Perbedaan DNA dan RNA – Lengkap Dengan Tabel

Posted on

Perbedaan DNA dan RNA

Ekosistem.co.id – Perbedaan DNA dan RNA lengkap dengan tabelnya akan kami bahas di bawah ini beserta dengan penjelasan pengertiannya.

DNA dan RNA sendiri merupakan salah satu materi biologi yang paling sering dibahas, maka dari kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkapnya khusus untuk sahabat biologi semua.

Lalu apa sih, DNA dan RNA ini? DNA dan RNA sendiri adalah dua organel sel yang keduanya menjadi cetak biru terhadap semua awal dari sebuah kehidupan yang ada.

Hal ini dikarenakan DNA dan RNA merupakan rangkaian dari asam amino yang mempunyai peran sebagai penyimpanan informasi secara biologis dari makhluk hidup.

Baik itu DNA mau pun RNA keduanya ini sama sama tersusun dari makromolekul yang sederhana dan juga bekerja di dalam proses sintesis dari protein. Jika dilihat dari sekilas DNA dan RNA ini sama saja, padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Lalu apa saja perbedaan dari DNA dan RNA?

Seperti yang telah kami jelaskan di atas jika kami akan memberikan ulasan mengenai perbedaan dari DNA dan RNA yang akan dikemas ke dalam tabel untuk sahabat biologi semua agar dapat dipelajari dengan lebih mudah. Namun sebelum itu, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa sih DNA dan RNA ini.

Berikut penjelasan lengkapnya.

 

 

Pengertian DNA dan RNA

Secara umum, pengertian DNA (Asam Ribonukleat) adalah bahan yang membentuk kromosom yang menyimpan genetika dalam tubuh pada makhluk hidup.

Adapun pengertian RNA (Asam Ribonukleat) adalah polimer yang terdiri dari sejumlah neuklotida di mana satu neuklotida terdiri dari satu gugus fosfat, satu gugus gula ribose dan satu gugus basa nitrogen (N).

Baca Juga :  Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

 

Pengertian DNA

DNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida dari unit diocnuclotide di mana unit bangunan dioksinucleot. Informasi genetik ini umumnya kumpulan perintah yang mengatur sel untuk melakukan sesuatu. DNA dalam bahasa Inggris disebut asam deoxyribonukleat, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut Asam Nukleat Deoksiribosa. Susunan kimiawi DNA adalah polimer yang berasal dari rantai panjang nukleotida.

 

Fungsi DNA

Fungsi utama DNA adalah sebagai pembawa materi genetik. Namun, fungsi DNA sangat luas, yaitu sebagai berikut :

1.) Membawa materi genetik dari generasi ke generasi.

2.) Mengontrol hidup secara langsung atau tidak langsung.

3.) Sebagai katalis otomatis atau penggandaan diri.

4.) Sebagai heterokatalis atau sintetis senyawa lain.

 

 

Pengertian RNA

RNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida dari unit mononukleotida. Polimer RNA terdiri dari ikatan yang berpotongan antara satu kelompok nukleotida satu fosfat dengan kelompok gula ribosa dan nukleotida lainnya.

 

Fungsi RNA

Untuk fungsi RNA sebagai berikut :

1.) RNA berfungsi untuk menyimpan semua informasi.

2.) RNA adalah perantara bagi DNA dan juga protein pada saat melakukan proses ekspresi genetik. Proses ini berlaku pada organisme hidup.

 

Nah, kira kira itu lah penjelasan mengenai pengertian DNA dan RNA. Dari sini sudah memberikan ilmu pengetahuan baru kan, untuk sahabat biologi semua.

Seperti janji kami di atas, kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan DNA dan RNA dan yang dirangkum ke dalam bentuk tabel.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah sahabat biologi semua dalam mempelajarinya. Nah, berikut ini adalah perbedaan DNA dan RNA.

 

 

Perbedaan Antara DNA dan RNA

Seperti janji sebelumnya kita akan membahas mengenai perbedaan DNA dan RNA, berikut ini lah perbedaannya :

Baca Juga :  Sistem Ekskresi Pada Manusia Dan Jenis-Jenis Gangguan Pada Alat Eksresi

1.) Bagian pentosa dari DNA adalah ribosa, sedangkan di bagian pentosa RNA adalah dioksiribosa.

2.) Bentuk molekul DNA adalah heliks ganda sedangkan dalam bentuk molekul RNA dalam bentuk rantai tunggal yang berlipas, sehingga mirip dengan rantai ganda.

3.) RNA mengandung basa adenine, guanine, dan sitosin seperti DNA tetapi RNA tidak mengandung timin, bukan RNA yang mengandung urasil.

4.) DNA ada di kromosom sementara RNA tergantung pada jenis RNA seperti RNA duna yang terkandung dalam nukleus RNA p atau RNA t yang terkandung dalam sitoplasma, sementara RNA r (ribosomal RNA) ada di ribosom.

5.) DNA  membentuk RNA dan RNA membentuk Proyein yang penting untuk makhluk hidup seperti membentuk otot darah, organ, hormon, enzim, dan lainnya.

 

Tabel Perbedaan DNA dan RNA

Sudah tahu kan, apa saja perbedaan DNA dan RNA, untuk lebih jelasnya kami juga sudah menyediakan tabel. Agar sahabat biologi lebih mudah memahami mengenai perbedaan antara DNA dan juga RNA.

Simak di bawah ini untuk melihat tabel perbedaan DNA dan RNA yang sudah kami susun khusus untuk sahabat biologi.

 

PERBEDAAN RNA DNA
Bentuk Struktur Terdiri dari untai ganda atau heliks ganda dan bentuknya panjang. Terdiri dari untai tunggal yang bentuk dan ukuranya pendek.
Letak Terletak di kromosom atau inti sel, plastida, sentriol hingga pada mitokondria. Terletak pada sitoplasma sel, DNA inti sel dan ribosom.

 

Jenis gula Deoksiribosa. Ribosa.
Basa nitrogen Pirimidin yang terdiri dari timin dan juga sitosin. Pirimidin yang terdiri dari urasil dna juga sitosin.
Fungsi Sebagai materi genetik atau bahan baku untuk proses sintesis protein . Alat dalam sintesis protein.
Kadar jumlah Jumlah RNA sifatnya tetap karena tidak dipengaruhi adanya aktivitas sintesis protein. Karena terpengaruh aktivitas sintesis protein maka kadar jumlahnya tidak tetap.
Keberadaannya Permanen. Periode pendek karena mudah terurai.
Baca Juga :  Sistem Reproduksi Manusia - Pada Pria Dan Wanita

 

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai perbedaan DNA dan RNA, kami juga memberikan ulasan mengenai pengertian DNA dan RNA. Dan juga tabel perbedaan DNA dan RNA yang semoga bermanfaat bagi sahabat biologi semua, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya ya.

 

Artikel Lainnya :

  1. Biota Laut – Pengertian, Manfaat dan Gambarnya Terlengkap
  2. Cara Bernafas Tumbuhan
  3. Fungsi Daun – Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar