuhan yang berupa butir-butir berpigmen.
Kloroplas adalah organel yang mengandung klorofil.

Klorofil ini menjadi ciri khas tersendiri dari sel tumbuhan yang memungkinkan tumbuhan melakukan fotosintesis, sehingga dapat membuat makanannya sendiri. Kloroplas banyak terdapat pada bagian tumbuhan yang berupa daun dan organ tubuh lain yang berwarna hijau.

 

Kesimpulannya, secara umum, perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah sebagai berikut:

Sel Hewan

Sel Hewan
Sel Hewan
  • Ukuran sel hewan lebih kecil dari sel tumbuhan.
  • Tidak memiliki plastid (kloroplas).
  • Tidak memiliki dinding sel.
  • Memiliki lisosom.
  • Memiliki sentrosom.
  • Mempunyai bentuk tidak tetap.
  • Tidak memiliki vakuola (walaupun ada juga yang memiliki vakuola tapi ukurannya kecil).

 

Sel Tumbuhan

sel tumbuhan
sel tumbuhan
  • Ukuran sel tumbuhan lebih besar dari sel hewan.
  • Umumnya memiliki plastid (kloroplas).
  • Memiliki dinding sel dan membran sel.
  • Tidak memiliki lisosom.
  • Tidak memiliki sentrosom.
  • Mempunyai bentuk yang tetap.
  • Memiliki vakuola ukuran besar dan biasanya berjumlah banyak.

 

Baca juga artikel kami lainnya : Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil dan Dikotil