Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Beserta pengertian,Dan Gambarnya

Posted on

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Ekosistem.co.id – Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di bawah ini akan kami bahas secara lengkap agar sahabat biologi mengetahui apasih perbedaan sel yang ada pada hewan dan sel yang ada pada tumbuhan.

Di dalam ilmu Biologi, klasifikasi makhluk hidup dibedakan kedalam lima kelompok kingdom, diantaranya adalah kingdom plantae atau tumbuhan dan kingdom animalia atau hewan.

Kita akan mempelajari kedua kingdom ini karena kingdom ini yang sering kita jumpai didalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya masing masing kingdome ini memiliki perbedaan yang bersifat umum yaitu karakteristik dari masing-masing selnya, inilah yang membuat sel tumbuhan dan sel hewan itu berbeda.

Meskipun yang kita ketahui bahwa struktur sel hewan dan struktur sel tumbuhan itu sama. Akan tetapi didalam perkembangan masing masing untuk bertahan hidup terdapat perbedaan didalam penyesuaian diri dengan lingkungan itulah yang memunculkan perbedaan-perbedaan pada sel hewan dan tumbuhan tersebut.

Perbedaan yang paling mendasar dari sel hewan dan sel tumbuhan ialah peran ekologisnya. Dapat kita jumpai pada rangkai makanan bahwa hewan merupakan pemakan dari tumbuhan dan hewan lainnya, sedangkan tumbuhan sebagai pembuat makanan.

 

 

Pengertian Sel atau Jaringan

Di dalam sebuah ilmu biologi jaringan adalah sekumpulan sel sel dengan bentuk, struktur, asal dan fungsi yang sama. Karena sekumpulan jaringan akan membentuk organ organ yang nantinya dari organ ini akan menciptakan suatu jaringan organ yang bisa membentuk suatu kehidupan.

Baca Juga :  Dataran Rendah – Ciri Ciri, Manfaat, Contoh Beserta Gambar

Cabang ilmu biologi mempelajari tentang jaringan dan berhubungan dengan kehidupan yang disebut dengan istilah histology.

Seperti yang kita tahu jika tubuh dari makhluk hidup sendiri terdiri atas berbagai macam jaringan, misalnya hewan, dan manusia juga memiliki banyak sekali jaringan penyusun organ. Jaringan penyusun tubuh hewan ini pun merupakan sekumpulan sel sel yang ada pada suatu tempat tertentu.

Lalu berkumpul menjadi satu untuk membentuk suatu jaringan.

 

Itulah pengertian sel atau jaringan yang ada pada makhluk hidup tidak hanya ada pada manusia sel juga bisa ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Namun pada kesempatan kali ini kami akan lebih fokus membahas mengenai perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

 

 

Perbedaan Sel hewan dan Sel Tumbuhan

Setelah para ilmuwan yang melakukan penelitian dan pengamatan yang cukup panjang, dapat disimpulkan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dalam bentuk tabel seperti berikut ini :

 

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

 

 

 

Pengertian Jaringan Tumbuhan

 

Jaringan atau sel tumbuhan merupakan sekumpulan sel pada tumbuhan dengan bentuk dan juga fungsi yang sama. Jaringan jaringan yang ada pada tumbuhan ini sendiri terdiri atas jaringan meristem dan juga jaringan permanen.

Tumbuhan memiliki tubuh yang di dalamnya tersusun dari banyak sekali sel atau jaringan. Sel tersebut ini memiliki tempat tertentu yang digunakan untuk membentuk suatu sel atau jaringan.

Jaringan tumbuhan adalah sekumpulan sel sel atau jaringan tumbuhan yang memiliki bentuk, struktur, asal dan fungsi yang sama. Sehingga jaringan tumbuhan terdiri dari jaringan meristem dan juga jaringan permanen.

 

Ciri Khusus Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki ciri khusus yang tampak pada bagian-bagian sel nya, ciri khas dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki sel hewan adalah

Baca Juga :  Fauna Australis - Pengertian, Ciri ciri, Beserta Contoh dan Gambarnya

1.) Dinding Sel

Dinding sel pada tumbuhan berfungsi untuk melindungi dan menunjang sel didalam pertumbuhan. Serta dinding sel menjadikan sel tumbuhan cenderung keras dari bagian tubuh kingdom lainnya termasuk tubuh manusia.

Dapat kita buktikan dengan kerasnya kulit kayu dan lembutnya kulit manusia. Keras pada kulit kayu terjadi karena sel tumbuhan bagian luar disusun dari dinding sel yang sangat keras.

Berupa zat kayu diantaranya selulosa yang tersusun dari glukosa, dar pectin, glikoprotein, dan hemi selulosa.

2.) Vakuola

Merupakan organel bermembran berisikan cairan vakuola yang memiliki fungsi dan bentuk yang lebih nyata dari sel hewan, peran vakuola adalah membantu proses masuknya air melalui tonoplas, membantu tumbuhnya kembang pada tumbuhan.

3.) Plastida

Merupakan organel bermembran lengkap yang berbentuk butir-butir berpigmen dan hanya ditemukan pada sel tumbuhan saja.

4.) Kloroplas

Merupakan organel yang didalamnya terkandung klorofil berfungsi untuk membantu proses fotosintesis dan pembuat makanan untuk dirinya sendiri. Bentuk dari kloroplas pada tubuh tumbuhan yaitu berupa daun dan organ tubuh lainnya yang berwarna hijau.

 

 

Pengertian Sel Hewan

Jaringan atau sel hewan merupakan sekumpulan sel yang memiliki bentuk, asal dan fungi yang sama. Jaringan yang ada pada hewan memiliki sifat khusus di dalam melangsungkan fungsinya. Seperti jaringan ikat, jaringan epitel, jaringan otot dan jaringan saraf.

 

Ciri Khusus Sel Hewan

Ciri khas yang sifatnya khusus yang hanya ada pada sel hewan dan tidak dimiliki sel tumbuhan diantaranya adalah :

1.) Sentriol

Merupakan sepasang struktur yang berbentuk silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein serta mikrotubulus yang wujudnya menyamai struktur proteinn seperti jala.

Letaknya anggota pasanagn ini diposisi menyudut arah kanan satu sama lainnya. Peran utama dari sentriol iyalah untuk mengatur polaritas ( kutub ) pembelah, serta mengatur perpisahan kromosom selama proses pembelahan berlangsung.

Baca Juga :  Penggolongan Tanaman Contoh Beserta Penjelasannya

2.) Vakuola

Pada hewan juga terdapat vakuola, jenisnya bermacam-macam diantaranya vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil.

3.) Multiseluler dan Eukariotik

Merupakan sifat tersendiri pada sel hewan, semua jenis hewan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan sumber makanan untuk dirinya sendiri. Hewan tidak mampu menciptakan makanannya sendiri dikarenakan tidak memiliki pigmen penangkap energi cahaya matahari ( klorofil ).

 

 

Sudah tahu kan, apa saja perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan setelah membaca ulasan di atas, semoga bermanfaat dan selamat belajar.

 

Artikel Lainnya :

  1. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
  2. Siklus Batuan – Penjelasan, Contoh, Lengkap Dengan Gambar
  3. Hujan Orografis – Proses, Dampak, Gambar