Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Posted on

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Ekosistem.co.id – Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Apa sih pertumbuhan dan apa itu perkembangan? Sebelumnya anda pasti pernah mendengar istilah pertumbuhan dan perkembangan. Banyak yang menyangka jika pertumbuhan dan perkembangan memiliki makna yang sama, padahal pertumbuhan dan perkembangan jelas berbeda, lalu apa saja perbedaannya? Berikut ini kami telah merangkumkannya untuk anda.

Pengertian Perkembangan Dan Pertumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan tentunya memiliki perbedaan yang sangat besar, nah untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya.

  1. Pengertian Petumbuhan

Pertumbuhan merupakan proses dimana bertambahnya jumlah sel di dalam tubuh sebua organisme yang disetai dengan bertambahnya ukuran, berat serta tinggi yang sifatnya irreversible atau tidak akan kembali pada bentuk semula. Pertumbuhan memiliki sifat yang lebih kuantitatif, yang membuat organisme berubah menjadi lebih besar dari ukuran yang sebelumnya seiring dengan bertambahnya waktu. Misalnya saja seperti : Batang tumbuhan yang mulanya memiliki ukuran 2 cm menjadi 5 cm, bayi yang mulai bertumbuh memiliki berat 6,5 kg dari berat semula yang hanya 5 kg, berat badan ayam yang awalnya hanya 1 kg berubah menjadi 2 kg.

  1. Pengertian Perkembangan

Perkembangan merupakan sebuah proses differensiasi, organogenesi yang diakhiri pada terbentuknya suatu individu yang baru dengan lengkap dan dewasa, perkembangan sendri memiliki sifat yang lebih kualitatif yang membuat organisme yang belum matang pada sistem reproduksinya akan berubah menjadi lebih dewasa dan matang pada sistem reproduksinya sehingga bisa melakukan proses perkembang biakan. Contohnya seperti pematangan pada sel ovum dan sperma, pematangan yang terjadi pada hormon – hormon yang berada pada tubuh, pematangan yang terjadi pada pohon yang menghasilkan buah.

Baca Juga :  Pengertian Metamorfosis - Perbedaan, Dan Jenisnya

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Cara Mengukur

Pertumbuhan bersifat kuantitatif sehingga bisa diukur dengan menggunakan bilangan, contohnya pada berat badan bayi yang naik dari 5 kg menjadi 6 kg. Sedangkan pada perkembangan mempunyai sifat yang kualitatif sehingga tidak bisa diukur dengan menggunakan bilangan. Contohny seperti bayi yang telah bisa berjalan setelah melewati fase merangkak.

  1. Keterlihatan

Pertumbuhan bisa dilihat dari segi fisik yang berubah menjadi lebih besar atau lebih tinggi dibanding dengan sebelumnya sementara pada perkembangan hanya bisa dilihat melalui fisiologis.

  1. Keterbatasan

Pertumbuhan mempunyai batas atau usia sehingga pertumbuhan bisa berhenti dikarenakan sesuatu yang membuat pertumbuhan berhenti seperti usia, contohnya tinggi seseorang akan berhenti pada usia 20 tahun sedangkan dalam perkembangan akan terus berlangsung selama masih hidup.

  1. Keterulangan

Sifat irrevesble yang dimiliki oleh pertumbuhan membuat proses pertumbuhan tak akan bisa terulang kembali berbeda dengan perkembangan yang memiliki sifat reversible sehingga bisa terulang kembali sesuai dengan siklus tertentu.

  1. Faktor yang Mempengaruhi

Pertumbuhan terjadi terhadap pembelahan sel yang melalui mitosis dan meiosis sementara apabila pada perkembangan terjadi dikarenakan perkembangan terhadap makhluk hidup yang selalu menjalaninya.

  1. Proses

Pertumbuhan sendiri mempunyai proses yang berlangsung secara cepat pada awal usia hingga remaja seperti tinggi badan yang hanya bisa sampai di usia remaja sementara apabila perkembangan mempunyai proses pada setiap fase kehidupan.

Tabel Perbedaan Petumbuhan Dan Perkembangan

Setelah mengetahui dengan jelas apa itu pertumbuhan dan perkembangan serta perbedaan keduanya, berikut ini adalah tabel perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

PerbedaanPertumbuhanPerkembangan
Cara MengukurBersifat kuantitatif sehingga dapat digambarkan dalam bilanganBersifat kualitatif sehingga tidak dapat digambarkan dalam bilangan
KeterlihatanDapat dilihat secara fisikTidak dapat dilihat secara fisik, melainkan secara fisiologis

 

KeterbatasanProsesnya terbatas usiaProsesnya tidak terbatas usia
KeterulanganBersifat irreversible atau tidak dapat terulangBersifat reversible atau dapat terulang
Faktor yang MempengaruhiDipengaruhi pembelahan selDipengaruhi pengalaman
ProsesBerlangsung secara cepat pada awal usia hingga remajaBerlangsung di setiap fase kehidupan
ContohUkuran dan berat badan naikBerubah menjadi dewasa dan matang

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, mudah – mudahan dengan artikel ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi anda dan semoga bermanfaat.

Artikel Berikutnya :

  1. Fungsi Kloroplas – Pengertian, Struktur Dan Fungsi
  2. Jenis Anjing – Nama Anjing Paling Berbahaya
  3. Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat