Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Posted on

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Ekosistem.co.id – Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder akan kami bahas secara detil di bawah ini.

Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder khusus untuk sahabat biologi semuanya agar bisa digunakan sebagai refrensi belajar bersama.

Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder pastinya memiliki perbedaan yang sangat telihat loh. Maka dari itu simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui apa saja perbedaannya.

Namun sebelum mengetahui perbedaannya, ada baiknya jika kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder yuk.

 

 

Pengertian

Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder sendiri merupakan dua mekanisme yang membuat tanaman berkayu dapat meningkatkan ukurannya.

Perbedaan secara umumnya dapat dilihat dari pertumbuhan sekunder yang menambah ketebalan mau pun diameter dari tanaman tersebut.

Sementara pada pertumbuhan primer sendiri pertumbuhan yang di mana tumbuhan akan menambah panjang mau pun tinggi dari tanaman tersebut.

 

Pengertian Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan ini adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi meristem utama yang bisa meningkatkan panjang batang serta menambahkan pelengkap ke batang.

Terjadinya peningkatan panjang yang terdapat pada tanaman ini sendiri disebabkan pembelahan sel yang secara terus menerus terjadi pada meristem apikal. Atau dapat diartikan jika pertumbuhan primer terjadi pada apeks akar hingga pucuk pada tanaman itu sendiri.

Ada pun pertumbuhan primer ini sendiri terjadi secara bertahap pada tiga daerah yakni pada daerah pembelahan yang letaknya berada pada bagian ujung batang serta pada bagian ujung akar.

Lalu pada daerah pemanjangan yang letaknya berada setelah daerah pembelahan. Hal ini bisa ditunjukkan pada ukuran yang berada di daerah tanaman ini akan menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan sebelumnya dan hal ini dikarenakan adanya pembesaran yang terjadi serta pemanjangan sel yang ada di tumbuhan.

Baca Juga :  Tumbuhan Porang

Pada daerah difrensiasi yakni daerah yang sel selnya mengalami perubahan fungsi menjadi jaringan yang terlihat lebih kompleks dan bisa ditemukan pada epidermis, korteks, floem, xylem serta pada sklerenkim.

Pada ujung batang terdapat tiga bagian utama, adalah : meristem apikal yang letaknya berada di ujung batang. Lalu ada meristem aksiler yang memiliki fungsi sebagai pembentuk bunga dan cabang. Dan bagian terakhir disebut dengan primordia atau bakal daun.

Pada tumuhan monokotil secara khusus ditemukan meristem interkalar yang fungsinya untuk memanjangkan batang dan pertumbuhan kembali pada daun yang mengalami kerusakan.

 

Pengertian Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan ini merupakan pertumbuhan yang terjadi dari aksi kambium yang bisa meningkatkan diameter tanaman. Pembelahan kambium kea rag luar ini sendiri akan membentuk floem sekunder.

Sementara pembelahan kambium ke arah di dalam akan membentuk xylem sekunder.

Pembelahan yang terdapat di jaringan kambium ini bisa menyebabkan terjadinya pelebaran batang. Pembentukan lingkaran tahun hingga pembentukan jari jari empulur.

Pembelahan jaringan kambiun ini sendiri sangat dipengaruhi oleh cuaca, pembelahan ini akan terjadi lebih cepat pada saat musim hujan.

Dan pertumbuhan sekunder dapat terjadi dikarenakan adanya aksi meristem lateral yang tediri dari kambium vaskular serta kambium gabus dan hanya terjadi di tanaman berkayu saja.

 

 

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Nah, sudah tahu kan pengertian lengkap dari pertumbuhan primer dan sekunder. Sekarang saatnya sahabat belajar mengetahui perbedaannya yuk!

 

1.) Definisi

Jika dilihat dari definisinya, pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan yang terjadi dikarenakan aksi meristem utama yang dapat meningkatkan panjang batang serta menambahkan pelengkap ke batang.

Sedangkan untuk pertumbuhan sekunder, merupakan pertumbuhan yang terjadi dikarenakan adanya aksi dari kambium yang meningkatkan bentuk dan diameter dari tanaman.

Baca Juga :  Fungsi Vakuola – Penjelasan Beserta Gambarnya

 

2.) Terjadi Karena

Pada pertumbuhan primer terjadi dikarenakan aksi meristem apikal sementara pada pertumbuhan sekunder terjadi dikarenakan adanya aksi meristem lateral.

 

3.) Pertumbuhan

Pada pertumbuhan primer, proses ini akan menghasilkan pertumbuhan di dalam sumbu longitudinal. Sedangkan pada pertumbuhan sekunder menghasilkan pertumbuhan radial.

 

4.) Urutan

Jika dilihat dari urutannya, pertumbuhan primer pada tanaman ini terjadi pada awal awal sedangkan pada pertumbuhans sekunder sendiri prosesnya mengikuti pertumbuhan primer.

 

5.) Jika Dilihat Lamanya

Jika dilihat dari lamanya sendiri pertumbuhan primer ini berhenti pada saat proses selesai diferensiasi oleh jaringan. Sementara pada pertumbuhan sekunder pertumbuhannya hanya terjadi pada bagian yang matang saja atau hanya terjadi pada bagian yang benar benar dikembangkan.

 

6.) Lokasi Terjadinya Proses Pertumbuhan

Jika dilihat lokasi terjadinya proses pertumbuhan, pertumbuhan primer terjadi pada semua bagian dari semua tanaman yang ada. Sedangkan pertumbuhan sekunder terjadi pada gymnospermae dan angiosperma.

 

7.) Pengembangan

Jika dilihat dari pengembangannya, pertumbuhan primer terjadi pada epidermis, korteks serta haringan vaskular primer yang dikembangkan selama pertumbuhan primer.

Sedangkan pada pertumbuhan sekunder, terjadi pada kulit kayu, periderm, floem sekunder, xylem sekunder hingga lentisels yang dikembangkan selama proses pertumbuhan sekunder terjadi.

 

 

Tabel Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Untuk lebih memudahkan kita dalam memahami perbedaan antara pertumbuhan primer dan sekunder, sahabat biologi bisa menyimak tabel yang ada di bawah ini :

Perbedaan Pertumbuhan Primer Pertumbuhan Sekunder
Aktivitas Meristem apikal Meristem lateral
Jenis tumbuhan Dapat terjadi pada hampir semua jenis tumbuhan Hanya dapat terjadi pada bebeapa tumbuhan tertentu yakni : Gymnospermae dan Angiospermae
Hasil pertumbuhan Tumbuhan hanya akan menjadi lebih tinggi pada bentuknya Hasil pertumbuhan hanya terjadi pada batang yang bertambah besar diameternya
Jaringan yang terbentuk Membentuk jarngan :Epidermis, korteks, empulur, xilem, floem dan juga sklerenkim Membentuk jaringan : Floem sekunder, xilem sekunder, felem, dan juga feloderm
Baca Juga :  Kalin – Penjelasan, Letak Dan Fungsi Hormonnya

 

 

Nah, itu lah perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder yang semoga bisa membuat sahabat belajar semakin bertambah ilmunya ya.

 

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Aliran Energi – Di dalam Ekosistem Beserta Contohnya
  2. Proses Peredaran Darah – Urutan, Fungsi, Gambar
  3. Mekanisme Kerja Otot – Penjelasan Secara Lengkap