Perbedaan Membran Sel Dan Dinding Sel Terlengkap

Posted on

Perbedaan Membran Sel Dan Dinding Sel

Perbedaan Membran Sel Dan Dinding SelMembran sel dan dinding sel adalah bagian dari sebuah sel. Kita bisa menemukan membran sel di semua tempat di mana sel hidup. Sedangkan dinding sel tidak ada pada hewan, itu artinya semua hewan tidak memiliki dinding sel.  Baik membran sel maupun dinding sel memiliki fungsi yang sama yaitu memberi perlindungan pada sel dan bagian yang ada di dalam sel.

Keduanya memiliki peranan yang sama penting. Membran sel berperan sebagai batas kehidupan karena secara fisik memisahkan sitoplasma dari lingkungan ekstraselulernya. Yang artinya, membran sel memisahkan sel yang hidup dengan lingkungan sekitarnya yang tidak hidup. Sedangkan dinding sel memberikan kekakuan dan kekuatan pada sel. Ini menjadi alasan mengapa dinding sel tidak terdapat pada hewan, hal tersebut dikarenakan hewan selalu aktif bergerak, sehingga selnya tidak membutuhkan dinding sel.

Pada dasarnya ada perbedaan yang bisa dilihat dari membrane sel dan dinding sel yang menjadikan keduanya dipisahkan. Perbedaan-perbedaan ini memudahkan kita untuk mengetahui mana membrane sel dan mana dinding sel, karena apabila dipelajari maka kita bisa langsung melihat bahwa berikut ini adalah ciri-ciri membrane sel sementara yang berikut ini merupakan ciri-ciri dari dinding sel.

Untuk itu, agar kita semakin tahu apa saja perbedaan dari membran sel dan dinding sel, artikel ini akan mengulas mengenai perbedaan keduanya secara lenkap. Ada sekitar 11 perbedaan yang mendasar di antara membrane sel dan dinding sel yang bisa kita pelajari. Nah, mau tahu apa saja perbedaannya. Simak di bawah ini untuk ulasan lengkapnya.

Baca Juga :  Biota Laut - Pengertian, Manfaat dan Gambarnya Terlengkap

Berikut ini perbedaan antara membran sel dan dinding sel yang perlu kita ketahui.

  1. Distribusi

Membran sel adalah bagian dari sel yang universal atau hampir ada di semua organisme, misalnya tumbuhan, hewan, dan manusia. Sedangkan dinding sel terbatas pada beberapa organism tertentu saja, yaitu jamur, bakteri dan tanaman.

  1. Keberadaannya dalam alam

Membran sel sebagai penutup atau selubung terluar dari hewan dan manusia, Sedangkan dinding sel merupakan bagian terluar dari tumbuhan yang menutupi membran sel tumbuhan.

  1. Komposisi

Membran sel mengandung lipid, protein, dan karbohidrat. Sedangkan dinding sel mengandung peptidoglikan biasanya pada bakteri, kitin pada jamur, dan selulosa pada tumbuhan.

  1. Keuletan

Membran sel bersifat fleksibel sehingga bentuknya bisa menyesuaikan dengan kondisi sel Selain itu, membran sel relatif tipis. Sedangkan dinding sel bersifat kaku dan tebal bahkan ketebalannya bisa berubah sering berjalannya waktu. Dinding sel bisa mengalami kerusakan apabila ada tekanan dari luar. Dinding sel dimiliki oleh tumbuhan karena tumbuhan relatif tidak banyak bergerak dan tidak berpindah tempat. Sedangkan hewan dan manusia bergerak lebih aktif dan lebih bebas sehingga tidak memerlukan dinding sel.

  1. Komunikasi

Membran sel memiliki reseptor atau molekul protein yang bisa menerima sinyal kimia dari luar sel. Sedangkan dinding sel tidak memiliki reseptor.

  1. Perubahan struktur

Membran sel tetap dalam ketebalan yang sama sepanjang hidupnya. Sedangkan dinding sel mengalami perubahan ketebalan seiring berjalannya waktu. Dinding sel selalu ada pada tamanan abaik ketika masih hidup atau sudah mati.

  1. Sifat

Membran sel memiliki sifat yang disebut dengan selektif permeabel, yaitu kemampuan membran sel untuk menyeleksi beberapa substansi yang dapat melintasinya dengan mudah dan substansi lain tidak bisa melintasinya. Sedangkan dinding sel bersifat permeabel seutuhnya, artinya semua substansi bisa melintasinya.

  1. Kebutuhan Nutrisi
Baca Juga :  Replikasi Dna - Penjelasan Lengkapnya

Membran sel  juga butuh nutrisi dari sel, kondisi kekeringan atau minim nutrisi membuat membran sel mengalami penyusutan. Dinding sel tidak membutuhkan nutrisi dari sel.

  1. Bentuk sel

Membran sel berbentuk bulat namun fleksibel terhadap sel, artinya dapat berubah bentuk menyesuaikan selnya. Sedangkan dinding sel berbentuk tetap.

  1. Membran sel

Membran sel adalah lapisan paling luar dalam sel hewan dan berfungsi sebagai penutu semi permeabel sekitarnya protoplasma. Sedangkan dinding sel adalah lapisan terluar dalam sel tumbuhan berfungsi sebagai pelindung yang mengelilingi membran sel. Dengan kata lain dinding sel melindungi membran sel pada tumbuhan, sedangkan membran sel adalah pelindung terakhir bagi hewan.

  1. Penelitian

Membran sel dapat diteliti menggunakan mikroskop elektron. Sedangkan dinding sel dapat diteliti menggunakan mikroskop cahaya.

Secara garis besar kita sekarang tahu bahwa membran sel dan dinding sel keduanya berperan sebagai penutup dan pelindung sel. Tapi tidak semua sel memiliki keduanya. Lebih jelasnya, membran sel adalah pada semua sel hidup, baik itu di tumbuhan, hewan, maupun manusia. Sedangkan dinding sel hanya ada pada organisme tertentu saja, yaitu bakteri, jamur, dan tanaman. Dengan kata lain, hewan dan kita sebagai manusia tidak memiliki dinding sel.

Itulah beberapa perbedaan antara membran sel dan dinding sel yang perlu kita ketahui. Semoga menambah wawasan kita tentang biologi.

Artikel Lainnya :