Penggolongan Tanaman Contoh Beserta Penjelasannya

Posted on

Penggolongan Tanaman Contoh Beserta Penjelasannya

Penggolongan Tanaman – ada setidaknya lebih dari 500 ribu jenis tumbuhan dan juga tanaman yang ada di dunia ini, maka dari itu penamaan dan penggolongan tanaman rasanya perlu dilakukan hal ini dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam memilahnya.

Penggolongan pada tanaman budidaya misalnya, penggolongan pada tanaman ini biasanya didasarkan dari adaptasi terhadap iklim dan juga manfaatnya, serta kandungan nutrisi dan juga siklus hidupnya. Banyak sekali dasar penggolongan tanaman budidaya maka dari itu seringkali suatu tanaman dapat digolongkan pada beberapa kategori yakni berdasarkan dengan adaptasinya terhadap iklim dan juga dibedakan menjadi tanaman tropis dan juga sub-tropis.

Tanaman tropis sudah pasti tidak bisa bertahan pada suhu yang sangat rendah misalnya saja pada suhu sekitar < 10 oC.  Sementara itu tanaman sub-tropis lebih toleran terhadap suhu rendah, tanaman-tanaman subtropics ini biasanya bisa tumbuh dengan sangat baik pada suhu yang cukup rendah misalnya saja pada suhu sekitar 15-20 oC.

Berdasarkan dari manfaatnya digolongkan menjadi tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, tanaman serat, tanaman penghasil gula, penghasil minyak, tanaman penutup tanah dan hingga tanaman pakan ternak.

Nah, berikut ini adalah penggolongan tanaman, contoh serta penjelasannya:

  1. Tanaman Pangan

Tanaman pangan adalah semua tanaman yang hasilnya dapat dikonsumsi oleh manusia. Tanaman ini biasa ditanam lalu dipanen untuk kemudian hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya. Contoh dari tanaman ini adalah padi, jagung, kedelai, kacang hijau, sorghum, gandum, kentang, kacang tanah, singkong, ubi jalar. Sementara itu ada beberapa tanaman pangan yang berbentuk umbi, tanaman ini pun biasa disebut dengan umbi-umbian contohnya seperti, wortel, bawang, kentang, ubi jalar, singkong hingga talas.

Baca Juga :  Bagian Mata - Disertai Fungsi Mata Dan Fungsi Retina

 

  1. Tanaman Perkebunan

Tanaman perkebunan merupakan tanaman-tanaman yang biasa dikelola dalam skala perkemuban dan dalam jumlah yang cukup besar. Biasanya lahan perkebunan bisa terdiri dari beberapa hektar lahan yang disulap menjadi lahan perkebunan. Tempat untuk mengelola lahan perkebunan ini sendiri bisa di hutan, pegunungan atau pun dataran rendah. Contoh dari tanaman perkebunan di Indonesia adalah kelapa sawit, kopi, kakao, tebu, teh dan masih banyak yang lainnya.

 

  1. Tanaman Hortikultura
Food production method in hydroponic plant system. Growing lettuce in greenhouse using mineral salt solution.

Golongan tanaman yang ini adalah tanaman yang hasilnya bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau pun bisa ditanam di lahan yang terbilang tak begitu luas, berbeda dengan tanaman pangan dan tanaman perkebunan yang membutuhkan lahan cukup luas untuk menanam tumbuhan tersebut. Namun golongan tanaman ini bisa ditanam di halaman rumah atau pekarangan rumah yang tak terlalu luas. Tanaman holtikultura ini sendiri bisa berupa tanaman buah-buahan, sayuran, tanaman hias hingga tanaman obat-obatan. Contohnya saja seperti buah-buahan mangga, rambutan, jeruk, duku, kelengkeng, jambu, guava, apel, pear, anggur.  Sementara untuk tanaman sayuran dibagi menjadi dua bagian yakni sayuran daun contohnya adalah sawi, kubis, kangkung, bayam, dan juga termasuk sayuran buah seperti terong, tomat, wortel, mentimun, cabe, kacang panjang, kacang buncis dan masih banyak yang lainnya.

 

Sementara itu tanaman hias mencakup tanaman hias seperti bunga dan tanaman hias daun. Tanaman hias bunga ini contohnya seperti mawar, melati, anggrek (dendrobium, phalaenopsis, cattleya, vanda dsb), krisan, anyelir, Anthurium andreanum, bunga sepatu, petunia, dahlia, gerbera, hidrangea, keladi (Caladium), begonia, gloxinia, impatien, kalanchoe, pelargonium,lily, tulip dan masih banyak yang lainnya. Sementara tanaman hias daun contohnya antara lain anthurium gelombang cinta (Anthurium plowmanii), aglaonema, peperomia, lily paris, cycas (pakis haji), suplir, begonia, sasevieria dan masih banyak yang lain.

Baca Juga :  8 Fungsi Paru-paru pada Manusia

 

  1. Tanaman obat-obatan

Tanaman obat-obatan adalah tanaman yang bagian-bagian organnya bisa digunakan untuk bahan membuat obat-obatan. Tanaman ini juga biasa disebut dengan tanaman biofarmaka. Contoh dari tanaman ini antara lain adalah kumis kucing, sirih hijau, sirih merah, tapak dara, ginseng, kapulaga, berbagai temu seperti temu lawak, temu hitam, temu putih, temu giring jahe, lengkuas, sambiloto, keladi tikus dan masih banyak yang lainnya. Beberapa tanaman ini bisa langsung digunakan sebagai obat atau harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan atau dikonsumsi menjadi obat. Tanaman obat-obatan sendiri bisa ditanam di lahan luas mau pun di pekarangan rumah.

 

  1. Tanaman penghasil gula

Tanaman penghasil gula ini salah satunya yang biasa kita kenal adalah tebu, bit dan juga jagung. Tanaman penghasil serat misalnya saja kapas (Gossypium spp), Kapuk (Ceiba pentandra), kenaf (Hibiscus cannabicus), rami (Boehmeria nivea), agave (Agave sisalana), padan (Pandanus sativus). Sementara itu tanaman penutup tanah ialah tanaman yang digunakan untuk melindungi tanah dari gulma dan juga biomassanya yang bisa digunakan sebagai pupuk hijau, dan biasanya berasal dari famili Leguminosae. Misalnya saja Calopogonium mucunoides, turi (Sesbania sp.) serta Chlotalaria.

 

Sudah tahu kan penggolongan tanaman, contoh beserta dengan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini membantu anda lebih mengetahui mengenai penggolongan tanaman beserta dengan contohnya ya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.